PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING

Authors

  • Nanda Amilia Dwi Choirun Nisak Universitas Muhammadiyah Malang
  • Innany Mukhlishina Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10341

Keywords:

Hasil Belajar, Materi Jaring-Jaring Kubus dan Balok, Model PjBL

Abstract

Latar belakang penelitian ini disebabkan oleh adanya kesulitan yang dihadapi siswa saat menentukan jaring-jaring kubus dan balok. Siswa belum memiliki pengalaman dalam pembuatan jaring-jaring dan belum memahami proses memperoleh jaring-jaring dengan benar. Akibat kesulitan tersebut, siswa hanya memahami materi secara abstrak sehingga menyebabkan hasil belajar rendah. Tujuan penelitian ini yaitu meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IVa SDN Lowokwaru 2 Malang pada materi jaring-jaring kubus dan balok dengan menggunakan model Project Based Learning (PjBL). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemis dan Mc.Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi sebagai teknik non tes dan soal evaluasi sebagai teknik tes. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model PjBL mampu meningkatkan hasiI belajar siswa. Pada pra siklus persentase ketuntasan siswa sebesar 20%, siklus pertama 44%, dan siklus kedua 88%. Persentase tersebut juga menunjukkan bahwa 75% dari seluruh siswa mencapai KKM.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arrafi, Annisa, and Masniladevi. 2020. “Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di SD.” Journal of Basic Education Studies 3(2):750–774.

Azizah, Aninda Nurul, and Naniek Sulistya Wardani. 2019. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Project Based Learning Siswa Kelas V SD.” Jartika 2(1):194–204.

Azizah, Nur. 2021. “Analisis Pemahaman Konsep Dan Implementasi Matematika Pada Pembelajaran Daring Di SD Negeri Lolong.” Jurnal Kualita Pendidikan 2(3):237–242.

Fadhilaturrahmi. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Jaring-Jaring Balok Dan Kubus Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Siswa Kelas IV SDN 05 Air Tawar Barat.” Jurnal Basicedu 1(1):1–9.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Marni, Yulia, and Desyandri. 2022. “Pengembangan Media Poliomino Pada Pembelajaran Jaring-Jaring Kubus Dan Balok Melalui Project Based Learning Di SD.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri 8(2):2421–2430.

Nurfitriyani, Maya. 2016. “Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” Jurnal Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 6(2):149–160.

Pradana, Diemas Bagas Panca, and Rina Harimurti. 2017. “Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom Pada Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa.” IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education 2(1):59–67.

Rahman, Sunarti. 2021. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” (November):289–302.

Sayfullah, Hasan, Indra Nanda, Rahmadanni Pohan, Devi Suci Windariyah, Fakhrurrazi, Khermarinah, and Syibran Mulasi. 2021. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Suwartini, Yurita Okti, Mohamad Yasin, and Umi Machbubah. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 5 Mata Pelajaran Matematika Jaring-Jaring Bangun Ruang Kubus Dan Balok Menggunakan Model PJBL Di SD Negeri Grati 02 Kabupaten Lumajang.” Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8(1):3258–3267.

Syarifah, Lailatus, Iis Holisin, and Shoffan Shoffa. 2021. “Meta Analisis: Model Pembelajaran Project Based Learning.” Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika 14(2):256–272.

Utami, Widya, Fauzi, and Ahadin. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Project Based Learning Pada Materi Jaring-Jaring Bangun Ruang Di Kelas V SDN Lamsayuen Aceh Besar.” Elementary Education Research (EER) 8(1):9–15.

Yustika, Gebi, and Erlina Prihatnani. 2019. “Peningkatan Hasil Dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui NHT.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 3(2):481–493. doi: 10.31004/cendekia.v3i2.136.

Downloads

Published

2023-11-02