UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AMPLOP MISTERI SISWA KELAS IV SDN MARGOMULYO 2 NGAWI

Authors

  • Asma Asmara Sukma Pendidikan Profesi Guru Universitas PGRI Madiun
  • Rissa Prima Kurniawati PGSD FKIP Universitas PGRI Madiun
  • Nur Hadi SDN Margomulyo 2 Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.18876

Keywords:

Mystery Envelope, Learning Results, Indonesian Language

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa dapat disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan oleh guru. Metode pembelajaran yang monoton dan kurang variatif membuat siswa tidak semangat dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas penggunaan media pembelajaran Amplop Misteri dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SDN Margomulyo 2 Ngawi. Peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Dalam teknik analisa data peneliti menggunakan data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes belajar siswa di setiap akhir pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Margomulyo 2 Ngawi dengan subjek penelitian siswa kelas 4 tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 13 siswa terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan media pembelajaran “Amplop Misteri”. Presentase ketuntasan hasil belajar siswa yaitu pada siklus I yaitu sebesar 75,08% dan siklus II sebesar 92,30%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

All Habsy, Bakhrudin, Jerry Sheva Christian, Syifa’ul Ummah Salsabila Putri M & Unaisah. (2024). Memahami Teori Pembelajaran Kognitif Dan Konstruktivisme Serta Penerapannya. Tsaqofah Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4(1), 314.

Erica, D., Haryanto, H., Rahmawati, M., & Vidada, I. A. (2019). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Pandangan Islam: (The Role Of Parents On Early Children’s Education In Islamic Views). Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(2), 58–66.

Farhrohman, Oman. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sd/Mi. Jurnal Primary, 9(1), 24.

Hidayah, Nurul. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2).

Kurniawan, Machful Indra. (2015). Tri Pusat Pendidikan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4(1), 46.

Muah, Tri . (2016). Penggunaan Modelpembelajaranproblem Based Instruction (Pbi)Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 9b Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015 smp Negeri 2 Tuntang -Semarang. Jurnal Scholaria, 6(1), 47.

Puspitasari, Pipit, Puspita Sari Jaya Putri, Woro Wuryani. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Ikip Siliwangi. Parole Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 229.

Downloads

Published

2024-09-30