ANALISIS PERKEMBANGAN SIKAP SOSIAL SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI UPT SDN 263 GRESIK

Authors

  • Mau'una Ziyan Aghniya' Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Afakhrul Masub Bakhtiar Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9852

Keywords:

Anak berkebutuhan khusus, sikap sosial, disabilitas

Abstract

Siswa yang membutuhkan bantuan berkebutuhan khusus menghadapi berbagai tantangan dalam hal sikap sosial dan metode komunikasi mereka. Namun, pemeriksaan yang lebih menyeluruh terhadap masalah ini mengungkapkan bahwa tidak semua siswa berkebutuhan khusus bergumul dengan interaksi mereka dengan teman sebaya atau individu lain. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui perkembangan sikap sosial yang ditampilkan oleh anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di UPT SDN 263 Gresik. Selain itu, bertujuan untuk mengkategorikan jenis siswa berkebutuhan khusus dan mengevaluasi proses belajar mengajar di UPT SDN 263 Gresik dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari satu orang guru pendamping khusus (GPK), beberapa siswa berkebutuhan khusus, dan siswa reguler di UPT SDN 263 Gresik. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi melalui penggunaan lembar observasi dan kamera. Kajian ini mengkaji kondisi kelas yang terdiri dari anak berkebutuhan khusus dan reguler, serta menitikberatkan pada perkembangan sikap sosial di antara mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, R. (2018). Intervensi terhadap Anak Usia Dini yang Mengalami Gangguan ADHD Melalui Pendekatan Kognitif Perilaku dan Alderian Play Therapy. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 27. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.4

Binarani, B. B., Zahara, D., & Setiawan, D. A. (2021). Asesmen perkembangan sosio-emosi pada anak berkebutuhan khusus. Prosiding Seminar Nasional Dan Call Paper Mahasiswa, April, 71–77.

Busyaeri, A., & Muharom, M. (2016). Pengaruh Sikap Guru Terhadap Pengembangan Karakter (Peduli Sosial) Siswa Di Mi Madinatunnajah Kota Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v2i1.177

Candra Pratiwi, J. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan

Khusus:iTanggapaniTerhadapiTantanganiKedepannya.iProsidingiSeminariNasionaliPendidikani“MeretasiSuksesiPublikasiiIlmiahiBidangiPendidikaniJurnaliBereputasi,”iNovember,i237–242.

EndaiTriyanti.i(2016).iMeningkatkaniKemapuaniKerjasamaiMeleluiiBermainiSimbolik.iJurnaliIlmiahiPotensia,i1(1),i28–35.

Fadilah,iS.iN.i(2019).iLayananiBimbinganiKelompokidalamiMembentukiSikapiJujuriMelaluiiPembiasaan.iIslamiciCounseling:iJurnaliBimbinganiKonselingiIslam,i3(2),i167.ihttps://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057

Juhri,iA.iM.,iAtieka,iN.,i&iAS,iR.iD.i(2018).iImplementasiiKemampuaniEmpatiiDaniInteraksiiSosialiDiiKelasiInklusiiSmpiNegerii5iMetroiKotaiMetroiLampung.iJurnaliLenteraiPendidikani…,i3(1),i87–98.ihttps://www.ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/826

Masni,iH.i(2021).iPeraniPolaiAsuhiDemokratisiOrangtuaiTerhadapiPengembanganiPotensiiDiriiDaniKreativitasiSiswa.iJurnaliIlmiahiDikdaya,i58–74.

Purwaningsih,iE.i(2016).iMengembangkaniSikapiToleransiidaniKebersamaanidiiKalanganiSiswa.iJurnaliVisiiIlmuiPendidikan,i7(2),i1699–1715.ihttps://doi.org/10.26418/jvip.v7i2.17156

putriiaisyah,iD.i(2022).iAnalisisiPerkembanganiInteraksiiAnakiBerkebutuhaniKhususiUPTiSDNi263iGresik.iJurnaliIlmiahiPGSDiFKIPiUniversitasiMandiri,i08,i1–23.

Rahmah,iF.iN.i(2018).iProblematikaiAnakiTunarunguiDaniCaraiMengatasinya.iQuality,i6(1),i1.ihttps://doi.org/10.21043/quality.v6i1.5744

Setiarani,iS.,i&iSuchyadi,iY.i(2018).iPolaiAsuhiOrangiTuaiTerhadapiAnakiTunaiNetraiBerprestasiiUsiaiSekolahiDasar.iJPPGusedai|iJurnaliPendidikani&iPengajaraniGuruiSekolahiDasar,i1(01),i15–18.ihttps://doi.org/10.33751/jppguseda.v1i01.866

Seviarica,iH.iP.,iAkhmad,iF.,iBerliyana,iA.iS.,iAtmojo,iS.iT.,i&iFauzi,iR.i(2021).iKarakteristikidaniPengembanganiPelayananiPendidikaniIslamiAnakiTunadaksa.iAnwarul,i1(1),i102–120.ihttps://doi.org/10.58578/anwarul.v1i1.48

Tsuraya,iI.i(2016).iKecemasanipadaiOrangiTuaiyangiMemilikiiAnakiTerlambatiBicarai(SpeechiDelay)idiiRSUDiDR.iM.iAshariiPemalang.iJournaliPsychologyiUniversitasiNegeriiSemarang,i1(1),i21–27.

Wiguna,iA.i(n.d.).iUpayaiMengembangkaniSikapiSpiritualiDaniSosialiPesertaiDidikiBerbasisiPsikologiiPositifiDiiSekolah.iAl-AsasiyyaiJournaliBasiciofiEducation,i01(02),i47–61.

Downloads

Published

2023-08-23