IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TERPADU WEBBED DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Yulia Marni Program Pasca Sarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang
  • Yeni Erita Program Pasca Sarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Program Pasca Sarjana Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8110

Keywords:

Implementasi Pembelajaran, Model Webbed, Sekolah Dasar

Abstract

Proses pembelajaran mempriotaskan keaktifan peserta didik serta memberikan pengalaman secara langsung. Dalam mewujudkan ini digunakanlah model-model pembelajaran di antaranya model pembelajaran webbed. Model webbed adalah model pembelajaran yang menggabungkan berbagai kompetensi dasar dari beberapa mata pelajaran ke dalam sebuah tema. Tema ini nantinya akan dikembangkan sebagai pemersatu kegiatan pembelajaran yang memadukan beberapa mata pelajaran sekaligus dalam satu kali tatap muka. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat pengaruh model pembelajarn webbed terhadap hasil belajar di sekolah dasar. Dalam pengumpulan data, penelitian menggunakan study literature dimana data bersumber dari berbagai buku, jurnal, artikel, skripsi, esis serta sumber-sumber lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non-tes yaitu dengan cara menelusuri jurnal elektronik melalui Google scholar. Dari hasil penelitian 16 artikel yang relevan, menunjukkan bahwa model pembelajaran webbed berpengaruh atau dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di sekolah dasar, sehingga model pembelajaran ini merupakan sesuatu yang perlu direkomendasikan dalam proses pembelajaran.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Armadi A, &. A. (2018). Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Berbasis Budaya Lokal Untuk meningkatkan Hasil Belajar sSiswa Kelas IV Sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 185-195.

Asep Herry Hernawan, d. (2016). Pembelajaran Terpadu di SD. Tangerang: Universitas terbuka.

Fitriana, A. &. (2012). Pengaruh Pembelejaran Terpadu Model Webbed (Jaring laba-laba) dan Model Fragmented (Penggalan) terhadap Hasil Belajar Unggah-ungguhing Bahasa jawa di Kelas Awal Sekolah Dasar. Media Penelitian Pendidikan, 1-14.

Hasdi. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Webbed Terhadap Kemampuan Menulis Karanagn Argementasi Siswa Kelas V MI Mathla'ul Anwar Kecamatan Sungai Tabukan Kabupaten Hulu Sungai Utara. Banjarmasin: Universitas Islam Negeri Antasari.

HS, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Webbed terhadap Keterampilan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas V SD Negeri 87 Manipi. Makasar: Universitas Muhammadiyah makasar.

Iswandari, d. (2017). Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Pada Kelas Rendah SD Muhammadiyah 24 Gajahan Surakarta. Jurnal Electronic Theses and Dissertation Universitas Muhammadiyah Surakarta, Nomor 1 Volume 1.

Krisnayani, P. E. (2014). Pengaruh Model Pembelaharan Terpadu Tipe Webbed Terhadap Hasil belajar Siswa Kelas IV di kecamatan Buleleng. Mimbar PGSD Undiksha.

Marcelina Wali, d. (2020). Pembelajaran terpadu Ti[e Webbed untuk Meningkatkan Hasiul Belajar Siswa. Mimbar PGSD Undiksha, 404-411.

Marion. (April 2014). Design of Learning mathematiccs Using Webbed Models. Proceeding The 2nd SEA-DR Confrence, (pp. 26-27).

Marzuki. (2017). Pembelajaran Tematik Model Webbed Berbasis Saintifik terhadap Kemampuan Berpikir Tinggkat Tinggi di SD. Sekolah Dasar, 159-168.

Marzuki. (2017). Pembelajaran Tematik Model Webbed Berbasis Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Di SD. Jurnal Sekolah dasar, 159-168.

Mirzaqon. T, A. d. (2017). Studi Kepustakaan mengenal Landasan Teori dan praktik Konseling Axpressive Writing. Jurnal BK Unesa, 8(1).

Mulyasa. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pratiwi, V. N. (2016). Pengaruh Model Webbed dengan Media Benda 3 Dimensi dalam Rangka Kegiatan Eksplorasi Luas dan Keliling Segitiga terhadap Kemampuan Menentukan Luas dan keliling Segitiga Siswa Kelas IV. Kediri: Universitas Nusatara PGRI Kediri.

Saputra, I. (2021). Pengaruh Pembelajaran Tematik Model Webbed (jarring Laba-laba) terhadap Hasil BelajarSiswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas III SD Negeri 41 Kabupaten Kaur. Bengkulu: IAIN Bengkulu.

Three Rahmadona, d. (2023). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di sekolah Dasar (Study Literatur). Jurnal Pendidikan Tambunsai, 1939-1949.

Trisna Br Karo, d. (2021). Meningkatkan Hasil belajar Siswa dengan Menggunakan Model Spinder Webbed pada Pembelajaran Tematik. Ilmu Pendidikan , 2109-2117.

Usman, M. U. (1996). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Wahyudin. (2018). Optimal Peran Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan, 249-265.

Wiwid Oktaviani, d. (2021). Pengaruh Pembelajaran Tematik Terpadu Tipe Webbed Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Minat Belajar Pada SDN Gudang Tigaraksa. JIP, 1005-1014.

Yulianingsih, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Webbed terhadap Keterampilan Menulis Karangan pada Siswa Kelas IV SDIT Al Mubarak Jakarta Pusat Tahun Ajaran 2014/ 2015. jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Yusuf, M. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Pembelajaran Tipe Shared dan Webbed untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Fisika.

Downloads

Published

2023-08-06

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>