PENTINGNYA PERAN GURU PENDAMPING KHUSUS BAGI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KELAS INKLUSI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10301Keywords:
peran guru, siswa berkebutuhan khusus, inklusiAbstract
Peran guru pada saat didalam kelas membutuhkan keterlibatan pada anak yang berkebutuhan khusus untuk mengelola sebuah pembelajaran. Guru harus memiliki kompetensasi dalam memberikan pelayan pendidikan secara inklusi. Hal tersebut sangat diharapkan karena seorang anak yang berkebutuhan khusus sangat memerlukan pendamping untuk melakukan kualifikasi akademik dalam kontens pendidikan luar biasa atau pendidikan yang diberikan secara khusus pada anak yang membutuhkannya. Sementara itu guru juga harus bisa menyampaikan materi dengan sebuah kekereatifan agar materi yang disampaikan dapat dipahami oleh seorang anak yang berkebutuhan khusus tersebut. Pendidikan inklusi merupakan sebuah pembelajaran yang dirujuk kepada pendidikan berkebutuhan khusus yang memiliki hak untuk sebuah pendidikan. Pendidikan inklusi termasuk dalam hal yang baru di Indonesia oleh karenanya pendidikan secara inklusi tersebut sangat diperlukannya sosialisasi akan pentingnya pendidikan secara inklusi untuk seorang anak yang berkebutuhan khusus.Downloads
References
Amiruddin, M. Z., & Artikel, S. (2022). DISGRAFIA STUDI KASUS PADA SISWA KELAS III SD Info Artikel. 5(2), 99–105.
Asdaningsih, F. H., & Erviana, V. Y. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi SD Negeri Wirosaban. Jurnal Inovasi Dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 21–39. https://doi.org/10.12928/jimp.v2i1.4916
Barlian, U. C., Wulandari, R. P., Said, M., & Lathifa, N. (2023). AL-AFKAR : Journal for Islamic Studies Peran Guru Kelas Dan Guru Pendamping Khusus Dalam Meningkatkan Layanan Pendidikan Inklusi Di TK Ibnu Sina. 6(2), 623–634. https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v6i2.648
Jariono, G., Nurhidayat, Sudarmanto, E., Kurniawan, A. T., Triadi, C., & Anisa, M. N. (2021). Pendampingan dan pelatihan Peran Guru Dalam Mengurangi Perilaku Hiperaktif Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB Negeri Sukoharjo. Panrannuangku Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 37–43. https://doi.org/10.35877/panrannuangku478
Kelas, S., Yang, I. V, Khusus, B., & Sdn, D. I. (2023). PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA Putri Sintiya , Erfan Ramadhani , Aldora Pratama Program Studi PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang Aldorapratama7271@gmail.com 7(3), 540–547.
Khusus, A. B., & Learning, B. (2022). STUDI KASUS PERAN SHADOW TEACHER PADA BLENDED LEARNING DI SDI AL- CHUSNAINI KLOPOSEPULUH SUKODONO Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo , Indonesia * Coresponding email : nurulaini.fkip@unusida.ac.id. 5(2).
Manajemen, A., Inklusi, P., Negeri, S. D., Gaga, P., & Tangerang, K. (n.d.). M a s l i q. 2(November 2022), 764–775.
Nada, R. K. (2022). Implementasi School Well Being bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Sekolah Inklusi. QuranicEdu: Journal of Islamic Education, 2(1), 18–36. www.sekolahkumyschool.com
Non-inklusi, P. (2022). Jurnal basicedu. 6(5), 9096–9104.
Universitas, P., Negeri, I., Palu, D., Rizkiana, R., Nurdin, N., & Alhabsyi, F. (2023). PERANAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS ( ABK ) PADA PENDIDIKAN INKLUSI. 0, 201–206.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.