ANALISIS KESULITAN BELAJAR DALAM MEMAHAMI KONSEP PECAHAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SIDOMULYO

Authors

  • Setyaningrum Universitas Muria Kudus
  • Diana Ermawati
  • Lovika Ardana Riswari

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8270

Keywords:

Kesulitan Belajar, Konsep, Pembagian Pecahan

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari adanya siswa yang mengalami kesulitan pada pembelajaran matematika materi pembagian pecahan. Mengetahui jenis dari kesulitan belajar yang dialami oleh siswa merupakan tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus dan dilaksanakan di SD Negeri Sidomulyo, Rembang. Enam siswa kelas V dan guru kelas V menjadi informan dalam penelitian. Teknik observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data. Analisis data yang digunakan yaitu model Robert K.Yin terdiri dari penjodohan pola, pembuatan eksplanasi atau penjelasan, dan analisa deret waktu. Hasil dari penelitian ini yaitu siswa yang dijadikan informan mengalami kesulitan dalam memahami sebuah konsep dan mempunyai penguasaan materi yang rendah pada materi pembagian pecahan. Simpulan dari penelitian ini adalah enam siswa kelas V tersebut terbukti mengalami kesulitan dalam memahami sebuah konsep pada materi pembagian pecahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Purnomo, Yoppy Wahyu. 2015. Pembelajaran Matematika Untuk PGSD. 1st ed. Jakarta: Erlangga.

Walidin, Harul, Saifullah, & Tabrani. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif& Grounded Theory. Aceh: FTK Ar-Raniry Press.

Yin, Robert K. 2012. Studi Kasus Desain & Metode. 10th ed. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Jurnal :

Amaliyah, Aam, Candra Puspita Rini, Saktian Dwi Hartantri, & Siska Yuliani. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Negeri Taman Cibodas Kecamatan Periuk Kota Tangerang.” Indonesian Journal of Elementary Education (IJOEE) 2(1):11. doi: 10.31000/ijoee.v2i1.3228.

Amallia, Nurul, & Een Unaenah. 2018. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar.” Attadib Journal Of Elementary Education 3(2):123–33.

Azis, Heryanto, Jainal Togatorop, & Winda Elovany Tarigan Gersang. 2021. “Analisis Kesulitan Menghitung Pembagian Bilangan Pecahan Campuran Siswa Kelas V Sd Negeri 068003 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.” Jurnal Curere 5(2):46. doi: 10.36764/jc.v5i2.646.

Dwi Rezeki, Yuvita, Trisniawati Trisniawati, & Mahmudah Titi Muanifah. 2021. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Di Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Bumirejo.” TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 8(1). doi: 10.30738/trihayu.v8i1.11102.

Ermawati, Diana, & Nova Amalia. 2023. “The Effect Of Mat Joyo Apllication On Stundents’ Understanding Of Mathematical Concepts Fifth Grade Elementary School.” JPSD 9(1):12–22.

Ermawati, Diana, & Eka Zuliana. 2020. “Impelentation Of Open-Ended Problems On Mathematical Problem-Solving Skill Of Elementary School Students.” Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar 6(2):145–57.

Hajeni, Anang. 2020. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Sederhana Melalui Pendekatan SAVI Di Kelas III SD Negeri 1 Madurejo.” BITNET Jurnal Pendidikan Teknologi Iformasi 5(1):1–5.

Kurniawan, Handy, Ika Oktavianti, & Lovika Ardana Riswari. 2022. “Penyebab Kesulitan Dalam Belajar Siswa Di Desa Bendan Pete Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Prasasti Ilmu 2(2):81–86.

Lilianti, Lilianti. 2020. “Penanganan Kesulitan Belajar Siswa Dengan Pendekatan Psikologi Belajar Di SMA Negeri 3 Kendari.” Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan 20(1):1–11. doi: 10.30651/didaktis.v20i1.4164.

Nadiroh, Siti Milkhatun, Imaniar Purbasari, & Diana Ermawati. 2023. “Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Budaya Literasi Di SDN 1 Brantaksekarjati.” Journal on Education 5(3):8602–9. doi: 10.31004/joe.v5i3.1651.

Pangaribuan, Firman, Juli Antasari Br. Sinaga, & Herman Herman. 2021. “Desain Lembar Aktivitas Siswa (Las) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Konsep Pembagian Pecahan Di Sd Negeri 095173 Sihemun.” Jubaedah : Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education) 1(1):69–76. doi: 10.46306/jub.v1i1.15.

Riswari, Lovika Ardana, & Diana Ermawati. 2020. “Pengaruh Problem Based Learning Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika.” Jurnal Pendidikan Dasar.

Riswari, Lovika Ardana, & Ummi Salamah. 2023. “The Infulence Of Gibran Giat Education Game On Mathematics Conceptual Understanding Of Fourth Graders.” JPSD 9(1):1–11.

Swaratifani, Yerrina, & Budiharti. 2021. “Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Mutiara Persada.” Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran 1(1):14–19.

Yensy, Nurul Astuty. 2020. “Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika Melalui Media Whatsapp Group Ditinjau Dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19).” Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 05(02):65–74.

Zaluchu, Sonny Eli. 2021. “Metode Penelitian Di Dalam Manuskrip Jurnal Ilmiah Keagamaan.” Jurnal Teologi Berita Hidup 3(2):249–66.

Downloads

Published

2023-06-18