PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN BUKU CERITA BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN LITERASI MEMBACA DAN HASIL BELAJAR DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8297Abstract
Keterampilan literasi membaca di SDN Bringin 02 untuk kelas II masih rendah. Rendahnya keterampilan literasi membaca siswa kelas II menyebabkan hasil belajar siswa juga rendah. Hasil rata-rata nilai siswa kelas II dalam membaca adalah 63. Hal ini terjadi karena siswa tidak gemar dalam membaca. Kurangnya buku yang menarik untuk siswa, kurangnya kreativitas guru dalam pembelajaran menyebabkan siswa bosan untuk membaca. Lemahnya kegiatan literasi membaca, menyebabkan siswa malas untuk membaca sehingga kesulitan dalam menyelesaikan tugas, soal ulangan harian, serta penilaian semester. Tujuan dari penelitian ini adalah menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) berbantuan media buku cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan literasi membaca dan hasil belajar siswa kelas II. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari dua tindakan, setiap tindakan terdapat tiga tahap yaitu look, Think, Act. Penelitian ini melibatkan kelas II yang terdapat 18 siswa. Pada penelitian ini alat pengumpulan data berupa tes evaluasi dan keterampilan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan keterampilan literasi membaca dan hasil belajar siswa karena menggunakan pembelajaran kelompok. Pada tindakan 1 keterampilan literasi membaca 43% sedangkan tindakan II 77%. Hasil belajar siswa pada tindakan 1 yang mendapatkan nilai tuntas sebanyak 56%, setelah dilakukan tindakan II siswa yang mendapatkan nilai tuntas meningkat menjadi 94,4 %.Downloads
References
Aprilentina. (2020). Penggunaan Metode CIRC Pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa. Buana Pendidikan , 173-182.
Devyana Pratiwi, A. N. (2022). Pentingnya Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital di Abad-21. Journal of Biology Education, Science & Technology, 5 (2), 211-216.
Dewa Ayu Kesumadewi, A. A. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 8 (2), 303-314.
Piliandini, Y. (2022). Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Model CIRC pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 6 (5), 8887-8896.
Sampe, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Dengan Menggunakan Buku Berjenjang (Buku Besar). Nubin Smart Journal, 2(1), 50-57.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.