ANALISIS PERKEMBANGAN SIKAP SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI UPT SDN 263 GRESIK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9852Keywords:
Anak berkebutuhan khusus, sikap sosial, disabilitasAbstract
Siswa yang membutuhkan bantuan berkebutuhan khusus menghadapi berbagai tantangan dalam hal sikap sosial dan metode komunikasi mereka. Namun, pemeriksaan yang lebih menyeluruh terhadap masalah ini mengungkapkan bahwa tidak semua siswa berkebutuhan khusus bergumul dengan interaksi mereka dengan teman sebaya atau individu lain. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui perkembangan sikap sosial yang ditampilkan oleh anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di UPT SDN 263 Gresik. Selain itu, bertujuan untuk mengkategorikan jenis siswa berkebutuhan khusus dan mengevaluasi proses belajar mengajar di UPT SDN 263 Gresik dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari satu orang guru pendamping khusus (GPK), beberapa siswa berkebutuhan khusus, dan siswa reguler di UPT SDN 263 Gresik. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi melalui penggunaan lembar observasi dan kamera. Kajian ini mengkaji kondisi kelas yang terdiri dari anak berkebutuhan khusus dan reguler, serta menitikberatkan pada perkembangan sikap sosial di antara mereka.Downloads
References
Amalia, R. (2018). Intervensi terhadap Anak Usia Dini yang Mengalami Gangguan ADHD Melalui Pendekatan Kognitif Perilaku dan Alderian Play Therapy. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 27. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.4
Binarani, B. B., Zahara, D., & Setiawan, D. A. (2021). Asesmen perkembangan sosio-emosi pada anak berkebutuhan khusus. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper Mahasiswa, April, 71–77.
Busyaeri, A., & Muharom, M. (2016). Pengaruh Sikap Guru Terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.177
Candra Pratiwi, J. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan
Khusus:iTanggapaniTerhadapiTantanganiKedepannya.iProsidingiSeminariNasionaliPendidikani“MeretasiSuksesiPublikasiiIlmiahiBidangiPendidikaniJurnaliBereputasi,”iNovember,i237–242.
EndaiTriyanti.i(2016).iMeningkatkaniKemapuaniKerjasamaiMeleluiiBermainiSimbolik.iJurnaliIlmiahiPotensia,i1(1),i28–35.
Fadilah,iS.iN.i(2019).iLayananiBimbinganiKelompokidalamiMembentukiSikapiJujuriMelaluiiPembiasaan.iIslamiciCounseling:iJurnaliBimbinganiKonselingiIslam,i3(2),i167.ihttps://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057
Juhri,iA.iM.,iAtieka,iN.,i&iAS,iR.iD.i(2018).iImplementasiiKemampuaniEmpatiiDaniInteraksiiSosialiDiiKelasiInklusiiSmpiNegerii5iMetroiKotaiMetroiLampung.iJurnaliLenteraiPendidikani…,i3(1),i87–98.ihttps://www.ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/826
Masni,iH.i(2021).iPeraniPolaiAsuhiDemokratisiOrangtuaiTerhadapiPengembanganiPotensiiDiriiDaniKreativitasiSiswa.iJurnaliIlmiahiDikdaya,i58–74.
Purwaningsih,iE.i(2016).iMengembangkaniSikapiToleransiidaniKebersamaanidiiKalanganiSiswa.iJurnaliVisiiIlmuiPendidikan,i7(2),i1699–1715.ihttps://doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17156
putriiaisyah,iD.i(2022).iAnalisisiPerkembanganiInteraksiiAnakiBerkebutuhaniKhususiUPTiSDNi263iGresik.iJurnaliIlmiahiPGSDiFKIPiUniversitasiMandiri,i08,i1–23.
Rahmah,iF.iN.i(2018).iProblematikaiAnakiTunarunguiDaniCaraiMengatasinya.iQuality,i6(1),i1.ihttps://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744
Setiarani,iS.,i&iSuchyadi,iY.i(2018).iPolaiAsuhiOrangiTuaiTerhadapiAnakiTunaiNetraiBerprestasiiUsiaiSekolahiDasar.iJPPGusedai|iJurnaliPendidikani&iPengajaraniGuruiSekolahiDasar,i1(01),i15–18.ihttps://doi.org/10.33751/jppguseda.v1i01.866
Seviarica,iH.iP.,iAkhmad,iF.,iBerliyana,iA.iS.,iAtmojo,iS.iT.,i&iFauzi,iR.i(2021).iKarakteristikidaniPengembanganiPelayananiPendidikaniIslamiAnakiTunadaksa.iAnwarul,i1(1),i102–120.ihttps://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.48
Tsuraya,iI.i(2016).iKecemasanipadaiOrangiTuaiyangiMemilikiiAnakiTerlambatiBicarai(SpeechiDelay)idiiRSUDiDR.iM.iAshariiPemalang.iJournaliPsychologyiUniversitasiNegeriiSemarang,i1(1),i21–27.
Wiguna,iA.i(n.d.).iUpayaiMengembangkaniSikapiSpiritualiDaniSosialiPesertaiDidikiBerbasisiPsikologiiPositifiDiiSekolah.iAl-AsasiyyaiJournaliBasiciofiEducation,i01(02),i47–61.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.