IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PJBL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VI MATERI SISTEM TATA SURYA TEMA 9

Authors

  • Aris Triani Universitas Muhammadiyah Malang
  • Tyas Deviana PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
  • Arisita Widuri SDN Kepatihan 1 Tulungagung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8846

Keywords:

PJBL, tata surya, minat belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa kelas VI dengan mengunakan model PJBL pada materi tata surya di SDN Kepatihan I Kabupaten Tulungagung. Instrumen yang digunakan untuk mengunpulkan data adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran (aktifitas guru), lembar observasi aktifitas siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar pada tiap siklus. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, sementara analisis kualitatif digunakan untuk mengetahui hasil observasi aktifitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media berbasis teknologi dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas VI SDN Kepatihan I Kabupaten Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 64,51% dan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 96,77%. Aktifitas siswa dalam proses pembelajaran juga mengalami peningkatan, meskipun berdasarkan lembar aktivitas siswa pada siklus I masih dirasakan beberapa kendala namun pada siklus II menunjukan adanya peningkatan secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, & Tyasmiarni Citrawati. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277

Kartianom Kartianom and Djemari Mardapi, “The Utilization of Junior High School Mathematics National Examination Data: Conceptual Error Diagnosis,” REiD (Research and Evaluation in Education) 3, no.2 (2018).

Kemendikbud. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Kemendikbud

Kusniati, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Respon Dan Hasil Belajar Mengenal Rasul-Rasul Allah. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 1(1), 64–71. https://doi.org/10.47387/jira.v1i1.25 OECD. (2018). Pisa 2018 Results : What Students Know And Can Do: Vol. I

Pangestu, M. S., Sulistiani, I. R., & Zakaria, Z. (2021). Pengaruh Kemnadirian Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V -B MI Bustanul Ulum Batu. Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 116–177.Cherly Ana Safira, Agung Setyawan, & Tyasmiarni Citrawati. (2020). Identifikasi Permasalahan Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas III SDN Buluh 3 Socah. Jurnal Pendidikan Mipa, 10(1), 23–29. https://doi.org/10.37630/jpm.v10i1.277

Primayana, K. H., Lasmawan, W. I., & Adnyana, P. B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Minat Outdoor Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 9(2), 72–79. http://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_ipa/index

Sanita, R., & Anugraheni, I. (2020). Meta Analisis Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3), 567. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2949

Sunita, N. W., Mahendra, E., & Lesdyantari, E. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Widyadari, 20(1), 127–145.

Zaeriyah, S. (2022). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Project Based Learning (PjBL) melalui Media Vlog Materi Senam Aerobik. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(1), 40–46. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i1.291

Downloads

Published

2023-07-09