EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS V SD NEGERI KEDUNGSARI 02 TAYU PATI

Authors

  • Hafidza Azlin Universitas Muria Kudus
  • F. Shoufika Hilyana Universitas Muria Kudus
  • Siti Masfuah Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i01.22692

Keywords:

discovery learning model, learning ability, science

Abstract

This study analyzes the effectiveness of the project-based learning model assisted by comic media in improving the IPAS learning outcomes of fifth-grade students at SD Negeri Kedungsari 02 Tayu Pati. This method was implemented to create innovative and engaging learning by integrating a scientific approach. The research used a one-group pretest-posttest experimental design with 11 students over three sessions. The Wilcoxon test results showed significant differences between the pretest and posttest (understanding 0.003 < 0.05; process skills 0.003 < 0.05). The N-Gain test revealed a 73.1% increase in IPAS understanding and a 57.15% improvement in process skills. In conclusion, this model is effective in significantly enhancing student learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alhamdani, M. H. Y., Fakhriyah, F., & Masfuah, S. (2024). Pengaruh model pembelajaran problem based learning berbasis media aplikasi mabar air terhadap kemampuan literasi sains siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 11(4).

Ananda, S. D., Khamdun, K., & Masfuah, S. (2024). A Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V. P2M STKIP Siliwangi, 11(2), 76-83.

Andrini, D., et al. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Visual terhadap Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan Inovasi, 15(2), 45-58.

Ardiyanti, T. (2018). Peningkatan hasil belajar siswa kelas v mata pelajaran ipa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe nht. Publikasi Pendidikan, 8(2).

Arimbi, K., Siswono, T., & Ramdhani, S. (2023). Pengembangan big komik tematik integratif untuk meningkatkan kreativitas dan karakter gotong royong materi sifat sifat cahaya bagi siswa kelas 4. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(1), 18-33.

Arum, L. N., Fakhriyah, F., & Hilyana, F. S. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2954-2960.

Azhar, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Budiarti, I., & Haryanto. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(3), 112-124.

Ditriguna, I. (2023). Media komik digital dengan aplikasi comic life untuk meningkatkan literasi sains kelas vi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(3), 416-424.

Farahtika, A. (2021). Penggunaan Komik Digital untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 7(1), 23-34.

Freeman, S., et al. (2014). Active Learning Increases Student Performance in Science, Engineering, and Mathematics. Proceedings of the National Academy of Sciences, 111(23), 8410-8415.

Hake, R. R. (1998). Interactive Engagement Versus Traditional Methods: A Six-Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal of Physics, 66(1), 64-74.

Hanif, S., Wijaya, A., & Winarno, N. (2019). Enhancing students’ creativity through stem project-based learning. Journal of Science Learning , 2(2), 50.

Hilyana, F. S., & Ermawati, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Menggunakan Model Inkuiri Berbantuan Media Smart Box Kelas IV SD. Future Academia: The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, 2(3), 307-314.

Hurit, A., & Wati, M. (2020). Meningkatkan hasil belajar ipa menggunakan metode eksperimen pada siswa kelas iv sekolah dasar. Musamus Journal of Primary Education, 85-90.

Ismail, M. (2008). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Jubaedah, D. (2020). Efektivitas Model Project Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 78-89.

Kendek, I. (2023). Study literatur: pengaruh implementasi media pembelajaran berbasis komik pada mata pelajaran kimia. Arfak Chem Chemistry Education Journal, 6(1), 495-502.

Kompri. (2015). Profesionalisme Guru dan Implementasi Kurikulum. Bandung: Alfabeta.

Kurniawan, F., & Hardini, A. (2020). Meta-analisis pengaruh media komik dalam meningkatkan hasil belajar. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4).

Mansur. (2009). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Marlita, I. N., Masfuah, S., & Riswari, L. A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Melalui Model Pembelajaran TGT Berbasis Media FTB. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(4), 1646-1660.

Muhaimin, M., Ni’mah, N., & Listryanto, D. (2023). Peranan media pembelajaran komik terhadap kemampuan membaca siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(1), 399-405.

Naila, N., Winarti, A., & Mahdian, M. (2022). Pengembangan media pembelajaran komik kimia bermuatan literasi sains untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan komunikasi peserta didik. Quantum Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 13(1), 1.

Nata, I., & Sujana, I. (2021). Efektivitas model project based learning berbasis tri kaya parisudha dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan IPS siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 4(2), 251-259.

Nisak, H., Masfuah, S., & Hilyana, F. S. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping Berbantuan Media VINTAMI. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1758-1767.

Oktaviana, M., & Ramadhani, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran ipa berbasis komik digital untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 48-56.

Panglipur, I. R., et al. (2023). Penggunaan Media Komik Linet dalam Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Project Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(4), 89-102.

Pare, M. (2024). Meningkatkan kemampuan numerasi melalui model pembelajaran berbasis proyek pada siswa kelas v di sdi wogo. Polinomial Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 161-166.

Prasetyo, A. (2023). Pengaruh Media Visual terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Edukasi Inovatif, 6(1), 15-27.

Pratiwi, N., Haryanto, H., & Hastuti, W. (2021). The effect of pjbl model toward pgsd student’s ability in conducting research of natural science. Jurnal Prima Edukasia, 9(2).

Puspitorini, R., Prodjosantoso, A., Subali, B., & Jumadi, J. (2014). Penggunaan media komik dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif dan afektif. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3).

Putri, E. (2023). Penerapan model pembelajaran kontekstual melalui video pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar ipas. JPPII, 13(3), 126-131.

Ramdhani, S., Magfirah, N., & Hambali, H. (2020). Pengaruh penggunaan media komik terhadap hasil belajar siswa pada materi virus kelas x di sma negeri 2 gowa. Jurnal Binomial, 3(1), 15-25.

Robert, T. (2008). Project-Based Learning for the 21st Century: Skills for the Future. The Clearing House: A Journal of Educational Strategies, Issues and Ideas, 82(2), 39-43.

Safitri, I., Sujana, A., & Aeni, A. (2023). Pengembangan barcodi (barcode comic digital) berorientasi penguasaan konsep siswa sekolah dasar pada materi fotosintesis. Lectura Jurnal Pendidikan, 14(1), 111-125.

Ulfa, T. D., & Muhammadi. (2022). Penerapan Project Based Learning dalam Pembelajaran Seni Rupa dengan Materi Komik Sederhana. Jurnal Seni dan Desain, 10(2), 56-67.

Wahyuni, S. (2021). Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa melalui Model Project Based Learning pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains , 9(3), 101-112.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. (2020). Pentingnya media dalam pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar di sekolah dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23-27.

Wahyuningtyas, S., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2022). Efektifitas video kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tatap muka terbatas. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(3), 521-530.

Wati, N. K. (2024). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Media Komik untuk Meningkatkan Keterlibatan Siswa dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Inovatif , Vol. 18(1), 22-35.

Wulan, I., Suprapto, P., & Kamil, P. (2020). Belajar virus dengan komik: pengaruhnya terhadap motivasi dan hasil belajar (studi eksperimen di kelas x man tasikmalaya tahun ajaran 2019/2020). Bioedusiana Jurnal Pendidikan Biologi , 5(2), 70-83.

Downloads

Published

2025-03-09