PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA MATERI PERPINDAHAN KALOR KELAS V SDN 32 PANGKALPINANG

Authors

  • Dini Audia Regezta Universitas PGRI Palembang
  • Lukman Hakim PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Noviati PGSD FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8601

Keywords:

ADDIE, Media Komik, Kearifan Lokal, Perpindahan Kalor

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik berbasis kearifan lokal pada materi perpindahan kalor kelas V SD yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket dan tes. Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa media komik yang dikembangkan dengan kategori sangat valid berdasarkan lembar angket validasi dari validator yang terdiri dari 3 dosen yang dinilai dari keseluruhan aspek yaitu kegrafikan, isi, dan bahasa dengan persentase yang diperoleh 90,5%. Media komik yang dikembangkan dengan kategori sangat praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan perolehan persentase 91% (one to one) dan 94,4% (small group). Serta media komik yang dikembangkan dengan kategori sangat efektif berdasarkan tes hasil belajar dengan perolehan sebesar 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan media komik berbasis kearifan lokal pada materi perpindahan kalor dinyatakan valid, praktis dan efektif.    Kata Kunci: ADDIE, Media Komik, Kearifan Lokal, Perpindahan Kalor

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arifah, H., & Suryanti. (2020). Pengembangan Media Komik Interaktif dalam Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Dasar. JPGSD, 8 (5), 949 - 961.

Arifah, H., & Suryanti. (2020). Pengembangan Media Komik Interaktif dalam Pembelajaran IPA Materi Perpindahan Kalor di Sekolah Dasar. JPGSD, 8 (05), 949-961.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran (Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Jakarta : KENCANA.

Ningsih, E. W., Kuswidyanarko, A., & Lubis, P. H. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Suhu dan Kalor Kelas V. Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6 (3), 1166 - 1178.

Sadulloh, U., Muharram, A., & Robandi, B. (2021). PEDAGOGIK (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, A., & Lia, L. (2020, April). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Kearifan Lokal Palembang Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11 (1), 37 - 45.

Downloads

Published

2023-07-01