PENERAPAN PBL BERBASIS STEM BERBANTU MEDIA BUNGA PECAHAN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS III DI SD 2 DEMAAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.13619Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan penalaran berpikir siswa kelas III SD 2 Demaan dalam mengikuti pembelajaran tematik khususnya pada materi pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh media bunga pecahan dan model pembelajaran PBL berbasis STEM terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas III SD 2 Demaan. Ujian ini menggunakan rencana eksploratif kuantitatif dengan rencana one collection pretest-posttest. Prosedur pengumpulan informasi menggunakan tes tertulis dengan petunjuk penalaran penentu FRISCO yang digambarkan sebagai F (Konsentrasi), R (Alasan), I (Derivasi), S (Keadaan), C (Kejernihan), dan O (Garis Besar). Tempat ujiannya berada di kelas III SD 2 Demaan. Contoh dalam penelitian ini terdiri dari 18 siswa yang menggunakan metode pengujian basah. Serta melibatkan pemeriksaan informasi seperti tes persetujuan, tes keteraturan informasi, tes kekambuhan lurus dasar. Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa tes straight direct relapse memperoleh nilai thitung sebesar 7,854 > ttabel 2,120, sehingga penggunaan model pembelajaran Issue Based Getting the hang of learning berbasis STEM yang dibantu dengan media minat parsial (X) memberikan dampak yang menentukan bagi siswa. keterampilan penalaran (Y). Berdasarkan hasil eksplorasi dapat diduga terdapat pengaruh model pembelajaran PBL berbasis STEM berbantuan media minat parsial terhadap kemampuan penalaran tegas siswa di SD 2 Demaan.Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.