TRANSFORMASI PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11453Keywords:
Transformasi Pembelajaran, Kualitas Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menggali potensi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Melibatkan transformasi pembelajaran yang ada pada abad 21, penelitian ini juga mengkaji dampak dan strategi pemanfaatan TIK dalam mencapai perubahan positif dalam pembelajaran di sekolah khususnya Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Peneliti menganalisis beberapa artikel dari jurnal yang relevan terkait pembahasan yang berkaitan dari penelitian sebelumnya. Data dikumpulkan dengan mencari berbagai artikel di jurnal online melalui bantuan Google Scholar dengan kata kunci transformasi pembelajaran serta TIK. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi TIK secara efektif dapat meningkatkan motivasi siswa, mendiversifikasi metode pengajaran, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi sekolah dasar dalam merancang strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar melalui pemanfaatan TIK.Downloads
References
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 9924, 88–100. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/70
Fuad, R., Iswantir, M., Akhyar, M., Gusli, R. A., Islam, U., Syaikh, N., & Djambek, M. D. (2023). Strategi manajemen madrasah efektif dalam peningkatan kualitas belajar mengajar. 4(2), 207–218. https://doi.org/10.32832/idarah.v4i2.15437
Ibda, H. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jalabahasa, 15(1), 48–64. https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v15i1.227
Indriyani, N., Darmansyah, & Desyandri. (2022). Desain Model dan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information And Communication Technology) pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Khatibah. (2011). Penelitian Kepustkaan. Iqra, 05(01), 36–39.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 71(1), 63–71. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813
Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988
Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/655
Nurdina, H., Martono, T., & Sangka, K. B. (2019). Tantangan dan peluang sekolah menengah kejuruan melalui pendidikan kewirausahaan dalam menghadapi era digital. Surya Edunomics, 3(1), 22–34. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/suryaedunomics.v3i1.5635
Ramadanti, E. C. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Ips Di Mi. Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman, 8(1), 90–103. https://doi.org/10.52802/amk.v8i1.189
Regina, P., Novia, P., Asbari, M., Ananta, V. D., & Alim, I. (2023). Kurikulum Merdeka : Transformasi Pembelajaran yang relevan, sederhana, dan fleksibel. JISMA : Journal of Information System and Management, 02(06), 78–84. https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.736
Septikasari, R dan Frasandy, R, N. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015
Sopacua, J., & Fadli, M. R. (2022). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Progresivisme (The Emancipated Learning Concept of Education in Progressivism Philosophy Perspective). Potret Pemikiran, 26(1), 1. https://doi.org/10.30984/pp.v26i1.1413
Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jember: Pustaka Abadi.
Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357
Syarif, Z. (2014). Pendidikan Profetik dalam Membentuk Bangsa Religius. Tadrîs, 9(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/tjpi.v9i1.397
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD UntukMenghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.