A MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN BERPIKIR KRITIS MELALUI PEMBELAJARAN CORE DAN I-CARE DENGAN APLIKASI GEOMETRYX DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI LEBAK, BANTEN
Berpikir Kritis, Inti, Geometryx, ICARE, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v9i1.12757Abstrak
Latar belakang penelitian ini muncul dari kebutuhan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di tingkat SMP, khususnya terkait dengan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis. Dengan adanya tantangan globalisasi dan kemajuan teknologi, penggunaan aplikasi Geometryx sebagai pendukung pembelajaran Core dan I-CARE dianggap sebagai langkah inovatif dalam memberikan pemahaman yang lebih baik kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh pembelajaran Core dan I-CARE yang didukung oleh aplikasi Geometryx terhadap kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis siswa SMPN di Kabupaten Lebak, Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi-Experiment dengan desain faktorial 2×3, melibatkan 1.948 siswa dari 10 SMP Negeri di Kabupaten Lebak-Banten. Sampel dipilih menggunakan teknik cluster random sampling, dengan kelas VII SMPN 2 Sajira dan kelas VII SMPN 1 Cibeber sebagai sampel, masing-masing terdiri dari kelas Core dan kelas ICARE dengan total 104 siswa secara cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui pretest yang diambil dari soal AKM konten space and shape berjumlah 2 soal essay dan postest kemampuan pemahaman pemecahan masalah matematis (2 soal esai) dan kemampuan berpikir kritis (2 soal). Analisis data menggunakan anova dua arah (Two Way Anova). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh antara model pembelajaran Core dan I-CARE Berbantuan Aplikasi Geometryx terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa dengan kategori tinggi, 2) terdapat pengaruh antara model pembelajaran Core dan I-CARE Berbantuan Aplikasi Geometryx terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan kategori tinggi, dan 3) terdapat pengaruh model pembelajaran Core dan I-CARE Berbantuan Aplikasi Geometryx terhadap kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kategori tinggi. Hasil penelitian ini memiliki implikasi signifikan terhadap dunia pendidikan matematika di SMPN Kabupaten Lebak, Banten. Penggunaan model pembelajaran Core dan I-CARE, didukung oleh aplikasi Geometryx, memberikan kontribusi positif pada kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis siswa.Unduhan
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.