DESIGN RESEARCH: PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN PMRI PADA MATERI PELUANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS BERBUDAYA LOKAL JAKARTA

Penulis

  • Rina Kurniawaty Universitas Negeri Jakarta
  • Makmuri Universitas Negeri Jakarta
  • Meiliasari Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.10809

Kata Kunci:

Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Penelitian Desain, Literasi Matematis, Budaya Lokal Jakarta

Abstrak

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis siswa pada materi peluang masih rendah. Hal ini disebabkan oleh metode pengajaran guru yang konservatif dan siswa yang tidak terbiasa dengan soal literasi. Penyajian materi peluang belum sepenuhnya memadai untuk membimbing siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran dengan pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI) dengan budaya lokal Jakarta pada materi peluang mengggunakan model Gravemeijer dan Cobb yang terdiri dari tiga tahap, yaitu persiapan percobaan, pelaksanaan percobaan, dan retrospektif analisis. Subjek penelitian adalah SMK Kesehatan Mulia Karya Husada kelas XI. Desain Pembelajaran yang dimaksud adalah jalur pembelajaran yang dikenal dengan Hipotesis Lintasan Belajar (HLB). HLB adalah alur pembelajaran yang terdiri dari tujuan pembelajaran, aktivitas pembelajaran, dan hipotesis proses pembelajaran untuk memprediksi bagaimana pemikiran siswa dan pemahaman akan berkembang dalam konteks kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan literasi matematis siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

De Lange, J. (2003). Mathematics for Literacy In Numerasi. The National Counsil on Education And The Diciplines.

Empson, S. B. (2011). On the Idea of Learning Trajectory:Promises and Pitfalls. The Mathematics Enthusiast, 8(3). https://doi.org/10.54870/1551-3440.1229

Gravemeijer, K. (2012). Local instruction theories as means of support for teachers in reform mathematics education. In Hypothetical Learning Trajectories (pp. 105–128). Routledge.

Gravemeijer, K., & Cobb, P. (2013). Educational Design Research Part A: An introduction.

Netherlands Institute For Curriculum Development , 72–113. http://international.slo.nl/publications/edr/

Gravemeijer, K., & Terwel, J. (2000). Hans Freudenthal: A mathematician on didactics and curriculum theory. Journal of Curriculum Studies, 32(6), 777–796. https://doi.org/10.1080/00220270050167170

Gravemeijer, K., & Terwel, J. (2010). Hans Freudenthal: A mathematician on didactics and curriculum theory. Http://Dx.Doi.Org/10.1080/00220270050167170, 32(6), 777–796. https://doi.org/10.1080/00220270050167170

Hernandez, C. M., Morales, A., & Shroyer, G. (2013). The Development of A Model of Culturally Responsive Science and Mathematics Teaching. https://doi.org/10.1007/s11422-013-9544-1

Heuvel-Panhuizen, M. Van Den. (2003). The Didactical Use Of Models In Realistic Mathematics Education : An Example From A Longitudinal Trajectory On Percentage. Educational Studies In Mathematics, 9–35.

Hobri, H. (2009). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: FKIP Universitas Jember. Salinan SK Kepala BSAKN Kemdikbudristek tentang Capaian Pembelajaran, Pub. L. No. No 33/H/KR/2022 (2022).

Ladson-Billings, G. (1995). Toward a Theory of Culturally Relevant Pedagogy. American Educational Research Journal Fall, 32(3), 465–491.

OECD. (2019). PISA 2018 Mathematics Framework. www.oecd.org/pisa/

Oktiningrum, W., & Hartono, Y. (2016). Developing PISA-Like Mathematics Task With Indonesia Natural And Cultural Heritage As Context To Assess Students Mathematical Literacy. Journal on Mathematics Education, 7(1), 1–8.

Rodli. (2019). Pembelajaran Materi Peluang (Matematika) Melalui Kehidupan Nyata.

Jagaddhita, 1(2). http://eprints.ums.ac.id/59224/13/halaman

Sukmadinata, A. & N. S. (2010). Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu Berbasis Budaya Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Terhadap Budaya. Cakrawala Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.21831/CP.V2I2.339

Treffers, A. (1993). Wiskobas and Freudenthal realistic mathematics education. Educational Studies in Mathematics 1993 25:1, 25(1), 89–108. https://doi.org/10.1007/BF01274104

Utami, N., Sukestiyarno, Y. L., & Hidayah, I. (2019). Pentingnya Kemampuan Literasi dalam Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas XII IPA 3. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 626–633. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Widyastuti, S., Pujiastuti, P., Widyastuti, N. S., Sd, P., Yogyakarta, T., & Yogyakarta, U. N. (2014). Pengaruh Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Terhadap Pemahaman Konsep Dan Berpikir Logis Siswa. Jurnal Prima Edukasia, 2(2), 183–193. https://doi.org/10.21831/JPE.V2I2.2718

Wijaya, A., Elmaini, & Doorman, M. (2021). A learning trajectory for probability: A case of game-based learning. Journal on Mathematics Education, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.22342/JME.12.1.12836.1-16

Yuniarti, R. (2022). Desain Pembelajaran Segi Empat dengan Pendekatan RME Pada Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(1), 89–101. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i1.23028

Yurniwati, Y., & Handayani, R. (2019). Pengaruh Metode Realistic Mathematics Education terhadap Kemampuan Matematis Ditinjau dari Konsep Diri pada Siswa SD. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 27. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1020

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-28