PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA DIORAMA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 8 KELAS V SD NEGERI WEGIL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9323Keywords:
Problem Based Learning, Diorama, Hasil BelajarAbstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilatar belakangi rendahnya nilai hasil belajar siswa muatan IPA dan Bahasa Indonesia pada kelas V SD Negeri Wegil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media diorama tema 8 kelas V SD Negeri Wegil. Penelitian dilaksanakan di kelas V SD Negeri Wegil dengan subjek penelitian 33 siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus, dan masing-masing siklus dilaksanakan dua pertemuan. Pada setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian pada tindakan pra siklus didapatkan persentase ketuntasan klasikal (27%) dengan nilai rata-rata 53 mengalami peningkatan pada siklus I. Pada siklus I didapatkan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa (79%) dengan nilai rata-rata 73. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai (100%) dengan nilai rata-rata 82. Sedangkan persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa aspek keterampilan pada siklus I (82%) dan meningkat pada siklus II (90%). Sehingga hasil dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media diorama dapat meningkatkan hasil belajar tema 8 kelas V SD Negeri Wegil tahun ajaran 2022/2023.Downloads
References
Batubara, Hamdan Husain, dkk. 2023. Media Pembelajaran Komprehensif. Semarang: CV Graha Edu.
Dewantara, D. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pelajaran ipa (studi pada siswa kelas V sdn pengambangan 6 banjarmasin). Jurnal Paradigma, 11(2), 41–44.
Hida, Lelya, dkk. 2022. Menjadi Guru Hebat Cakap Literasi, Cakap Numerasi, dan Berkarakter. Sukabumi: Haura Utama.
Kelana, J. B dan Duhita, S. W. 2021. Model Pembelajaran IPA SD. Cirebon: Edutrimedia Indonesia.
Kisma, A. D., Fakhriyah, F., & Purbasari, I. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Diorama untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kelas IV SD Negeri 2 Hadipolo. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 635–642. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i1.861
Masfuah, S., & Pertiwi, I. A. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Socio Scientific Issues. Edukasi Journal, 10(2), 179–190. https://doi.org/10.31603/edukasi.v10i2.2413
Neolaka, Amos dan Grace Amialia A. Neolaka. 2015. Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok:Kencana.
Rusydiyah, E. F. (2020). Media Pembelajaran Problem based learning. In Emergency Medicine Journal.
Safrida, M., & Kistian, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri Peureumeue Kecamatan Kaway XVI. Bina Gogik, 7(1), 53–65. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/433
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Umah, S. W., Suad & Roysa, M. (2020). The Group Investigation Model Assisted by Event Diorama Media to Increase Students’ Cognitive and Psychomotor Abilities. Ii.
Yanto, A. (2015). Metode Bermain Peran (Role Playing) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. Jurnal Cakrawala Pendas, 1(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v1i1.345
Yufrinalis, Marianus, dkk. 2021. Pendidikan Profesi Keguruan dan Teknologi Pendidikan. Bandung: CV Media Sains Indonesia.
Yuniarsih, R. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Menggunakan Model Problem Based Learning dengan Media Diorama. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i1.53857
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.