LEARNING OBSTACLE PADA MATERI HUBUNGAN ANTAR GARIS PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 6 RAMBANG

Authors

  • Selvi Angraini Putri Universitas PGRI Palembang
  • Nyiayu Fahriza Fuadiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11011

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya Learning Obstacle pada materi hubungan antar garis yang dialami siswa kelas IV di SD Negeri 6 Rambang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriprif  dan diidentifikasi dengan melalui tahap prosfektif yang ada pada Didactial Design Resarch. Instrumen berupa tes diagnostik learning obstacle, analisis materi, analisis bahan ajar, analisis RPP dan analisis wawancara dengan guru kelas dan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 6 Rambang yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian ini ditemukan hambatan belajar yang dikategorikan menjadi 3 jenis yaitu ontogenic obstacle, didactical obstacle, dan epistemological obstacle. Jenis learning obstacle yang dialami oleh siswa yaitu ontogenic obstacle terkait kurangnya penguasaan konsep dasar materi, didactical obstacle terkait perangkat pembelajaran yang digunakan oleh guru, dan epistemological obstacle yakni keterbatasan konteks pemahaman yang dimiliki siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dani, F. F., & Badarudin.(2022). Analisis Learning Obstacle Siswa Pada Materi Luas Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang Di Kelas IV. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 203-205.

Faizin, M. (2019). Analisis Learning Obstacle siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari kemampuan awal siswa. (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya), 1-3.

Fatona, F. H., Hartono, Y., & Surmilasari, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Inovasi Matematika (Inomatika).

Fuadiah, N. F. (2021). Theory Of Didactial Situation (TDS), Kajian Karakteristik dan Penerapannya dalam pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 161.

Puspitasari, M., Fuadiah, N. F., & Murjainah. (2021). Desain Didaktis Konsep Bangun Ruang untuk Kelas V Sekolah Dasar. Journal Of Mathematics Science and Education, 6.

Riyani, B. M., Fuadiah, N. F., & Murjainah. (2022). Desain Didaktis Materi Pengukuran Satuan Panjang Kelas IV Sekolah Dasar. Journal Of Social Science Research, 253.

Rohmah, S. K. (2019). Analisis Learning Obstacles Siswa pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sunan Gunung Djati.

Septiana, R. (2021). Hypothetical Learning Trajectory Berorientasi Asesmen Kompetensi Minimum Pada Pembelajaran Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Didaktis Indonesia, 84.

Suryadi, D. (2019). MONOGRAF 2 Didactial Design Research (DDR). Bandung: Gapura Press.

Wandini, R. R. (2019). Pembelajaran Matematika untuk calon Guru MI/SD. Medan: CV. Widya Puspita.

Yanti, N., Septiati, E., & Fuadiah, N. F. (2022). Analisis Learning Obstacle Pembelajaran Luas Belah Ketupat untuk kelas VII SMP. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 54.

Yenni, R. F., & Malalina.(2021). Desain Pembelajaran Materi Hubungan Antar Garis yang mendukung Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 61.

Downloads

Published

2023-11-24