PERBANDINGAN MODEL SAVI (SOMATIC AUDIOTORY VISUALIZATION INTELLECTUAL) DAN MODEL KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV GUGUS 1 KECAMATAN GILIRENG

Authors

  • Husnul Khatimah 1Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Tarman A. Arif Dosen Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Haslinda Dosen Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9396

Keywords:

Keterampilan Menulis Deskripsi, Model Kontekstual, Model SAVI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan model SAVI (Somatic Audiotory Visualization Intellectual) dan model Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV Gugus 1 Kecamatan Gilireng. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh sekolah Gugus 1 di Kecamatan Gilireng Kabupaten Wajo yang berjumlah 5 dengan sampel 60 siswa dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes untuk mengetahui keterampilan menulis deskripsi dengan memberikan soal esai yang berjumlah 5 nomor. Hasil penelitian berdasarkan uji hipotesis pada perbandingan model SAVI dan model Kontekstual kelas eksperimen A dan eksperimen B menggunakan independent sample t test diperoleh nilai signifikansi = 0,671 lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat dinyatakan ada perbedaan yang signifikan pada keterampilan menulis deskripsi siswa yang menggunakan model SAVI dan model Kontekstual. Kemudian hasil uji hipotesis dengan menggunakan independent sample t test pada perbandingan model SAVI dan model Kontekstual pada keterampilan menulis deskripsi siswa, diperoleh nilai signifikansi = 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model SAVI (Somatic Audiotory Visualization Intellectual) dan model Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Model SAVI (Somatic Audiotory Visualization Intellectual) lebih unggul dari model Contextual (Contextual Teaching and Learning).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arif, T. A. (2018). Penerapan Relaksasi Atensi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd. JURNAL KONFIKS, 5(1), 35-41..

Ariyana, A., Ramdhani, I. S., & Sumiyani, S. (2020). Merdeka Belajar melalui penggunaan media audio visual pada pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3(2), 356-370.

Arini, N. W. (2012). Implementasi Metode Peta Pikiran Berbantuan Objek Langsung untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 45(1).

Cemara, G. A. G., & Sudana, D. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Bermuatan Peta Pikiran Terhadap Kreativitas dan Penguasaan Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 351-360..

Hidayah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.

Hermaditoyo, S. (2018). Teks deskriptif dalam pembelajaran bahasa Indonesia kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(2), 267-273.

Ilmi, N., & Tajuddin, R. (2021). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Journal of Social Sciences and Humanities, 1(1), 38-44.

Juwita, N., Wardiah, D., & Murniviyanti, L. (2017, December). Pengaruh Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) Terhadap Keterampilan Menulis Cerpen. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia (Vol. 1, No. 1).

Kadir, A. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. Dinamika ilmu, 13(1).

Mastuti, R., Maulana, S., Iqbal, M., Faried, A. I., Arpan, A., Hasibuan, A. F. H., ... & Vinolina, N. S. (2020). Teaching from home: Dari belajar merdeka menuju merdeka belajar.

Marhaeni, S., Syamsuri, A. S., & Arif, T. A. (2020). Pengaruh penggunaan metode konvensional berbantuan media gambar terhadap kemampuan berbicara siswa kelas iv sekolah dasar di kota makassar. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(6), 192-201.

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan model pembelajaran savi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102-111.

Rahmawati, R., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(3), 4574-4581.

Rahmawati, R., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(3), 4574-4581.

Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pers/PT Raja Grafindo Persada.

Sari, Isnaini Fitrah. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD N 2 Notoharjo. Universitas Lampung. (Skripsi). http://digilib.unila.ac.id/11105/. Diakses pada 16 Juni 2023.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Wiratama, N. A., Fatimah, I. D., & Widiyati, E. (2022). Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3428-3434.

Downloads

Published

2023-08-04