ANALISIS PELAKSANAAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III-A DI SDN 11 KALIBATA JAKARTA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7379Keywords:
Pelaksanaan PTMT, Dampak PTMT, Hasil PTMT, Upaya Guru dalam PTMTAbstract
Penelitian ini dilator belakangi oleh factor terjadinya setelah covid-19 melanda yang mana diadakannya pertemuan tatap muka terbatas atau PTMT oleh pemerintah untuk para siswa bersekolah dan belajar untuk lebih layak didapatkan dan mampu mempelajari dengan pengetahuan yang banyak dibandingkan yang didapat dari pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) di sdn 11 kalibata yang mana Pembelajaran ini di era new normal tentu membutuhkan adaptasi juga, menyesuaikan dengan waktu belajar yang tersedia dan protokol kesehatan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mana data yang dikumpulkan dari observasi dan wawancara. Responden dalam wawancara ini sebanyak 2 orang siswa untuk dapat memberikan perbedaan jawaban mengenai pertemuan tatap muka terbatas ini. Pada penelitian ini menggunakan analisis teknis data kualitatif dan diuraikan secara deskriptif. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman menurut (Sugiyono, 2018) adalah aktivitas dalam analisis data kualitatif dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh. Tujuan dari tugas akhir ini adalah mengetahui bagaimana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di kelas III-A di SDN Kalibata 11. Yang mana menjelaskan dampak pada pelaksanaan pembelajaran pada saat PTMT, dan upaya guru dalam mengatasi kendala pada saat pembelajaran tatap muka terbatas berlangsung.Downloads
References
Achdiyat, M., & Utomo, R. (2017). Kecerdasan Visual-Spasial, Kemampuan Numerik, dan Prestasi Belajar Matematika. FORMATIF: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(3), 234-245. doi:http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2234
Afifah, A., Parta, I. N., & Chandra, T. D. (2016). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Penalaran Matematika Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika, 1, 26-31. Diambil kembali dari http://matematika.fmipa.um.ac.id
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Ariani, Y., Helsa, Y., & Ahmad, S. (2020). Model Pembelajaran Inovatif Untuk Pembelajaran Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Fatimah, S. (2012). Fun Math Matematika Asyik dengan Metode Pemodelan. Bandung: DAR Mizan.
Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, M. A. (2021). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). DKI Jakarta : Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Jawara.
Mansur, R. (2018). Belajar Jalan Perubahan Menuju Kemajuan. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 145-158. Diambil kembali dari http://riset.unisma.ac.id
Onde, M. k., Aswat, H., Sari, E. R., & Meliza, N. (2021). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (TMT) di Masa New Normal. EDUKATIF: JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(6), 4400 - 4406. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1449
Ritonga, R. (2017). Evaluasi Pendidikan (Bukan Sekedar Konsep dan Aplikasi). Jakarta: Universitas Trilogi.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumantri, M. S. (2017). Strategi Pembelajaran: Teori dan Praktik di Tingkat Sekolah Dasar. Depok: RajaGrafindo Persada.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research And Development (RnD). Kolaka: Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.