SISTEMATIK LITERATUR REVIEW SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFE)

Penulis

  • Sirilivia Khunaeni Universitas Negeri Semarang
  • Zaenuri Mastur Universitas Negeri Semarang
  • Walid Universitas Negeri Semarang
  • Scolastika Mariani Universitas Negeri Semarang
  • Putriaji Hendikawati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.10920

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Kritis, SFE, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memaparkan kaitan antara model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) dalam pembelajaran matematika dengan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan dalam kajian ini yaitu Studi literature. Studi literatur yang dilakukan yaitu dengan melakukan pencarian terhadap berbagai sumber tertulis, baik berupa buku-buku, arsip, majalah, artikel, dan jurnal, atau dokumen-dokumen yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Dengan menggunakan 10 artikel yang telah memenuhi kriteria inklusi yaitu dengan subjek penelitian siswa SMP - SMA, memenuhi sinta 1-4 dan pada tahun 2013-2023. Artikel tersebut dicari menggunakan database jurnal nasional dan internasional yaitu Google Scholar, Garuda, Researchgate, Scopus dan Science Direct. Hasil temuan diperoleh bahwa kemampuan siswa SMP dalam kemampuan berpikir kritis matematis berpengaruh setelah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE). Untuk penelitian selanjutnya, dapat mengupas lebih luas penggunaan model SFE dan pengaruhnya dalam berpikir kritis matematis di berbagai tingkat satuan pendidikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, A. A., Yuberti, Indah R. A. S., (2020). Analisis Berpikir Kritis Matematis Berdasarkan Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Kemandirian Belajar Peserta Didik. JAMES: Journal of Mathematics Education and Science. 3(2), 2621-1211. https://doi.org/10.32665/james.v3i2.142

Alpandi1., Nindy, C.P., Nurul, H., (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Aljabar di SMP Negeri 13 Singkawang. JERR: Journal of Educational Review and Research. 2(2), 2597-9752

Bunga, P. P, Wisma, E., Subaryo., (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Logis Matematis Melalui Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 7(2), 2548-2297

Changwong, K., Sukkamart, A., & Sisan, B. (2018). Critical thinking skill development: Analysis of a new learning management model for Thai high schools. Journal of International Studies. 11(2), 37-48. 10.14254/2071- 8330

Christopher, M., Anderson L.P., Hanisa, T., (2023). Komparasi Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining Dan Tipe Think Pair Share. Science Map Journal. 5(1), 31-39. https://doi.org/10.30598/jmsvol5issue1pp31-39

Deby, A. K, Arief, A. (2023). Systematic Literature Review: Mathematical Reasoning Ability in Mathematics Learning. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 8(1), 2548-2297. 10.23969/ symmetry.v8i1.7632

Efriyani, Emi, S., & Haris, R., (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe Student Facilitator and Explaining (SFE) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Terkait Materi Kalor. FJSRF: Formosa Journal of Sustainable Research, 2(5), 1227-1240. https://doi.org/10.55927/fjsr.v2i5.3807

Elmawati, Dadang, J., (2023). Mathematical Critical Thinking Ability in Indonesia: Systematic Literature Review (SLR). Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education. 7(2), 2548-2297. 10.23969/symmetry.v7i2.6426

Fadhilah, S. R., Rachmi, N. Y., Syva, L. D., Prihantini., (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Terhadap Daya Berpikir Kritis Siswa. AULAD: Journal on Early Childhood. 5(1). 2655- 4798. https://aulad.org/index.php/aulad

Hamdah, M., Sudiyanto., Riyadi., (2018). Teachers’ Perceptions of Innovative Learning Model toward Critical Thinking Ability. International Journal of Educational Methodology. 4(3), 2469-9632. http://www.ijem.com/

Indah, M., Supandi., Aries, T. D., (2019). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3(3), 2549-6174. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index

Mohamad, N. F., Budi, U., Sri, S., (2017). The Effect Of Student Facilitator And Explaining Explaining With Scientific Approach On Mathematics Achivement. ICERI: International Conference on Educational Research and Innovation. https://www.researchgate.net/publication/342457117

Nindy, C. P., Mariyam., (2019). Model Student Facilitator and Explaining Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 8(3), 2442-5419. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2365

Rita Zahara., (2018). Penerapan Model Pembelajaran Student Facilitator Aand Explaining (Sfae) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materlogaritma Kelas X1 SMA Negeri 1 Kaway XVI. SMA: Jurnal. 5(2), 2579-4647.

Witra, A, Helmi, H., (2020). Pengaruh penggunaan pembelajaran student facilitator and explaining dan minat terhadap hasil belajar siswa. JRTI: (Jurnal Riset Tindakan Indonesia). 4(2), 2503-1619. http://jurnal.iicet.org/index.php/jrti

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-28