PENGEMBANGAN MEDIA TATAKA (PETA HARTA KARUN) BERMUATAN KEARIFAN LOKAL BLORA TERHADAP PENINGKATAN LITERASI BUDAYA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14275Keywords:
Pengembangan, Media Peta, Kearifan Lokal, Literasi BudayaAbstract
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mendeskripsikan langkah – langkah pengembangan media, kevalidan media, kepraktisan media dan keefketifan media TATAKA (Peta Harta Karun) Bermuatan Kearifan Lokal Blora dalam meningkatkan literasi budaya di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Adapun tahapan penelitian dan pengembangan ini yaitu identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi produk, ujicoba lapangan terbatas, revisi produk. Hasil dari validasi yang dilakukan pada ahli media mendapatkan skor presentase 94% dengan kriteria “sangat tinggi”, sednagkan pada ahli materi dan desain pemelajaran mendapatkan skor presentase 100% dengan kriteria “sangat tinggi”. Hasil kepraktisan berdasarkan penilaian guru mendapatkan skor presentase 92,6% dengan kriteria “sangat baik”, dan berdasarkan penilaian peserta didik mendapatkan skor presentase 81,16% dengan kriteria “ sangat baik”.Hasil keefektifan media terlihat pada hasil uji t test yang menghasilkan nilai sig. sama dengan 0.000 atau lebih kecil dari 0.05,sehingga dapat dinyatakan bahwa ada perubahan nilai literasi budaya semula 73% menjadi 84%.Downloads
References
Buku
Nusa Putra. 2015. Research and Development – Nusa Putra. 1 ed. Jakarta, Rajawali Pers.
Jurnal
Bani, Elza Amalia Salsya. 2021. “Kebudayaan dalam Konsep Pedagogik Berbasis Kearifan Lokal.” 5.
Brata, Ida Bagus. 2016. “KEARIFAN BUDAYA LOKAL PEREKAT IDENTITAS BANGSA.” 05(01).
Kurnia, Dienta Aditama, Murtiningsih, dan Putri Mahanani. 2020. “Media Development of the Map of the Board of Indonesia Map Board for Learning:” dalam Proceedings of the 1 st International Conference on Information Technology and Education (ICITE
. Malang, Indonesia: Atlantis Press.
Lestari, Nana Dian, dan Sri Retno Dwi Ariani. 2014. “PENGARUH PEMBELAJARAN KIMIA MENGGUNAKAN METODE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DILENGKAPI MEDIA ANIMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XI SEMESTER GANJIL SMK SAKTI GEMOLONG TAHUN PELAJARAN 2013/2014.” 3(1).
Muflihin, Ahmad. 2020. “INTERNALISASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL PADA PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.” Al-Fikri: Jurnal Studi dan Penelitian Pendidikan Islam 3(2):21. doi: 10.30659/jspi.v3i2.15532.
Puspitasari, Aditya Dyah, Rachmad Agus Hidayat, dan Ade Cyntia Pritasari. 2021. “MINIATURE MAP OF THE INDONESIAN COLOMINATION PERIOD AS A MEDIUM OF ELEMENTARY LEARNING IN CLASS V THEME 7 SUB THEME.” 1.
Sari, Atikah Trisna, dan Biya Ebi Praheto. 2023. “Pengembangan media peta harta karun untuk pembelajaran membaca pemulaan pada siswa kelas 1 SD Negeri Serut Baru Gunungkidul.”Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an 9(3):241–50. doi: 10.30738/trihayu.v9i3.14555.
Wahid, Yusril, Nuril Nuzulia, dan Moch Bahak Udin Arifin. 2020. “Development of Learning Media for PENA (Puzzle Nusantara) Material for Cultural Diversity to Improve Learning Outcomes for Class IV Students at MIS Al-Falah Lemahabang.” 4(2).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.