ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SISWA SDIT INSAN KAMIL
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7108Keywords:
pembelajaran berdeferensiasi, anak berkebutuhan khusus, sdit insan kamilAbstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran berdeferensiasi pada anak berkebutuhan khusus siswa di SDIT Insan Kamil Karanganyar. Kemampuan anak berkebutuhan khusus berbeda dengan anak reguler. Pembelajaran berdeferensiasi merupakan pembelajaran yang dapat mengakomodir kebutuhan belajar anak berkebutuhan khusus sesuai dengan kesiapan belajar, minat, dan profil belajarnya. Anak berkebutuhan khusus yang bersekolah di sekolah reguler atau inklusif belum semuanya mendapatkan pelayanan belajar sesuai kebutuhan belajarnya. Berdasarkan kondisi tersebut, maka permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran berdeferensiasi pada anak berkebutuhan khusus siswa SDIT Insan Kamil. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskribtif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumen. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar guru SDIT Insan Kamil sudah sering melaksanakan deferensiasi isi, dan produk dalam pembelajaran, namun masih kadang-kadang melaksanakan aspek dalam deferensiasi proses pembelajaran.Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
Buku :
Hanifa, Hanum Sukma, dkk (2021), Pembelajaran slow learner di Sekolah Dasar, K-media, Yogyakarta
Marlina, (2020 ) Strategi pembelajaran berdeferensiasi di Sekolah Insklusif, Afifa Utama, Padang
Moningka, Clara (2022), Pembelajaran berdeferensiasi Pra jabatan tahun 2022, dirjen GTK, Kemendikbudristek
Ratri, Dinie Desiningrum (2016), psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta,
Artikel in Press :
Husni, Teuku, Memerdekakan peserta didik belajar melalui pembelajaran berdeferensiasi (-), LPMP Aceh.kemdikbud.go.id
Jurnal :
Arnia, Dwi Ulfa, Penerapan Kurikulum berdeferensiasi dalam setting sekolah inklusi, II Februari 2018 (Universitasa Samawa) hal 6
Husni, Muhammad, (2018), Deferensiasi peserta didik dalam kebersamaan di kelas inklusif, (UIN Sunan Ampel Surabaya) 2018, 484-487
Buku :
Buku
Hanifa, Hanum Sukma, dkk (2021), Pembelajaran slow learner di Sekolah Dasar, K-media, Yogyakarta
Marlina, (2020 ) Strategi pembelajaran berdeferensiasi di Sekolah Insklusif, Afifa Utama, Padang
Moningka, Clara (2022), Pembelajaran berdeferensiasi Pra jabatan tahun 2022, dirjen GTK, Kemendikbudristek
Ratri, Dinie Desiningrum (2016), psikologi Anak Berkebutuhan Khusus, Yogyakarta,
Artikel in Press :
Husni, Teuku, Memerdekakan peserta didik belajar melalui pembelajaran berdeferensiasi (-), LPMP Aceh.kemdikbud.go.id
Jurnal :
Arnia, Dwi Ulfa, Penerapan Kurikulum berdeferensiasi dalam setting sekolah inklusi, II Februari 2018 (Universitasa Samawa) hal 6
Husni, Muhammad, (2018), Deferensiasi peserta didik dalam kebersamaan di kelas inklusif, (UIN Sunan Ampel Surabaya) 2018, 484-487
Mahdi, Arisul, dkk, (2021) Analisis pelaksanaan pembelajaran whole person approach sebagai strategi kunci implementasi pendidikan inklusif, Jurnal Basic Edu, Vol 5 N0 4, 2021
Nurfadhillah, Septi, dkk, Analisis kesulitan belajar siswa
berkebutuhan khusus slow learner di SD Negeri Cipete 4 (2022), vol 2 no.6 November 2022 hal 8-14
Sunanto, Juang, ( 2016) Desain Pembelajaran Anak berkebutuhan khusus dalam kelas inklusif, JASSI, Vol 16 No 2 2016
Suwartiningsih (2021), Penerapan pembelajaran berdeferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan tanah dan keberlangsungan kehidupan di kelas IXB semester genap SMPN 4 Monta tahun pelajaran 2020-2021, JPPI, Vol 1 No 2,hal 80-94, 2021
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.