PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PRAKTIKUM IPA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DAN FLIP BUILDER

Authors

  • Desy Rosmalinda Universitas Jambi
  • Risdalina PGSD FKIP Universitas Jambi
  • Issaura Sherli Pamela PGSD FKIP Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7476

Keywords:

Modul Elektronik, Praktikum IPA, Canva, Flip Builder

Abstract

Sejak diterapkan teknologi dalam pembelajaran secara masif, banyak praktisi pendid ikan mulai mengalihkan penggunaan bahan ajar cetak menjadi bahan ajar elektronik. Kemudahan dalam mengakses dan banyaknya fitur yang bisa disematkan menjadi alasan para pendidik mulai mengembangkan modul elektronik. Modul praktikum pun dapat dibuat lebih menarik dan mudah diakses dalam bentuk modul elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pengembangan modul elektronik praktikum IPA menggunakan aplikasi Canva dan Flip Builder. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri dari lima komponen kegiatan pengembangan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Untuk menghasilkan modul elektronik praktikum IPA yang berkualitas dan sesuai kebutuhan, maka dilakukan validasi oleh expert, yaitu orang-orang yang memiliki bidang keahlian tertentu. Unsur-unsur modul elektronik praktikum IPA yang divalidasi yaitu materi, tata bahasa dan desain grafis. Kemudian dilakukan uji coba produk kepada empat puluh mahasiswa PGSD untuk melihat kelayakan modul, didapat respon positif dari mahasiswa dengan persentase sebesar 90,14%. Dapat disimpulkan modul elektronik praktikum IPA yang dikembangkan layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani Agustin, E., Dwi Kusumajanto, D., Dian Wahyudi, H., & Hidayat, R. (2021). Pengembangan E-modul berbantuan aplikasi Flip Builder pada mata pelajaran marketing (studi pada kelas X bisnis daring dan pemasaran SMKN 1 Turen). Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan, 1(2), 163–171. https://doi.org/10.17977/um066v1i22021p163-171

Cohen, R. (2021). Innovative Teachers, Who Are You? Innovative Teacher Analysis in the Light of The Model оf the ‘Big Five’ Personality Traits. Pedagogika-Pedagogy.

Danuri, M. (2019). Perkembangan dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, XV(II).

Duwi Wahyuningtias, E., Niswatul Fauziah, H., Kusumaningrum, A. C., & Rokmana, A. W. (2021). Ide Guru IPA dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.164

Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian dalam Bidang Pendidikan. Research And Development (R&D) Sebagai Salah Satu Model Penelitian Dalam Bidang Pendidikan, 37(1).

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Hiralian, H. (2019). PENINGKATAN MINAT BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS IX.1 SMP NEGERI 11 PALEMBANG MELALUI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING KELOMPOK. Wahana Didaktika : Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(1). https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v17i1.2422

Kamlin, M., & Keong, T. C. (2020). Adaptasi Video dalam Pengajaran dan Pembelajaran. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH), 5(10). https://doi.org/10.47405/mjssh.v5i10.508

Komalasari, Y., Muharrom, M., & Sumbaryadi, A. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Fungsionalitas Media Sosial Pada Pengurus dan Anggota Karang Taruna Kel. Kebon Bawang Jakarta Utara. Abditeknika Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2). https://doi.org/10.31294/abditeknika.v1i2.380

Lee, W. W., & L.Owens, D. (2004). Multimedia-Based Instructional Design. San fransisco: Pfeiffer.

Limatahu, N. A., Rahman, N. A., Hayatun, S., Abu, N., & Cipta, I. (2017). The Influence of Practicum Video with Electronic Module Toward Process Skills for Stoichiometry Materials of the Grade X of SMAN 2 Tidore Islands. Jurnal Pendidikan Kimia, 9(1), 225–228.

Nillofa Ende, A. M., Jasril, I. R., & Jaya, P. (2022). Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 8(2), 193. https://doi.org/10.24036/jtev.v8i2.117118

Pribadi, R. B. A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Purba, R., Taufik, M., & Jamaludin, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Liveworksheets Interaktif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ips. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 336–348. https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6800

Puspita*, K., Nazar, M., Hanum, L., & Reza, M. (2021). Pengembangan E-modul Praktikum Kimia Dasar Menggunakan Aplikasi Canva Design. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 5(2), 151–161. https://doi.org/10.24815/jipi.v5i2.20334

Restiani, R., Tisnasari, S., & Hilaliyah, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran E-book Berbasis Multimedia untuk Melatih Kemampuan Membaca Pada Peserta Didik Kelas IV di Sekolah Dasar. Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(02), 274–288.

Rosmalinda, D., Rusdi, M., & Hariyadi, B. (2014). Pengembangan Modul Praktikum Kimia SMA Berbasis PBL(Problem Based Learning). Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(2). https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v2i2.1666

Solikin, I. (2018). Implementasi E-Modul pada Program Studi Manajemen Informatika Universitas Bina Darma Berbasis Web Mobile. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(2). https://doi.org/10.29207/resti.v2i2.393

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ELEKTRONIK MENGGUNAKAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI ALAT-ALAT OPTIK DI SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3 Desember SE-Articles), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152

Yunianto, T., Negara, H. S., & Suherman, S. (2019). Flip Builder : Pengembangannya Pada Media Pembelajaran Matematika. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 115–127. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.5056

Žydžiūnaitė, V., & Arce, A. (2021). Being an innovative and creative teacher: Passiondriven professional duty. Creativity Studies, 14(1). https://doi.org/10.3846/cs.2021.14087

Downloads

Published

2023-05-20