PENGARUH METODE READING ALOUD BERBANTUAN FLASHCARD TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

Authors

  • Eka Fuzianti Zakiyyah Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Srie Mulyani Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Purwakarta
  • Hisny Fajrussalam

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7073

Keywords:

Reading aloud, Flashcard, Keterampilan membaca permulaan

Abstract

Keterampilan dasar yang penting dikuasai oleh seorang siswa Sekolah Dasar di kelas rendah adalah keterampilan membaca permulaan. Dalam hal ini membaca permulaan tidak hanya sekedar mengucapkan bahasa tulisan melainkan mampu untuk menanggapi serta memahami isi bahasa tulisan. Dan berdasarkan hasil survei di SDN 8 Nagrikaler Kabupaten Purwakarta keterampilan membaca permulaan siswa kelas I masih tergolong rendah. Untuk itu perlunya ada solusi dalam mengembangkan keterampilan membaca permulaan. Salah satunya adalah menerapkan metode reading aloud berbantuan flashcard. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk dapat mengetahui : 1. Keterampilan membaca permulaan sebelum dan sesudah menggunakan metode reading aloud berbantuan flashcard 2. Pengaruh metode reading aloud berbantuan flashcard terhadap keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan penelitian pre-eksperimen one group pretest-postest. Menggunakan sampel sebanyak 24 siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukan terdapat peningkatan yang dibuktikan dengan selisih nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 13,85. Serta hasil uji T menghasilkan nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh metode reading aloud berbantuan flashcard terhadap keterampilan membaca permulaan siswa dan perolehan korefisien determinasi (R Square) sebesar 0,878 yang artinya besar pengaruh metode reading aloud berbantuan flashcard sebesar 87,8%. Dan nilai rata-rata N-Gain sebesar 0,3003 yang menunjukan penggunaan metode reading aloud berbantuan flashcard memiliki efektivitas pada kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahrurrozi. (2016). Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 10(2), 111-117.

Gove, A., & Watterberg, A. (2011). The Early Grade Reading Assessment. Research Triangle Park: RTI Press Publication.

Gutami, I. K., Prismutitomi, A. R., laverda, J. C., Nikmah, K., Jundullah, M., Rochmadhoni, N., . . . Prastiwi, C. H. (2021). Read Aloud Buku Cerita Dwi Bahasa (Bilingual) untuk Membangun Literasi Bahasa Indonesia dan Inggris. Prosiding Nasional Pendidikan : LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 153-159

Hamruni. (2009). Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Hasanudin, C., & Puspita, E. L. (2017). Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Melalui Media Aplikasi Bamboomedia BMGAMES APPS. 6(1), 1-13. doi: https://doi.org/10.21070/pedagogia.v6i1.618

Mukharam, I., Ruswan, A., & Wulan, N. S. (2021). Analisis Keterampilan Membaca Permulaan dengan Metode Reading Aloud pada Siswa Kelas II Sekolah Dasar . Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar PGSD Kampus UPI di Purwakarta 2021 (hal. 1814-1819). Purwakarta: Renjana Pendidikan 1.

Nirwanawati, R., Efendi, M., & Kustiawan, U. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar terhadap Peningkatan Kosakata Siswa Tunarungu. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Luar Biasa, 2(2), 71-76. doi : http://dx.doi.org/10.17977/um029v2i22015p71-76

Resmini, Novi, & Juanda, D. (2007). Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Bandung: UPI Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Tarigan. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2023-05-20