DESKRIPTIF KREATIVITAS GURU SAAT PEMBELAJARAN TATAP MUKA DALAM MASA COVID-19 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III SDN CIKOKO 03
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7242Keywords:
Kreativitas Guru, Pembelajaran Tatap Muka, Matematika.Abstract
ABSTRACT The importance of creativity possessed by a teacher when teaching in designing varied learning activities, so that learning is more interested, enjoyable and students do not feel bored. So that teachers are required to be more creative when teaching face-to-face in grade III mathematics subjects in elementary schools. This study aims to determine teacher creativity during face-to-face learning in the covid-19 period in the third grade math subject SDN Cikoko 03 South Jakarta. Qualitative research with descriptive methods. Data collection techniques with interviews, observation, documentation. The results of the data show that the teacher has creativity in managing his class. There is a variety of fun activities during learning, giving motivation, appreciation, and attention when teaching. The learning methods that teachers use have also varied, namely games, assignments, questions and answers, discussions, and lectures. Teachers use learning media around the classroom. The learning resources used by teachers are only Kemendikbud and Bupena books. Thus, teachers still have to develop their creativity during face-to-face learning in mathematics subjects in using more varied media and learning resources. Keywords: Teacher Creativity, Face To Face Learning, Mathematics. ABSTRAK Pentingnya kreativitas yang dimiliki oleh seorang guru saat mengajar dalam merancang kegiatan pembelajaran secara bervariasi, agar pembelajaran lebih menarik menyenangkan dan siswa tidak merasa bosan. Sehingga guru dituntut untuk lebih kreatif saat mengajar secara tatap muka pada mata pelajaran matematika kelas III Sekoah Dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru saat pembelajaran tatap muka dalam masa covid-19 pada mata pelajaran matematika kelas III SDN Cikoko 03 Jakarta Selatan. Penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil data menunjukan bahwa guru telah memiliki kreatvitas dalam pengelolaan kelas dan penggunaan metode belajar. Adanya variasi kegiatan menyenangkan saat pembelajaran, pemberian motivasi, apresiasi, dan perhatian saat mengajar. Metode pembelajaran yang guru gunakan juga telah bervariasi yaitu permainan, penugasan, tanya jawab, diskusi, dan ceramah. Penggunakan media pembelajaran yang ada disekitar kelas. Sumber belajar menggunakan buku kemendikbud dan bupena. Sehingga, guru masih harus mengembangkan kreativitas nya saat pembelajaran tatap muka pada mata pelajaran matematika dalam menggunaaan media dan sumber belajar lebih bervariasi. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Pembelajaran Tatap Muka, Matematika.Downloads
References
Buku :
Idris, M. H. (2015). Menjadi Pendidik yang Menyenangkan & Profesional (cetakan II). Luxima Metro Media.
Morissan. (2019). Riset Kualitatif (E. B. Suraya, Farid Hamid (ed.); Cetakan 1). Prenamedia Group. https://www.google.co.id/books/edition/Riset_Kualitatif/OwPwDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=0
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian & Pengembangan Research and Development (S. Y. Suryandari (ed.); cetakan 3). Alfabeta.
Jurnal :
Andri Anugrahana. (2020). Hambatan, Solusi Dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.
Anggianita, S., Yusnira, Y., & Rizal, M. S. (2020). Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan. Journal Of Education Research, 1(2), 177–182. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.37985/Joe.V1i2.18
Diana Aprilianti, Mira Novia Herawati, H. I. (2019). Pengaruh Pemberian Hadiah Terhadap Minat Siswa Dalam Menulis Teks Cerpen Pada Siswa Smp. Jurnal Pendiidkan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(3), 427–432. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.22460/P.V2i3p427-432.2836
Kiki, F. (2021). Kreatifitas Guru Dalam Mengembangkan Media Pembelajaran Matematika Di Masa Pandemi Pada Siswa Di Mi Darul Hikmah Wonodadi Blitar. Institutional Repository. Http://Repo.Iain-Tulungagung.Ac.Id/Id/Eprint/20570
Lestari, S. (2021). Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jmie (Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education), 5(1), 141–155. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.32934/Jmie.V5i1.226
Neni Isnaeni, & Dewi Hildayah. (2020). Media Pembelajaran Dalam Pembentukan Interaksi Belajar Siswa. Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156. Https://Doi.Org/10.46799/Jst.V1i5.69
Normiasih, T., & Karyanti, K. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Metode Diskusi Bervariasi Pada Kelas Iii Sdn 1 Lunuk Ramba Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2), 34–39. Https://Doi.Org/10.33084/Pedagogik.V12i2.855
Putri Meliana. (2020). Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Sistem Daring Terhadap Minat Dan Kemampuan Belajar Siswa. Http://Elearning.Ypdhnw.Com/Wp-Content/Uploads/2020/12/Artikel_5a-Meliana-Putri-180103025-1.Pdf
Rahmawati, U. N. A. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Di Mim Pundungrejo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenius (Journal Of Education Policy And Elementary Education Issues), 1(1), 16–25. Https://Doi.Org/10.22515/Jenius.V1i1.3025
Rezkia, M., & Rivilla, S. R. (2017). Kreativitas Guru Matematika Kelas Viii Dalam Pembelajaran Matematika Di Mtsn Model Martapura. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 81. Https://Doi.Org/10.18592/Jpm.V2i1.1169
Silvina Noviyanti, Diah Eka Puspita Sari, R. T. (2022). Implementasi Teknik Ice Breaking Pada Pembelajaran Di Sd 64/I Muara Bulian. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 501–510. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.31004/Jpdk.V4i3.4370
Untari, S. K. (2020). Kreatifitas Guru Dalam Menyongsong Pembelajaran Masa Pandemi Covid- 19. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s), 49–53. Https://Doi.Org/10.36456/Bp.Vol16.No30s.A2757
Zainal, N. F. (2020). Pengukuran, Assessment Dan Evaluasi Dalam Pembelajaran Matematika. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8–26. Https://Doi.Org/10.31537/Laplace.V3i1.310
Zuyyina Candra Kirana, A. N. A. B. A. . (2020). Peranan Apresiasi Guru Terhadap Antusias Belajar Siswa Kelas Xi Madrasah Aliyah Hasan Muchyi. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(3). Https://Ejournal.Iaifa.Ac.Id/Index.Php/Dirasah
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.