PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS IPAS SISWA SD KELAS IV

Authors

  • Meilina Rahmawati Universitas PGRI Madiun
  • Sri Budyartati PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Maya Kartika Sari PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.9085

Keywords:

Model Pembelajaran PBL, HOTS, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif, menggunakan desain quasi-eksperimental. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap keterampilan higher order thinking skills IPAS Siswa SD Kelas IV. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Kelurahan Winongo yaitu SDN Winongo 1 dan SD Winongo 2. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari siswa kelas IV SDN 01 Winongo. Kelas IVA sebagai kelompok eksperimen, sedangkan Kelas IVB sebagai kelompok kontrol yang setiap kelas terdiri dari 20 siswa. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan rata - rata nilai kelas eksperimen 86,40 rata - rata nilai kelas kontrol 66,00. Hasil uji hipotesis menunjukkan hasil analisis t-test diperoleh nilai sign-2 tailed sebesar 0,000 yang berarti nilai tersebut kurang dari 0,05 yang diartikan jika sign < 0,005 . maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan HOTS siswa dalam pembelajaran IPAS kelas IV SD.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyana, Y., Ari Pudjiastuti Mpd Reisky Bestary, M., & Zamroni, Mp. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan .

Arnyana, I. B. Putu. (2019). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking Dan Creative Thinking) Untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan Ipa Universitas Pgri Banyuwangi .

Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Kognitif IPA Pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1509–1517. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i3.968

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif Dan Mixed Method ). Hq Kuningan.

Kurniasari, R., Koeshandayanto, S., & Akbar, Dun. (2020). Perbedaan Higher Order Thinking Skills Pada Model Problem Based Learning Dan Model Konvensional. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5, 170–174. Http://Journal.Um.Ac.Id/Index.Php/Jptpp/

Lu, K., Yang, H. H., Shi, Y., & Wang, X. (2021). Examining The Key Influencing Factors On College Students’ Higher-Order Thinking Skills In The Smart Classroom Environment. International Journal Of Educational Technology In Higher Education, 18(1), 2–13. Https://Doi.Org/10.1186/S41239-020-00238-7

Masduriah, H. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Pbl Terhadap Keterampilan HOTS Siswa Sd. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar . Http://Prosiding.Unipma.Ac.Id/Index.Php/Kid

Nofziarni, A., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2016–2024. Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu

Https://Jbasic.Org/Index.Php/Basicedu

Pia, N., Masnur, & Elihami. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills (Hots) 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 72–89.

Putu Manik Sugiari Saraswati, G. N. S. A. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.23887/Jisd.V4i2.25336

Singh, C. K. S., & Marappan, P. (2020). A Review Of Research On The Importance Of Higher Order Thinking Skills (Hots) In Teaching English Language. In Journal Of Critical Reviews (Vol. 7, Issue 8, Pp. 740–747). Innovare Academics Sciences Pvt. Ltd. Https://Doi.Org/10.31838/Jcr.07.08.161

Taubah, M. (2019). Penilaian Hots Dan Penerapannya Di SD/MI. Elementary , 7(2), 197–214. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.21043/Elementary.V7i2.6368

Downloads

Published

2023-07-18