PENGARUH MEDIA POWTOON BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8606Keywords:
Problem Based Learning, Media Powtoon, Soal MatematikaAbstract
Penggunaan media pembelajaran yang tepat dan menarik, dapat menumbuhkan semangat belajar khususnya pada pelajaran matematika. Berdasarkan hasil observasi, banyak siswa yang belum bisa memahami materi matematika yaitu pada materi keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga. Siswa merasa kesulitan ketika mereka diberi soal yang lebih kompleks atau soal cerita. Banyak siswa yang mengetahui rumus keliling dan luas persegi, persegi panjang, dan segitiga, akan tetapi mereka kebingungan ketika diberikan suatu masalah matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh media powtoon berbasis problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ada uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Untuk uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis didapatkan bahwa t tabel = 1,72913 dan t hitung = 2,49398278 . Karena t tabel = 1,72913 < t hitung = 2,49398278 , maka Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh media powtoon berbasis problem based learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD.Downloads
References
Ekayani, Putu. (2017). Pentingnya Penggunaan Media. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.
Fitriyani, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Powtoon Tentang Konsep Diri Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 104–114.
Isnaini, L. kusuma, Indiati, I., & Sugiyanti. (2019). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Terhadap Hasil Belajar Siswa Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis (Issue 4).
Lestari, D. D., Ansori, I., & Karyadi, B. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53
Lestari, N. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif.
Mushawwir, M. A. (2015). Studi Tentang Keterampilan Guru Dalam Melaksanakan Apersepsi Pada Pembelajaran Ppkn Di Smp Negeri 1 Dan Smp Negeri 2 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Nauli Izati, S., Sugiyarti, M., Profesi Guru-Universitas Kristen Satya Wacana, P., Negeri Salatiga, S., & Tengah, J. (2018). Project Based Learning Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1).
Rosidah, C. T. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Menumbuhkembangkan Higher Order Thinking Skill Siswa Sekolah Dasar. Journal Inventa, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.36456/inventa.2.1.a1627
Shantha Nair, S., Smritika, S. P., & Thomas, K. A. (2020). Revitalizing Education through Problem based Learning Practices. Shanlax International Journal of Education, 9(1), 109–117. https://doi.org/10.34293/ education.v9i1.3436
Solomon, P. (2005). Problem-based learning: A review of current issues relevant to physiotherapy education. In Physiotherapy Theory and Practice (Vol. 21, Issue 1, pp. 37–49). https://doi.org/10.1080/ 09593980590911499
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D (19th ed.). Penerbit Alfabeta.
Supriyati, I. (2020). Penerapan Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Pada Siswa Kelas VIII MTsN 4 Palu. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 5(1), 104–115.
Udeani, U., & Adeyemo, S. A. (2011). The Relationship among Teachers’ Problem Solving Abilities, Student’s Learning Styles and Students’ Achievement in Biology. www.soeagra.com/ijert.htm
Wang, Y., & Chiew, V. (2010). On the cognitive process of human problem solving. Cognitive Systems Research, 11(1), 81–92. https://doi.org/10.1016/j. cogsys2008.08.003
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.