MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN MEDIA VIDEO MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PJBL SISWA KELAS V SD

Authors

  • Siti Hartinah Unkversitas PGRI Madiun
  • Joko Widiyanto Universitas PGRI Madiun
  • Anesta Handarini Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8090

Abstract

Menggunakan media video melalui model pembelajaran PJBL sangat diperlukan dalam proses pembelajaran, dengan adanya kerja proyek akan memberikan dampak positif bagi pesertadidik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dengan media video melalui model pembelajaran PJBL siswa kelas V SD. Jenis penilitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah pesertadidik kelas V. Teknik pengumpulkan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Teknik analisi data menggunakan deskriptif-komparatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam prasiklus semua nilai hasil belajar pesertadidik masih dibawah KKM atau masih kurang. Kemudian setelah adanya tindakan di siklus I, tes hasil belajar siklus I frekuensi pesertadidik yang nilainya mencapai KKM terdapat 7 anak (53,84%). Selanjutnya di siklus II naik menjadi 12 anak (92,30%). Sedangkan di ranah keaktifan dalam siklus I frekuensi hanya 8 anak (61,53%), di siklus II naik menjadi 13 anak (100%). Pada ranah keterampilan dalam siklus I frekuensi hanya 7 anak (53,84%), di siklus II naik menjadi 12 anak (92,30%). Hal tersebut membuktikan bahwa kegiatan proses mengajar dengan media video melalui model pembelajaran PJBL dapat meningkatkan hasil belajar pesertadidik kelas V SD.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Joko Widiyanto, Universitas PGRI Madiun

Bagian mana yang harus dibenahi agar ke publish di jurnal ini

Anesta Handarini, Universitas PGRI Madiun

Mohon bantuannya agar ke publish di jurnal ini

References

Ahmadiyanto, A. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 980-993., 6(2), 980–993. http://ppjp.ulm.ac.id/jpournal/index.php/pkn/article/view/2326/2034

Anggraini, P. D., & Wulandari, S. S. (2020). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299

Ani Widayati, 2018. (2008). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.

Anshor, S., Sugiyanta, I. G., & Sri, R. K. (2016). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi. Jurnal Penelitian Geografi, 15(1), 1–9. https://core.ac.uk/download/pdf/196255896.pdf

Bayu Gunawan, Stefanus Cristian relmasira, A. T. A. H. (2018). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS V SD. Energies, 6(1), 1–8. http://journals.sagepub.com/doi/10.1177/1120700020921110%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.reuma.2018.06.001%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.arth.2018.03.044%0Ahttps://reader.elsevier.com/reader/sd/pii/S1063458420300078?token=C039B8B13922A2079230DC9AF11A333E295FCD8

Kahfi1, R., Sunarya2, D. T., & Detty Amelia Karlina3. (2017). Penerapan Metode Reqa Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Pada Materi Membuat Dan Menjawab Pertanyaan Dari Teks Yang Dibaca. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 2051–2060. ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/download/3566/pdf%0A%0A

Istikakimi, W. R. A. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA DAN KETERAMPILAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) SISWA KELAS VI SDN SUKOREJO 1 KECAMATAN REJOSO KABUPATEN NGANJUK. 1(September), 210–216.

Jayanti Kusuma, I. G. A. (2018). Penerapan Model Pjbl Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 29–38. https://doi.org/10.23887/jippg.v1i1.14263

Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 66. https://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/article/view/22103/10859

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Siregar, S. F. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Biolokus, 2(2), 2621–3702

Subagia, I. W., & Wiratma, I. G. L. (2016). Profil Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(1), 39. https://doi.org/10.23887/jpi-

Downloads

Published

2023-06-10