PENGEMBANGAN MEDIA KOTAK AJAIB PADA PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS NARASI SISWA DI KELAS 4 SEKOLAH DASAR

Authors

  • Milke Audina Chandra Universitas Muhammadiyah Malang
  • Innany Mukhlishina PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8781

Keywords:

pengembangan, media, kotak, ajaib, membaca, teks, narasi

Abstract

Media merupakan alat bantu guru untuk menyampaikan materi. Oleh karena itu media merupakan salah satu unsur penting yang digunakan untuk membantu guru menyampaikan materi yang diajarkan pada saat pembelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini yaitu menghasilkan produk media kotak ajaib yang layak digunakan untuk meningkatkan minat baca siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Metode yang digunakan adalah eksperimen. Model penelitian yang digunakan adalah model Addie dari Dick dan Carey. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu triangulasi. Hasil penelitian validasi ahli materi dan validasi ahli media menyatakan bahwa media kotak ajaib sudah layak pakai dan tidak perlu revisi. Nilai yang diperoleh dari validasi ahli materi yaitu sebesar 90% dan validasi ahli media mendapatkan nilai sebesar 92%. Media kotak ajaib dinyatakan layak dengan mendapatkan kategori sangat baik digunakan dan diimplementasikan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD dengan materi teks narasi. Hasil dari dari respon siswa terhadap media kotak ajaib termasuk kedalam kategori sangat baik dengan nilai sebesar 95%. Oleh karena itu media kotak ajaib ini dapat meningkatkan minat baca siswa dan memberikan motivasi belajar kepada siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra. Jurnal PAUD 3, 3(1), 35–44.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003.

Arifin, Z. (2020). Metedologi Penelitian Pengembangan. Al-Himah Way Kanan, 1(1), 1–5.

BP, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Hanum, U. L., Masturi, & Khamdun. (2022). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Desa Bandungrejo Kaliyamatan Jepara. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(8), 2443–2450.

Hidayat, F. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–37.

Morissan. (2017). Metode Penelitian Survey. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Saputro, K. A., Sari, C. K., & Winarsi, S. (2021). Peningkatan Keterampilan Membaca Dengan Menggunakan Media Audio Visual di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 1910–1917.

Sari, A. P. P., Amin, M., & Lukiati, B. (2017). Buku Ajar Bioteknologi Berbasis Bioinformatika Dengan Model ADDIE. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(6), 768–772.

Solahudin, D., Misdalina, & Noviati. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri Tanjung Logo. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1404–1409.

Syamsiani. (2022). Transformasi Media Pembelajaran Sebagai Penyalur Pesan. Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa dan Pendidikan, 2(3), 35–44.

Yulistanti, D. K. (2022). Pengembangan Media Gambar Berseri Tema 4 Subtema 1 Materi Unsur Intrinsik Pada Cerita Anak. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(2), 63–70.

Downloads

Published

2023-07-09