TINGKAT KOMPENSI LITERASI DAN NUMERASI BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT TOPIK KONSERVASI TANAMAN HERBAL DI SD

Authors

  • Revina Enjelika Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ghullam Hamdu Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9161

Keywords:

Kata Kunci: Literasi dan Numerasi, ESD, Konservasi tanaman herbal

Abstract

Kemampuan literasi dan numerasi sangat penting dimiliki oleh peserta didik dalam rangka mempersiapkan mereka untuk menjalani kehidupan bermasyarakat di era serba digital saat ini, dan untuk melatih mereka menyikapi berbagai permasalahan yang ditemui dalam kehidupan sehari-hari dengan cara berpikir kritis dalam menentukan keputusan untuk menyelesaikan suatu permasalahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kompetensi literasi numerasi berbasis ESD (Education for Sustainable Development) topik konservasi tanaman herbal di SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dan subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan siswa SD Negeri 2 Manonjaya. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara, studi dokumentasi, dan test. Saat ini, soal tes yang dibuat dan dikembangkan guru di sekolah dasar masih belum dapat mengukur kompetensi literasi dan numerasi, karena soal yang dibuat cenderung masih mengukur kemampuan siswa tingkat rendah (LOTS) dan masih belum berbasis ESD, dalam hal ini peneliti mengambil topik konservasi tanaman herbal sebagai salah satu bagian dari realisasi konsep ESD. Hasil tes didapatkan melalui kegiatan mengisi soal tes literasi dan numerasi berbasis ESD topik konservasi tanaman herbal, kemudian dilakukan dianalisis melalui pemodelan Rasch yaitu melalui person measure berdasarkan perbandingan nilai standar deviasi dan dan nilai logit menunjukkan bahwa abilitas peserta didik dan kompetensi literasi dan numerasi berbasis ESD dengan topik konservasi tanaman herbal di SD masih rendah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Didham, R. J., & Ofei-Manu, P. (2020). Adaptive capacity as an educational goal to advance policy for integrating DRR into quality education for sustainable development. International Journal of Disaster Risk Reduction, 47(April), 101631. https://doi.org/10.1016/j.ijdrr.2020.101631.

Hassan, S. R., Rosli, R., & Zakaria, E. (2016). The Use of i-Think Map and Questioning to Promote Higher-Order Thinking Skills in Mathematics. Creative Education, 07(07), 1069–1078. https://doi.org/10.4236/ce.2016.77111.

Kemendikbud. (2021). Modul Literasi Numerasi di Sekolah Dasar. Jakarta: DIREKTORAT Sekolah Dasar.

Rosyidi, D. (2020). Teknik dan Instrumen Asesmen Ranah Kognitif. Tasyri` : Jurnal Tarbiyah-Syari`ah-Islamiyah, 27(1), 1–13. https://doi.org/10.52166/tasyri.v27i1.79

Sari, F. F. K., & Atmojo, I. R. W. (2021). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Digital Berbasis Flipbook untuk Memberdayakan Keterampilan Abad 21 Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6079–6085. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1715.

Segers, M., Martens, R., & Bossche, P. Van den. (2018). Understanding how a case-based assessment instrument influences student teachers’ learning approaches. Teaching and Teacher Education, 4(3). https://doi.org/10.1016/j.tate.2008.02.022.

Sukmadinata, N. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2015). Penilaian Pendidikan dan Ujian. AplikAsi RascH PemodelAn Pada Assessment Pendidikan, 1–4.

Ulfa, U., Saptaningrum, E., & Kurniawan, A. F. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Terhadap Penguasaan Literasi Sains Siswa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 2(2), 257. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16408.

UNESCO. (2017). Education For Sustainable Development Goals: Learning Objectivies. UNESCO Publishing.

Widhiyani, I. A. N. T., Sukajaya, I. N., & Suweken, G. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Untuk Pengkategorian Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa Smp. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 8(2), 68–77. https://doi.org/10.23887/jppm.v8i2.2854.

Downloads

Published

2023-08-07