SISTEMATIK LITERATUR REVIEW SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE)
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.10920Kata Kunci:
Kemampuan Berpikir Kritis, SFE, Pembelajaran MatematikaAbstrak
Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan kaitan antara model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dalam pembelajaran matematika dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam kajian ini yaitu Studi literature. Studi literatur yang dilakukan yaitu dengan melakukan pencarian terhadap berbagai sumber tertulis, baik berupa buku-buku, arsip, majalah, artikel, dan jurnal, atau dokumen-dokumen yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Dengan menggunakan 10 artikel yang telah memenuhi kriteria inklusi yaitu dengan subjek penelitian siswa SMP - SMA, memenuhi sinta 1-4 dan pada tahun 2013-2023. Artikel tersebut dicari menggunakan database jurnal nasional dan internasional yaitu Google Scholar, Garuda, Researchgate, Scopus dan Science Direct. Hasil temuan diperoleh bahwa kemampuan siswa SMP dalam kemampuan berpikir kritis matematis berpengaruh setelah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE). Untuk penelitian selanjutnya, dapat mengupas lebih luas penggunaan model SFE dan pengaruhnya dalam berpikir kritis matematis di berbagai tingkat satuan pendidikan.Unduhan
Referensi
Ahmad, A. A., Yuberti, Indah R. A. S., (2020). Analisis Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Kemandirian Belajar Peserta Didik. JAMES: Journal of Mathematics Education and Science. 3(2), 2621-1211. https://doi.org/10.32665/james.v3i2.142
Alpandi1., Nindy, C.P., Nurul, H., (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar di SMP Negeri 13 Singkawang. JERR: Journal of Educational Review and Research. 2(2), 2597-9752
Bunga, P. P, Wisma, E., Subaryo., (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Matematis Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 7(2), 2548-2297
Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical thinking skill development: Analysis of a new learning management model for Thai high schools. Journal of International Studies. 11(2), 37-48. 10.14254/2071- 8330
Christopher, M., Anderson L.P., Hanisa, T., (2023). Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Dan Tipe Think Pair Share. Science Map Journal. 5(1), 31-39. https://doi.org/10.30598/jmsvol5issue1pp31-39
Deby, A. K, Arief, A. (2023). Systematic Literature Review: Mathematical Reasoning Ability in Mathematics Learning. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 8(1), 2548-2297. 10.23969/ symmetry.v8i1.7632
Efriyani, Emi, S., & Haris, R., (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Terkait Materi Kalor. FJSRF: Formosa Journal of Sustainable Research, 2(5), 1227-1240. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i5.3807
Elmawati, Dadang, J., (2023). Mathematical Critical Thinking Ability in Indonesia: Systematic Literature Review (SLR). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 7(2), 2548-2297. 10.23969/symmetry.v7i2.6426
Fadhilah, S. R., Rachmi, N. Y., Syva, L. D., Prihantini., (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Daya Berpikir Kritis Siswa. AULAD: Journal on Early Childhood. 5(1). 2655- 4798. https://aulad.org/index.php/aulad
Hamdah, M., Sudiyanto., Riyadi., (2018). Teachers’ Perceptions of Innovative Learning Model toward Critical Thinking Ability. International Journal of Educational Methodology. 4(3), 2469-9632. http://www.ijem.com/
Indah, M., Supandi., Aries, T. D., (2019). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3(3), 2549-6174. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index
Mohamad, N. F., Budi, U., Sri, S., (2017). The Effect Of Student Facilitator And Explaining Explaining With Scientific Approach On Mathematics Achivement. ICERI: International Conference on Educational Research and Innovation. https://www.researchgate.net/publication/342457117
Nindy, C. P., Mariyam., (2019). Model Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 8(3), 2442-5419. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2365
Rita Zahara., (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator Aand Explaining (Sfae) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materlogaritma Kelas X1 SMA Negeri 1 Kaway XVI. SMA: Jurnal. 5(2), 2579-4647.
Witra, A, Helmi, H., (2020). Pengaruh penggunaan pembelajaran student facilitator and explaining dan minat terhadap hasil belajar siswa. JRTI: (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). 4(2), 2503-1619. http://jurnal.iicet.org/index.php/jrti
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.