TRANSFORMASI PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR MELALUI PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

Authors

  • Aisyah Anggraeni Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang
  • Darmansyah Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang
  • Yanti Fitria Pendidikan Dasar Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.11453

Keywords:

Transformasi Pembelajaran, Kualitas Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menggali potensi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Melibatkan transformasi pembelajaran yang ada pada abad 21, penelitian ini juga mengkaji dampak dan strategi pemanfaatan TIK dalam mencapai perubahan positif dalam pembelajaran di sekolah khususnya Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Peneliti menganalisis beberapa artikel dari jurnal yang relevan terkait pembahasan yang berkaitan dari penelitian sebelumnya. Data dikumpulkan dengan mencari berbagai artikel di jurnal online melalui bantuan Google Scholar dengan kata kunci transformasi pembelajaran serta TIK. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi TIK secara efektif dapat meningkatkan motivasi siswa, mendiversifikasi metode pengajaran, dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan bagi sekolah dasar dalam merancang strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas belajar-mengajar melalui pemanfaatan TIK.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 9924, 88–100. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/CC/article/view/70

Fuad, R., Iswantir, M., Akhyar, M., Gusli, R. A., Islam, U., Syaikh, N., & Djambek, M. D. (2023). Strategi manajemen madrasah efektif dalam peningkatan kualitas belajar mengajar. 4(2), 207–218. https://doi.org/10.32832/idarah.v4i2.15437

Ibda, H. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berwawasan Literasi Baru di Perguruan Tinggi dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Jalabahasa, 15(1), 48–64. https://doi.org/10.36567/jalabahasa.v15i1.227

Indriyani, N., Darmansyah, & Desyandri. (2022). Desain Model dan Media Pembelajaran Berbasis ICT (Information And Communication Technology) pada Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(1), 1–52. https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026

Khatibah. (2011). Penelitian Kepustkaan. Iqra, 05(01), 36–39.

Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 71(1), 63–71. https://doi.org/https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal on Education, 6(1), 732–741. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2988

Munti, N. Y. S., & Syaifuddin, D. A. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/655

Nurdina, H., Martono, T., & Sangka, K. B. (2019). Tantangan dan peluang sekolah menengah kejuruan melalui pendidikan kewirausahaan dalam menghadapi era digital. Surya Edunomics, 3(1), 22–34. https://doi.org/https://doi.org/10.37729/suryaedunomics.v3i1.5635

Ramadanti, E. C. (2020). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Pembelajaran Ips Di Mi. Al-Munqidz : Jurnal Kajian Keislaman, 8(1), 90–103. https://doi.org/10.52802/amk.v8i1.189

Regina, P., Novia, P., Asbari, M., Ananta, V. D., & Alim, I. (2023). Kurikulum Merdeka : Transformasi Pembelajaran yang relevan, sederhana, dan fleksibel. JISMA : Journal of Information System and Management, 02(06), 78–84. https://doi.org/https://doi.org/10.4444/jisma.v2i6.736

Septikasari, R dan Frasandy, R, N. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic: A Disruptive Technology in Graduate Medical Education. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Sopacua, J., & Fadli, M. R. (2022). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Perspektif Filsafat Progresivisme (The Emancipated Learning Concept of Education in Progressivism Philosophy Perspective). Potret Pemikiran, 26(1), 1. https://doi.org/10.30984/pp.v26i1.1413

Sumiharsono, R., & Hasanah, H. (2017). Media Pembelajaran: Buku Bacaan Wajib Dosen, Guru dan Calon Pendidik. Jember: Pustaka Abadi.

Suryaman, M. (2020). Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar. 13–28. https://ejournal.unib.ac.id/semiba/article/view/13357

Syarif, Z. (2014). Pendidikan Profetik dalam Membentuk Bangsa Religius. Tadrîs, 9(1), 1–16. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/tjpi.v9i1.397

Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD UntukMenghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID

Downloads

Published

2023-12-21

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>