PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PADA MATERI BANGUN DATAR BERBASIS INKUIRI TERBIMBING KELAS IV SD

Authors

  • Arya Dena Fieter Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Jayanti PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang

Keywords:

LKPD, Bangun Datar dan Inkuiri Terbimbing

Abstract

Penelitian ini merupakan Reaserch and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE, yang bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Inkuiri Terbimbing pada pembelajaran Matematika kelas IV SD serta dapat mengetahui sebagaimana Kevalidan, Kepraktisan dan Keefektifan dari LKPD yang telah dikembangkan. Pengumpulan data menggunakan Wawancara, Angket, Tes dan Dokumentasi. Nilai Kevalidan dari hasil ahli media, diperoleh rata-rata sebesar 86,22 dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis inkuiri Terbimbing pada pembelajaran kelas IV SD termasuk dalam kategori sangat valid atau layak. Nilai Kepraktisan dari hasil angket respon peserta didik, diperoleh rata-rata sebesar 86,66 dapat disimpulkan bahwa kelayakan LKPD berbasis inkuiri Terbimbing pada pembelajaran kelas IV SD termasuk dalam kategori sangat praktis atau layak. Nilai Keefektifan dari hasil belajar, diperoleh rata-rata sebesar 95,83 dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis inkuiri Terbimbing pada pembelajaran kelas IV SD termasuk dalam kategori sangat efektif atau layak.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aprilianti, P. P., & Astuti, D. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis Stem Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar SMP Kelas VIII. (JPMI) Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 691-702.

Dwisari, B., Lubis, P. H., & Noviati, N. PENGEMBANGAN LKPD PADA MATERI BANGUN RUANG BERBASIS INKUIRI TERBIMBING KELAS VI SD NEGERI BANGUN SARI. JS (JURNAL SEKOLAH), 6(1), 85-90.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman , 129-150.

Miftah, M., Mahnun, N., Kulsum, S., Husnul, S., Budiyono, B., Hakim, L., Wahyuni, I., Susanti, & Zulfiana, A. [2018]. Jenis-jenis Media dalam Pembelajaran. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 37(1), 27– 35.http://eprints.umsida.ac.id/3723/%0Ahtt p://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/ji samar/article/view/181

Muliani, N. K., & Md, W. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar , 109.

Permata, I. D., Roza, Y., & Maimunah. (2021). Analisis Kesesuian Antara LKPD Dengan Model Pembelajaran. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran , 764-773.

Rayanti, N., Ichiana, N. N., & Hasan, R. (2022). Analysis Of Student Worksheets (LKPD) Mathematics Class X. Alauddin Journal Of Mathematics Education , 13-20.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2023-08-03