IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PAPAN BERPAKU (GEOBOARD) SISWA KELAS V SDN GONGGANG 1 MAGETAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Indah Dwi Utami Universitas PGRI Madiun
  • Joko Widiyanto Universitas PGRI Madiun
  • Hari Cahyono SDN Gonggang 1

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9742

Abstract

This study aims to investigate the implementation of Problem Based Learning (PBL) learning strategies using geoboard media in improving mathematics learning outcomes for fifth grade students at SDN Gonggang 1 Magetan in the 2022/2023 school year. This study uses a Classroom Action Research approach in three cycles with the main activities of planning, implementing, observing, and reflecting. Data was collected through observation, tests, and qualitative analysis to evaluate student activities, teacher activities, and mathematics learning outcomes. The results showed that the implementation of the PBL strategy using nail board media significantly increased the students' mathematics learning outcomes in class V SDN Gonggang 1 Magetan. Keywords: Implementation, Learning Strategies, Problem Based Learning (PBL), Nail Board Media

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah Safei, K. M. (2022). Kesasaran Diri Qurani Melalui Metode Atomic Habits Dalam Membangun Karakter Spiritual. ZAD Al-Mufassirin: Jurnal Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir, 240-259.

Achmad Dahlan Muchtar, A. S. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud). Edumaspul: Jurnal Pendidikan.

Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Pedagogia, 21-33.

Clear, J. (2018). Atomic Habits: PERUBAHAN KECIL YANG MEMBERIKAN HASIL LUAR BIASA. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Duhlg, C. (2013). The Power of Habit. Jakarta: Gramedia.

Fauzia, M. (2022). KemenPPPA: 797 Anak Jadi Korban Kekerasan Seksual Sepanjang Januari 2022. kompas.com.

Ifnaldi Nurmal, S. S. (2021). Penanaman Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar.

Iksan, A. (2019). Ditegur Merokok di Dalam Kelas, Siswa SMP Malah Menantang Guru Berkelahi. 2019: sindonews.com.

Ima Maisaroh, S. M. (2021). MENGEMBANGKAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD ISLAM TIRTAYASA KOTA SERANG. Jurnal Pendidikan Karakter "JAWARA" (JPKJ).

Isman, A. N. (2022). Pendidikan Karakter Menurun Disebut Jadi Penyebab Deretan Kasus Pelajar. Makassar: sindonews.com.

Jelpa Periantalo, N. E. (t.thn.). KONSTRUKSI ALAT UKUR KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR. PSYCHO IDEA, 2018.

Laelatul Arofah, S. A. (2021). Skala Karakter Religius Sebagai Alat Ukur Karakter Religius Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 16-28.

Mubin, M. S. (2020). PENDIDIKAN KARAKTER MENURUT IBNU MISKAWAIH DAN IMPLEMENTASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN MASA PANDEMI. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Mutoharoh, Y. K. (2016). PENGARUH KETERIMAAN APLIKASI PENDAFTARAN ONLINE TERHADAP JUMLAH PENDAFTAR DI SEKOLAH DASAR NEGERI JAKARTA. PARADIGMA.

Nurmalasari, N. (2014). MEMAHAMI STUDI DOKUMEN DALAM PENELITIAN KUALITATIF. Wacana.

Safei, A. (2022). Membangun Karakter Spiritual Melalui Metode Atomic Habits Dalam Perspektif Al-Quran. Diss. Institut PTIQ Jakarta.

Sofyan, T. (2015). PENDIDIKAN KARAKTER: Peluang Dalam Mmbangun Karakter Bangsa. Jember: IAIN Jember Press.

Wahyuni, A. (2021). PENDIDIKAN KARAKTER: Membentuk Pribadi Positif dan Unggul di Sekolah. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.

Widiarsa. (2019). KAJIAN PUSTAKA (LITERATURE REVIEW) SEBAGAI LAYANAN INTIM PUSTAKAWAN BERDASARKAN KEPAKARAN DAN MINAT PEMUSTAKA. Media Informasi.

Downloads

Published

2023-09-06