PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS PESERTA DIDIK SD MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA ARTICULATE STORYLINE

Penulis

  • Siti Maryam Rohimah Universitas Pasundan
  • Yusup Nurdiansah Universitas Pasundan
  • Sarah Anida Putri Universitas Pasundan
  • Salma Nur Anaya Universitas Pasundan

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.11273

Kata Kunci:

Articulate Storyline, Kemampuan Pemahaman Matematis, Model Problem Based Learning

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis pada peserta didik kelas II SD melalui model problem based learningberbantuan media articulate storyline. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian pre-test and post-test one group design. Penelitian ditujukan kepada peserta didik kelas II di SDN 066 Halimun Kota Bandung. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh peserta didik kelas II SDN 066 Halimun. Sampel penelitian yang diambil yaitu kelas II-C sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes uraian kemampuan matematis, observasi, dan dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan menguji hipotesis dengan menggunakan software SPSS Statistic 26.0 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh gambaran proses pembelajaran menggunakan media Articulate Storyline dengan model pembelajaran problem based learning berjalan dengan baik. Dari hasil uji hipotesis diperoleh kesimpulan terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan pemahaman konsep matematis sebelum dan sesudah menggunakan model problem based learning berbantuan media articulate storyline. Terdapat peningkatan kemampuan pemahaman matematis peserta didik dari hasil uji gain ternormalisasi yaitu 0,45 dengan kategori peningkatan sedang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Agustina, R., Irhasyuarna, Y., & Sauqina, S. (2022). Pengembangan Media Articulate Storyline Topik Mekanisme Pendengaran Manusia dan Hewan Untuk Peserta Didik SMP. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(3), 81-89. DOI: https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.119

Anggraeni, R. I, Darta, & Rohimah, S. M.(2022). Analisis Learning Obstacles pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathemetics Learning and Education, 7(2), 171-180. DOI: https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6386

Arnis. (2017). PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERVARIATIF UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGAJAR GURU DI SDN 113 PEKANBARU. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora, 3(2), 265–272.

Darmawan, D. (2016). Mobile learning (Cetakan 1). Jakarta: Rajawali Pers.

Duffin, J. M., & Simpson, A. P. (2000). A Search for Understanding. Journal of Mathematical Behaviour, 18(4), 415- 427.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi: Quasi-Experimental Design. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38619

Jihad, A., & Haris, A. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Press.

Karim, A., & Nurrahmah, A. (2018). Analisis kemampuan pemahaman matematis mahasiswa pada mata kuliah teori bilangan. Jurnal Analisa, 4(1), 24-32. DOI: https://doi.org/10.15575/ja.v4i1.2101

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: National Council of Teacher Mathematics.

Nugroho, F., & Arrosyad, M. I. (2021). Learning multimedia development using Articulate Storyline for students. International Journal of Elementary Education, 4(4), 575–579. DOI: https://doi.org/10.23887/ijee.v4i4.27763

Pratama, R. A. (2019). Media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 2 pada materi menggambar grafik fungsi di smp patra dharma 2 Balikpapan. Jurnal Dimensi, 7(1), 19-35. DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v7i1.1631

Putra, H. D., Setiawan, H., Nurdianti, D., Retta, I., & Desi, A. (2018). Kemampuan pemahaman matematis peserta didik smp di bandung barat. JPPM (Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika), 11(1). DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2981

Rohimah, S. M., Darhim, D., & Juandi, D. (2023). Developing mathematical proficiency in junior high school: A case study on linear equations in one variable. AIP Conference Proceedings, 2734 090019. DOI: https://doi.org/10.1063/5.0162111

Safira, A. D., Sarifah, I., & Sekaringtyas, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis web Articulate Storyline pada pembelajaran IPA di kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 237–253. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1109

Salsabilla,N A., Kartasamita, B G., & Saputra, J. (2023). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Geogebra. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathemetics Learning and Education, 8(1), 95-108. DOI: https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i1.8857

Saputri, D. Y., Rukayah, & Indriayu, M. (2018). Need assessment of interactive multimedia based on game in elementary school: a challenge into learning in 21st century. International Journal of Educational Research Review, 3(3), 1–8. DOI: https://doi.org/10.24331/ijere.411329

Sirait, S., Zulfadli, M., & Sumpala, A. T. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Based Learning (PBL) Metode Diskusi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Media Puzzle pada Materi Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia di Kelas VIII-5 SMP Negeri 1 Pangaribuan Kab. Tapanuli Utara Sumatera Utara (Vol. 4, Nomor 2).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-28