PENGARUH MEDIA DIGITAL QREATIF.ID TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 76 PALEMBANG

Penelitian Kuantitatif

Authors

  • Dhea Puspita Sari Penulis artikel memiliki afilasi dengan Universitas Pgri Palembang
  • Jayanti Universitas PGRI Palembang
  • David Budi Irawan Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i02.25995

Keywords:

Hasil Belajar, Media Digital, Qreatif.id

Abstract

Media digital adalah media yang digunakan sebagai alat untuk menerima dan menyampaikan informasi melalui platform digital, terkait dengan perangkat internet dan setara dengan penggunaan teknologi di dalamnya. Dalam penelitian ini lebih memfokuskan media digital qreatif.id yang mana media digital ini merupakan sebuah platform yang menyediakan macam-macam materi pembelajaran yang membuat proses pembelajaran menjadi lebih interaktif, berkualitas, dan mudah diakses dari berbagai perangkat digital. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 76 Palembang yang diajar dengan menggunakan media digital qreatif.id. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Quasi Eksperimen Design dengan jenis Nonequivalent Control Design. Tes terdiri dari 20 soal yang berbentuk pilihan ganda. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen merupakan kelas dengan pembelajarannya menggunakan media digital qreatif.id, dan kelas kontrol merupakan kelas dengan pembelajarannya tanpa menggunakan media digital qreatif.id. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes dan dokumentasi serta untuk analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa media digital qreatif.id berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika materi bangun datar segiempat pada kelas IV SD Negeri 76 Palembang. Pengaruhnya dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis yang peroleh thitung = 4.070 > ttabel = 2,008, maka Ho dinyatakan ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Inafazri, S. A., & Formen, A. (2024). Pengaruh Permainan Edukasi Digital " Qreatif Edukatif " Terhadap Perkembangan Kemampuan Berhitung pada Anak Usia 4-5 Tahun. 5.

Jayanti, dkk. 2024. Designing PISA-based numeracy problem on shape and space using Palembang tourism during Covid-19 context. AIP Conf. Proc. 3052, 020040 (2024). https://doi.org/10.1063/5.0201035

Jayanti, M. P., Zulkardi, M. I., Putri, R. I. I., & Hartono, Y. (2023). Numerasi pembelajaran matematika SD berbasis E-Learning. Bening Media Publishing.

J Jayanti, Z Zulkardi, RII Putri, Y Hartono. (2023) INOMATIKA 5 (2), 181-199. Designing Numeracy Assisted E-Learning Using Palembang Tourism Context during the Covid-19 For Pre-Service Primary School Teachers.. Jurnal INOMATIKA Sinta 3. Link. https://inomatika.unmuhbabel.ac.id/index.php/inomatika/article/view/405. DOI: https://doi.org/10.35438/inomatika.v5i2.405 Jayanti dan Marhamah. Learning Number Based Theory on Edmodo Using the Context PMRI of the Palembang PGRI Building and Apam Cake . Link: https://www.atlantis- press.com/proceedings/sule-ic-20/125950316 Volume Title: Proceedings of the 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020). Publication Date: 2 January 2021, ISBN: 978-94-6239-313-4, ISSN: 2352-5398. DOI: 10.2991/assehr.k.201230.166

Jumroh dan Jayanti. Development of Edmodo e-module Assisted Statistics Teaching Materials For Public Senior High School Students. vol 513 Online 2 Januari 2021

ISBN: 978-94-6239-313-4, ISSN: 2352-5398. Proceedings Of The 4th Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2020) Penerbit Atlantis Press DOI: http://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.170. Corresponding Author : Jayanti. email: jayanti2hr@gmail.com

Jayanti, 2021. The numeration with lesson study assisted by E-learning Merdeka campus of COVID-19 contexts at primary school teachers Universitas PGRI Palembang . Proseding Scopus AIP Q3 publish 27 OCTOBER 2021. AIP Conference Proceedings 2438, 020004 (2021). https://doi.org/10.1063/5.0071589, Link: https://pubs.aip.org/aip/acp/article-abstract/2438/1/020004/692356/The- numeration-with-lesson-study-assisted-by-E?redirectedFrom=fulltext. DOI: https://doi.org/10.1063/5.0071589

Jayanti, 2021. The implementation numeration learning using Covid-19 context assisted e-learning primary school teacher. Publish 29 DECEMBER 2022, AIP Conference Proceedings 2468, 070048 (2022) https://doi.org/10.1063/5.0103602. link: https://pubs.aip.org/aip/acp/article-abstract/2468/1/070048/2825456/The-implementation-numeration-learning-using-Covid?redirectedFrom=fulltext. DOI: https://doi.org/10.1063/5.0103602

Jayanti. Designing PISA-Based Numeracy Problem on Shape and Space Using Palembang Tourism During Covid-19 Context. IP Conf. Proc. 3052, 020040 (2024) https://doi.org/10.1063/5.0201035. 22 April 2024. https://pubs.aip.org/aip/acp/article-abstract/3052/1/020040/3284435/Designing-PISA-based-numeracy-problem-on-shape-and?redirectedFrom=fulltext.

Munifah, M., Jayanti, J., & Suryani, I. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Alat Hitung terhadap Hasil Belajar Siswa SD Negeri 92 Palembang. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 3396-3402.

Nurhayati, O, Andriani, SR, Azzahra, MR, & ... (2024). Analisis Game Edukasi Digital “Bumi Kita dalam Tata Surya” pada Website qreatif. id untuk Menciptakan Joyfull Learning pada Pembelajaran IPAS kelas 6 SD. Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Somo, S., & Kiptiyah, S. M. (2024). Efektivitas Model Pictorial Riddle Berbantuan Aplikasi Qreatif terhadap Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas III SDN Wonosari 01. FONDATIA, 8(3), 652-669.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan . Bandung : CV. ALFABETA.

Tri, T., Jayanti, J., & Suryani, I. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Atraktif Roda Pintar Terhadap Hasil Belajar Siswa kelas IV SD. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 7 (2), 147-156.

Downloads

Published

2025-06-06