KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA SISWA INDONESIA BERDASARKAN KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR: SISTEMATIK LITERATUR REVIEW

Penulis

  • Clara fadhilah Inayah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dadan Dasari Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.11009

Kata Kunci:

Kemampuan Representasi Matematis, Karakteristik cara berpikir, SLR

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil kemampuan representasi matematis berdasarkan karakteristik cara berpikir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Data dalam penelitian ini berjumlah 9 publikasi terkait kemampuan representasi matematis berdasarkan karakteristik cara berpikir. Data publikasi tersebut adalah publikasi yang terindeks SINTA atau Google Scholar, diterbitkan pada rentang tahun 2018-2023, dan berlokasi di Indonesia. Deskripsi dalam penelitian ini ditinjau berdasarkan tahun publikasi, indeks jurnal, media publikasi, metode yang digunakan, tingkat pendidikan dari subjek penelitian, lokasi penelitian, dan hasil penelitian. Melalui SLR, diperoleh publikasi paling banyak tentang kemampuan representasi matematis berdasarkan karakteristik cara berpikir terjadi pada tahun 2019, repositori dan Google Scholar menjadi media publikasi yang paling banyak mempublikasikan penelitian ini, metode kualitatif menjadi metode yang paling mendominasi dalam penelitian ini, siswa SMP menjadi subjek penelitian yang paling banyak digunakan sebagai sampel dalam penelitian ini, dan pulau Jawa menjadi lokasi penelitian yang paling dominan di Indonesia terkait penelitian ini. Selain itu, dapat disimpulkan bahwa setiap siswa memiliki keunikan dalam karakteristik cara berpikirnya. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Karakteristik cara berpikir, SLR

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ainy, Chusnal, Shoffan Shoffa, and Sandha Soemantri. 2019. “Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kemampuan Mengajar Dosen Dan Kualitas Pembelajaran Dalam Perkuliahan Mata Kuliah Kalkulus I.” Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM) 1(2):82. doi: 10.26740/jrpipm.v1n2.p82-94.

Amir, Zubaidah. 2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo.

Annajmi. 2016. “Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Siswa Melalui Metode Penemuan Termbimbing Berbantuan Software GeoGebra Di SMP N 25 Pekanbaru.” Jurnal Ilmiah Edu Research 5(2).

Astriani, Nurullita, and Muhammad Bayu Al Dhana. 2020. “PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA.” Journal of Didactic Mathematics 1(1):18–25. doi: 10.34007/jdm.v1i1.147.

Dresch, Aline, Daniel Pacheco Lacerda, and José Antônio Valle Antunes Jr. 2015. Design Science Research. Cham: Springer International Publishing.

Eviyanti, R., and Y. Yerizon. 2022. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Peserta Didik.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika.

Fadli, Muhammad Rijal. 2021. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” HUMANIKA 21(1):33–54. doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.

Fraenkel, Jack R., and Norman E. Wallen. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education(8th Ed.). New York: McGraw-Hill.

Hamilton, R., and E. Ghatala. 1994. Learning and Instruction. United States of America: McGraw-Hill, Inc.

Handayani, Hani. 2019. “Analisis Kemampuan Representasi Siswa Pada Materi Volume Kubus Dan Balok Di SDN Manangga Kabupaten Sumedang.” JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education) 3(1):48. doi: 10.32934/jmie.v3i1.97.

Juandi, D. 2021. “Heterogeneity of Problem-Based Learning Outcomes for Improving Mathematical Competence: A Systematic Literature Review.” Journal of Physics: Conference Series 1722(1):012108. doi: 10.1088/1742-6596/1722/1/012108.

Khairunnisa, Aulia, Dadang Juandi, and Sumanang Muhtar Gozali. 2022. “Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 6(2):1846–56. doi: 10.31004/cendekia.v6i2.1405.

Kusuma, Fitriana Anggar, Budiyono, and Sri Subanti. 2014. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Dan Think-Pair-Share (Tps) Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Kelas VII SMP Negeri Di Kabupaten Pacitan.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 2(4):359–68.

Lame, Guillaume. 2019. “Systematic Literature Reviews: An Introduction.” Proceedings of the Design Society: International Conference on Engineering Design 1(1):1633–42. doi: 10.1017/dsi.2019.169.

Lestanti, Meilia Mira, Isnarto Isnarto, and Supriyono Supriyono. 2016. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa Dalam Model Problem Based Learning.” Unnes Journal of Mathematics Education 5(1).

Lette, Imelda, and Janet Trineke Manoy. 2019. “Representasi Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Matematika.” MATHEdunesa 8(3):569–75. doi: 10.26740/mathedunesa.v8n3.p569-575.

