PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY LEARNING (GDL) DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23969/symmetry.v8i2.10641Kata Kunci:
Kemampuan pemecahan masalah, Model Guided Discovery Learning, respon siswaAbstrak
Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis yang lebih baik pada siswa yang pembelajarannya menggunakan model Guided Discovery Learning (GDL) dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model konvensional, serta untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan Guided Discovery Learning (GDL). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Berdasarkan hasil pengolahan data gain ternormalisasi dengan menggunakan uji-t dan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan model Guided Discovery Learning (GDL) lebih baik dibandingkan dengan model konvensional. Berdasarkan pengolahan data angket sikap siswa yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa sikap siswa positif terhadap pembelajaran matematika dengan model Guided Discovery Learning (GDL).Unduhan
Referensi
Achsin, M. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada PBL Pendekatan Kontekstual dalam Tinjauan Inventori Kesadaran Metakognitif. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 696–704. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21684
Agustami, Aprida, V., & Pramita, A. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Prodi Pendidikan Matematika (JPMM), 3(1) , 224-231.
Apriadi, M. A., Elinda, R., & Harahap, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sebelum dan Sesudah Masa PandemI COVID-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4 (1), 133-144.
Allo, D., Sudia, M., Kadir, & Hasnawati. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Setting Kelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di SMP Swasta Antam Pomalaa. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 19–30. Retrieved from http://ojs.uho.ac.id/index.php/JPM/article/view/5641
Damayanti, N., & Kartini, K. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret Geometri. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 107-118. 8. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i1.1162
Haety, N. I., & Putra, B. Y. G. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Statistika: Implementasi Model Problem-Based Learning. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathemetics Learning and Education. 7(2), hlm. 97-116
Hasanah, I. (2010). Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa [Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta]. In Pengaruh Metode Pembelajaran SQ3R Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1089/1/98163-ISMA HASANAH-FITK.pdf
Ili, L. & Jusmaningsih, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Pembelajaran Daring Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 10 (1), 112-118.
Kusnandar, N., & Yusuf, Y. (2023). Efforts To Improve Students ’ Mathematical Concepts Understanding Ability. Mathline Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 603–620. https://doi.org/http://doi.org/10.31943/mathline.v8i2.416 PRELIMINARY
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2018). Penelitian Pendidikan Matematika. Refika Aditama.
Mardianto, Y., Azis, L. A. & Amelia, R. (2022). Menganalisis Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Materi Perbandingan dan Skala Menggunakan Pendekatan Kontekstual. JPMI – Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5 (5), 1313-1322.
Nugroho, A. A., & Dwijayanti, I. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Mata Kuliah Program Linier. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(2), 277-284. https://doi.org/10.26877/aks.v10i2.4720
Padli, F. & Rusdi. (2020). Respon Siswa dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi. Social Landscape Journal, 1 (3), 1-7.
Purniawan & Sumarni, W. (2020). Analisis Respon Siswa Pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.
Putri, D. R., & Nugraheni, E. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery Learning (GDL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA. Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 191–197. Retrieved from https://www.e-journal.my.id/proximal/article/view/1898
Putri, S. R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis: Perbandingan Model Guided Discovery Learning dan Model Problem Based Learning. Journal of Vocational Education and Information Technology, 2(1), 10–18. Retrieved from https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/jveit/article/view/93
Rini, A. R., Sa'diyah, I. K. & Muhid, A. (2021). Model Pembelajaran Guided Discovery Learning, Apakah Efektif dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa?. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan , 3 (5), 2419 - 2429. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.641
Septianingsih, B. D., Bharata, H., & Gunowibowo, P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Guided Discovery terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 6(7), 717–728. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/17057
Sofyan, Y., Sumarni, & Riyadi, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 129–142. Retrieved from https://journal.unismuh.ac.id/index.php/sigma/article/view/5832
Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Retrieved 8 July 2003, from Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif website: https://jdih.kemenparekraf.go.id/katalog-1016-produk-hukum
Wibowo, T. (2019). Metode Diskoveri Terbimbing (Guided Discovery): Konsep dan Aplikasi dalam Pembelajaran Sains MI/SD. Elementary, 7(1), 55 - 74.
Yuliasari, E. (2017). Eksperimentasi Model PBL dan Model GDL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 1–10. Retrieved from http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/jipm/article/view/1336
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Hak Cipta sepenuhnya ditangan jurnal.