INTEGRASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL UNTUK MENINGKATKAN LITERASI MATEMATIS SISWA

Authors

  • Ryan Aldiyansah PGSD Universitas PGRI Madiun
  • Rissa Prima Kurniawati PGSD Universitas PGRI Madiun
  • Nur Hadi SDN Margomulyo 2

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18880

Keywords:

PBL, TaRL, Literasi Matematis

Abstract

Rendahnya literasi matematis siswa kelas IV SD Negeri Margomulyo 2 disebabkan oleh berbagai faktor yang saling berkaitan. Salah satu faktor utama adalah metode pembelajaran yang kurang variatif dan cenderung fokus pada hafalan konsep daripada pemahaman mendalam dan penerapan praktis. Banyak guru yang masih menggunakan pendekatan tradisional yang berpusat pada guru, di mana siswa lebih banyak menerima informasi secara pasif tanpa dilibatkan secara aktif dalam proses berpikir kritis dan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan literasi matematis siswa dengan mengintegrasikan model Problem Based Learning dengan pendekatan Teaching at The Right Level. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas yang biasa disebut dengan PTK. Instrumen yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen observasi dan instrumen tes. Hasil dari penelitian siklus 1 dengan rata-rata skor kemampuan literasi matematis siswa adalah 46,54 mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 66,92. Sedangkan, persentase ketuntasan klasikal siklus 1 hanya mencapai 23,08% (13 siswa mendapat nilai ≥ 70) juga mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 61,54% (21 siswa mendapat nilai ≥ 70).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, B. A., Imswatama, A., & Setiani, A. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.36277/defermat.v3i1.46

Arahmah, F., Banindra Yudha, C., & Ulfa, D. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi pada Matematika Melalui Metode Student Facilitator and Explaining. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III SEMNARA 2021, 2015, 209–218.

As"ad, M. C., Sulistyarsi, A., & Sukirmawati, J. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar kognitif Siswa kelas X pada Materi Inovasi Teknologi Biologi SMA. EduInovasi: Journal of Basic Educational Studies, 4(1), 76–85. https://doi.org/10.47467/edui.v4i1.4366

Hasibuan, L. H., Jannah, M., Putri, D. M., Annur, L., & Syahadah, N. (2024). Penguatan Literasi Matematika dan Sains melalui Pengelolaan Perpustakaan di Madrasah Tsanawiyah Padang Pariaman. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 9(2), 414–423. https://doi.org/10.30653/jppm.v9i2.749

Huda, N., & Khotimah, N. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Literasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(02), 27–32. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/3528

Hunaepi, Prayogi, S., Samsuri, T., Firdaus, L., Fitriani, H., & Asy’ari, M. (2016). PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DAN TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI GURU DI MTs. NW MERTAKNAO. Lumbung Inovasi, 1(1), 38–40.

Leony Sanga Lamsari. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39.

Lestari, R. D., & Effendi, K. N. S. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Bangun Datar. Biormatika : Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 63–73. https://doi.org/10.35569/biormatika.v8i1.1221

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan TarlModel PBL Dalam Matematika Kelas V SDN Bendan Ngisor. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6), 620–627. https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269

Model, D., Pada, P. B. L., Fpb, M., Kpk, D. A. N., Di, K. V, Fitria, L., Sari, E. F., & Khairunnikmah, Z. F. (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN TEACHING AT THE RIGHT LEARNING ( TARL ). 13(1), 27–34.

Mumpuni, A., Azizah, S., Rahma, S. A., Utami, D., Indah Safitri, N., Aswat Tiana, F., Kartika Putri, D. A., & Aditya Pratama, A. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik di Sekolah Dasar. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 3(01), 8–14. https://doi.org/10.46772/jamu.v3i01.748

Rahma, I. U., & Nursasongko, A. (2024). PENERAPAN MODEL PBL DENGAN PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA KELAS XI-1 SMA N 7 SEMARANG. 786–794.

Waldi, A., Putri, N. M., Indra, I., Ridalfich, V., Mulyani, D., & Mardianti, E. (2022). Peran Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi dan Adaptasi Teknologi Peserta Didik Sekolah Dasar di Sumatera Barat. Journal of Civic Education, 5(3), 284–292. https://doi.org/10.24036/jce.v5i3.725

Wati, I. M., Nofriyadi, R., & Karmelia, N. A. (2022). Efektivitas pembelajaran pbl dan saintifik rme terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika IV (Sandika IV), 4(1), 229–237.

Downloads

Published

2024-10-02