Lutfi, Jasmine Salsabila, and Dadan Dasari. 2023. “Mathematical Representation Ability in View of Self-Efficacy: Systematic Literature Review.” Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 8(2):439–56.

Lutfi, Jasmine Salsabila, and Hikmatul Khusna. 2021. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Berdasarkan Tingkat Motivasi Belajar Pada Pandemi Covid-19.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(3):2185–97. doi: 10.31004/cendekia.v5i3.728.

Mulyaningsih, Sri, Rina Marlina, and Kiki Nia Sania Effendi. 2020. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Matematika.” JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 6(1):99. doi: 10.30998/jkpm.v6i1.7960.

Nay, S. I. U. 2021. Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Hots (High Order Thinking Skill) Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Karakteristik …. repository.unisma.ac.id.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc. https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf.

Novitasari, P., B. Usodo, and L. Fitriana. 2021. “KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL BERBASIS HOTS DITINJAU GAYA BERPIKIR SEKUENSIAL DAN ACAK.” … Studi Pendidikan Matematika.

Oktaviana, Dwi, and Abdillah Abdillah. 2021. “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa Pada Teori Graph Ditinjau Dari Karakteristik Cara Berpikir.” Jurnal Tadris Matematika 4(2):235–50. doi: 10.21274/jtm.2021.4.2.235-250.

Oktaviana, Dwi, and Rahman Haryadi. 2020. “The Model of Based-Problem Learning, Students Problem-Solving Skills and Characteristics of Thinking Way.” Kawanua International Journal of Multicultural Studies 1(1):38–47. doi: 10.30984/kijms.v1i1.8.

Porter, Bobbi De, Mike Hernacki, and Alwiyah Abdurrahman. 2015. Quantum Learning : Membiasakan Belajar Nyaman Dan Menyenangkan / Bobbi De Porter & Mike Hernacki ; Penerjemah, Alwiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa Learning.

Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. “Representasi Matematis.” Forum Paedagogik 6(1):110–27.

Rhohman, Ajeng Siti, Euis Eti Rohaeti, and M. Afrilianto. 2018. “Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dengan Pendekatan Kontekstual.” SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora 4(1):51–62.

Rochaini, E., and S. Maarif. 2019. “Analisis Kemampuan Representasi Matematika Siswa Sekuensial Abstrak Dan Acak Abstrak Dalam Menyelesaikan Soal Matematika.” Prosiding Conference on Research and ….

Rochaini, E’en, and Safiil Maarif. 2021. “ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIKA SISWA SEKUENSIAL KONKRET DAN ACAK KONKRET DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA.” In Prosiding Conference on Research and Community Services 3(1):565–71.

Rum, Ahbi Mahdianing, and Dadang Juandi. 2022. “Indonesian Students’ Mathematical Literacy Based on Self-Efficacy: Systematic Literature Review.” Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education 7(2):117–27. doi: 10.23969/symmetry.v7i2.6378.

Septian, Teddy, and Dadang Juandi. 2023. “Refractive Thinking in Solving Mathematical Problems in Indonesia: A Systematic Literature Review.” Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 8(2):405–22.

Setyawati, R. D. 2020. “Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self Efficacy.” Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif, Dan R&D. ALFABETA.

Utami, P. R., I. Junaedi, and I. Hidayah. 2018. “Mathematical Representation Ability of Studentsâ€TM Grade X in Mathematics Learning on Problem Based Learning.” Unnes Journal of Mathematics ….

Verina, Imelda, and Dadang Juandi. 2022. “Indonesian Students’ Conceptual Understanding in Mathematics Based on Learning Style: Systematic Literature Review (SLR).” Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education 7(2):160–70. doi: 10.23969/symmetry.v7i2.6409.

Wardani, Endang Purwati, Mardiyana, and Sri Subanti. 2016. “Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Pokok Lingkaran Ditinjau Dari Kesiapan Belajar Dan Gaya Berpikir Siswa Kelas XI IPA SMAN 3 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4(3):328–40.

Widakdo, W. A. 2017. “Mathematical Representation Ability by Using Project Based Learning on the Topic of Statistics.” Journal of Physics: Conference Series 895:012055. doi: 10.1088/1742-6596/895/1/012055.

Widana, I. Wayan, I. Made Yoga Parwata, Ni Nyoman Parmithi, I. Gusti Agung Trisna Jayantika, Komang Sukendra, and I. Wayan Sumandya. 2018. “Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson.” International Journal of Social Sciences and Humanities (IJSSH) 2(1):24–32. doi: 10.29332/ijssh.v2n1.74.

Yudhanegara, Mokhammad Ridwan, and Kaurnia Eka Lestari. 2015. “Meningkatkan Kemampuan Representasi Beragam Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Terbuka.” Jurnal Ilmiah SOLUSI 1(4):97–106.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-28