PERBANDINGAN MODEL FLIPPED CLASSSROOM PADU MEDIA MINDO DAN TANPA MEDIA MINDO TERHADAP KETERAMPILAN BERCERITA SISWA KELAS III SDIT DARUSSALAM MAKASSAR

Authors

  • Andi Nurmaya Safitri Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Erwin Akib Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassa
  • Haslinda Dosen Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10012

Keywords:

Flipped Classroom, Keterampilan Bercerita, Model Pembelajaran, Media Mindo

Abstract

Penelitian ini membandingkan keterampilan bercerita siswa kelas III SDIT Darussalam Makassar yang menggunakan model Flipped Classroom dengan dan tanpa media Mindo. Penelitian ini melibatkan dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen, Pretest Posttest Nonequivalent Control Group Design, dengan metode cluster random sampling. Kelas eksperimen mempunyai nilai pretest sebesar 59,89 setelah dilakukan posttest, sedangkan kelas kontrol mempunyai nilai pretest sebesar 62,52. Uji independen sample t-test menunjukkan nilai P<0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan keterampilan bercerita antara kelas yang menggunakan media Mindo dan tanpa media Mindo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anas, N., & Sapri, S. (2022). Komunikasi antara kognitif dan kemampuan berbahasa. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 1(1), 1–8.

Lase, D., Ndraha, A., & Harefa, G. G. (2020). Persepsi Orangtua Siswa Sekolah Dasar di Kota Gunungsitoli Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. SUNDERMANN: Jurnal Ilmiah Teologi, Pendidikan, Sains, Humaniora Dan Kebudayaan, 13(2), 85–98.

Mais, A. (2016). Media pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK): Buku referensi untuk guru, mahasiswa dan umum. Pustaka Abadi.

Nurfadhila, U. (2019). Penggunaan Model Flipped Classroom dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Siswa. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 19–28.

Nurhanani, Z., Wiyono, B. B., & Nurchasanah, N. (2020). Analisis Penggunaan Media Puppet Show untuk Peningkatan Kemampuan Menyimak dan Bercerita Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(7), 1020–1031.

Pratidiana, D., Pujiastuti, H., & Santosa, C. A. H. F. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Gaya Kognitif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(2), 206–215.

Purwa, T. L., & Hendratno. (2019). Pengaruh Media Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Bercerita Siswa Kelas Iv Sdn Di Kecamatan Modo Lamongan. Jurnal Pendidikan Giuru Sekolah Dasar, 7(2), 2811–2820.

Safitri, A. N. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Media Mindo (Mini Panggung Dongeng) Pada Murid Kelas II SDN 96 Citta Kab. Soppeng. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sari, R. K. (2022). Pengaruh Model Flipped Classroom Learning Terhadap Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sitanggang, L. S., & Bintang, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika (DLDE) Kelas X TITL SMK Negeri 5 Medan. Journal of Electrical Vocational Teacher Education (JEVTE), 1(2), 98–103.

Steele, K. (2013). The Flipped Classroom: Cutting-Edge, Practical Stategies to Successfully “Flip” Your Classroom. http://www.kevinmsteele.com

Tambunan, P. (2018). Pembelajaran keterampilan berbicara di sekolah dasar. Jurnal Curere, 2(1).

Tri, R. (2020). Pengaruh Alat Peraga Wayang Kertas Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas III SDN 5 Jenggala Tahun Pelajaran 2019/2020. Universitas Muhammadiyah Mataram.

Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan e-learning bagi para pendidik di era digital 4.0 utilization of e-learning for educators in digital era 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Downloads

Published

2023-08-31