PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP PECAHAN MATEMATIKA KELAS IV SDN GENENGAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023 MENGGUNAKAN MEDIA BLOK PECAHAN

Authors

  • Prima Yolanda Sari Universitas PGRI Madiun
  • Ririn Wahyu Purbandari Universitas PGRI Madiun
  • Sardulo Gembong SDN Genengan

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9678

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN Genengan menggunakan media blok pecahan. Penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemahaman konsep pecahan pada siswa dan minimnya penggunaan media pembelajaran konkret dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Data pemahaman konsep pecahan diperoleh melalui tes awal, tes siklus I, dan tes siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep pecahan pada siswa setelah menggunakan media blok pecahan. Pada pra-siklus, terdapat 14 siswa (dari total 30 siswa) yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Setelah implementasi media blok pecahan pada siklus I, jumlah siswa yang belum mencapai KKM berkurang menjadi 10 siswa. Pada siklus II, seluruh siswa mencapai KKM. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penggunaan media blok pecahan efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN Genengan. Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Pecahan, Media Blok Pecahan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Crismono, P. C. (2017). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 4(2), 106–113.

Febriani, P., Widada, W., & Herawaty, D. (2019). Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(2), 120–135.

Gunur, B., Makur, A. P., & Ramda, A. H. (2018). Hubungan Antara Kemampuan Numerik Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Di Pedesaan. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 6(2), 148–160.

Hernawati, L., & Pradipta, T. R. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Pada Penerapan E-Learning Berbasis Google Classroom. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1616–1625.

Indriani A. (2018). Penggunaan Blok Pecahan Pada Materi Pecahan Sekolah Dasar. JIPMat, 3(1), 11–16.

Kania, N. (2018). Alat Peraga untuk Memahami Konsep Pecahan. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 2(2), 1.

Khairani, B. P., & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA/MA Pada Materi Barisan Dan Deret. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1578–1587.

Misla, M., & Mawardi, M. (2020). Efektifitas PBL dan Problem Solving Siswa SD Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1).

Naharir, R. A., Dantes, N., & Kusmariyatni, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Semester Ii Sd Gugus Vi Kecamatan Sukasada. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(1).

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2).

Pujiati, P., Kanzunnudin, M., & Wanabuliandari, S. (2018). Penerapan Contextual Teaching and Learning Berbantu Blok Pecahan untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 122–129.

Setianingrum, R. S., Syamsuri, S., & Setiani, Y. (2020). Analyzing Students’ Learning Difficulties In Algebra. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1).

Umayah, R. , & Harmanto. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Monopoli Berbasis Paikem dalam Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran PPKN di Kelas VII SMP Negeri 1 Jabon. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 1023–1037.

Wahyuningtyas, D. T. , & Shinta, R. N. (2017). Penggunaan Modul Pembelajaran Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Dengan Pendekatan CTL (Contextual Teaching And Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JP (Jurnal Pendidikan) : Teori Dan Praktik, 2(1), 12–20.

Zeptyani, & Wiarta. (2020). Pengaruh Project-Based Outdoor Learning Activity Menggunakan Media Audio Visual Terhadap Perilaku Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 8(2), 69–79.

Downloads

Published

2023-08-22