Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum berbantuan Media YouTube English Singsing terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD

Authors

  • Farihah Ayuni Universitas Pendidikan Indonesia
  • Neneng Sri Wulan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hisny Fajrussalam Universitas Pendidikan Indonesia

Keywords:

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE ENGLISH SINGSING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA SD

Abstract

Siswa yang belajar Bahasa Inggris di sekolah dasar memerlukan penguasaan kosakata untuk mengatasi perkembangan digital mereka, terutama dalam hal komunikasi di era globalisasi. Namun, pembelajaran seringkali kurang menarik dan kurang memotivasi, yang mengakibatkan siswa lemah dalam menguasai kosakata bahasa Inggris. Kendala lain terjadi karena  beberapa sekolah belum memaksimalkan pengajaran Bahasa Inggris, yang masih dianggap sebagai mata pelajaran pilihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kuantum berbantuan media YouTube English Singsing pada peningkatan dan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa di SD. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, metode quasi-eksperimen, nonequivalent control group design, kemudian data dikumpulkan melalui tes dan non-tes. Analisis data deskriptif dan inferensial dilakukan dengan menggunakan SPSS. Dalam analisis data inferensial yang dilakukan dengan uji regresi linear sederhana, ditemukan bahwa pengaruh model pembelajaran kuantum berbantuan media YouTube English Slinging sebesar 62,1%. Selain itu, uji t independent-samples T test menunjukkan nilai signifikasi 0,000 untuk skor N-Gain, yang menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen telah mencapai peningkatan yang lebih besar daripada siswa di kelas kontrol. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa model pembelajaran Kuantumberbantuan media YouTube English Singsing terbukti efektif dan dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

AL-Ameri, A. M., & Rababah, L. (2020).

The Effect of Using YouTube on

Developing Elementary Students

Vocabulary. Education and

Linguistics Research, 6(1), 129.

https://doi.org/10.5296/elr.v6i1.1679

6

Altın, M., & Saracaoğlu, A. seda. (2019).

The Effect of Quantum learning

Model on Foreign Language

Speaking Skills, Speaking anxiety

and Self-efficacy of Secondary

School Students. Dil ve Dilbilimi

Çalışmaları Dergisi, 15(3), 1083–

1104.

https://doi.org/10.17263/jlls.631550

Andika, M., & Mardiana, N. (2023).

Edukasi Pentingnya Bahasa Inggris

di Era Globalisasi. BERNAS: Jurnal

Pengabdian Kepada Masyarakat,

4(1), 246–251.

https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.396

1

Asidiqi, D. F. (2022). Pengaruh Motivasi

Belajar dengan Menggunakan Model

Kuantum terhadap Hasil Belajar

Siswa Sekolah Dasar. Journal, 1(2),

158–166.

https://doi.org/10.46306/jpee.v1i2

Brewster, J., Ellis, G., & Girard, D. (2002).

The Primary English Teacher’s

Guide. Reading and writing.

Cahyaningrum, A. D., AD, Y., & Asyhari,

A. (2019). Pengaruh Model

Pembelajaran Quantum Teaching

Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar.

Indonesian Journal of Science and

Mathematics Education, 2(3), 372–

379.

https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4

363

DePorter, B., Reardon, M., & Singer-

Nourie, S. (2010). Quantum

Teaching: Mempraktikkan Quantum

Learning Di Ruang-Ruang Kelas.

Kaifa.

https://books.google.co.id/books?hl

=id&lr=&id=ZVPZfWWGin4C&oi=fn

d&pg=PA9&dq=quantum+teaching+

and+learning&ots=8pk5RIwwNh&si

g=L9XwAhMEAVG3uuamPtt6paEa

arc&redir_esc=y#v=onepage&q=pri

nsip&f=false

Fahmi, M. N., Putu Sudira, & Lucky Al

Hafzy. (2022). Quantum Teaching

Learning Model Assisted Interactive

Media: Does it affect Students’

Higher Order Thinking Skill?

Indonesian Journal Of Educational

Research and Review, 5(3), 479–

490.

https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i3.54

286

Gunarhadi, G., Kassim, M., & Shaari, A.

S. (2014). The Impact of Quantum

Teaching Strategy on Student

Academic Achievement and Self-

Esteem in Inclusive Schools.

Malaysian Journal of Learning and

Instruction, 11, 191.

https://doi.org/10.32890/mjli.11.201

4.7671

Lam Kieu, V., Truc Anh, D., Bao Tran, P.

D., Thanh Nga, V. T., & Phi Ho, P. V.

(2021). The Effectiveness of Using

Technology in Learning English.

AsiaCALL Online Journal, 2(12), 24–

40. https://asiacall.info/acojRiani, D., Afrianto, Y., Hasnin, H. R., &

Kurnia, A. D. (2023). Sosialisasi dan

Edukasi Pentingnya Belajar Bahasa

Inggris di Era Globalisasi untuk

Siswa MTS Fitra Mulia di Desa

Nambo. INTEGRITAS : Jurnal

Pengabdian, 7(1), 100–110.

https://doi.org/https://doi.org/10.368

41/integritas.v7i1.2630

Rikmasari, R., & Budianti, Y. (2019).

Penguasaan Kosakata Bahasa

Inggris Melalui Model Pembelajaran

Circuit Learning pada Siswa Kelas III

di SDN Jatimulya 03 Bekasi. JISD:

Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 6(2),

135.

https://doi.org/10.36706/JISD.V6I2.1

0339

Sari, N. N. K., Maulida, Z. P., &

Salmawati, A. (2024). Pentingnya

Bahasa Inggris Pada Era

Globalisasi. Karimah Tauhid, 3(3),

3685–3692.

Sayidin, S. K., Isnaini, I., Rohmah, T., &

Fitrianingsih, A. (n.d.). AN

ANALYSIS THE USE OF ENGLISH

SINGSING CHANNEL IN YOUTUBE

TO LEARNING ENGLISH

VOCABULARY TO YOUNG

LEARNERS At TK KARTIKA IV.

Sugiharti, R. E., & Riftina, Y. (2018).

Upaya Meningkatkan Penguasaan

Kosakata Bahasa Inggris melalui

Model Scramble pada Siswa Kelas 4

SDN Jatimulya 04 Tambun Selatan.

© 2018-Indonesian Journal of

Primary Education, 2(2), 14–22.

https://doi.org/https://doi.org/10.175

09/ijpe.v2i2.15096

Syahputra, H., Friansah, D., & Mandasari,

N. (2023). Penerapan Model

Pembelajaran Quantum Learning

pada Materi Organ Gerak Manusia

Siswa Kelas V SD Negeri 48 Kota

Lubuklinggau. LJSE Linggau Journal

Science Education, 3(1), 12–19.

https://doi.org/10.55526/ljese.v3i1.4

51

Thornbury, S. (2007). How to Teach

Vocabulary. Charlbury: Bluestone

Press.

Wahyu Kristiyanto, Gunarhadi, &

Indriayu, M. (2020). The Effect of the

Science Technology Society and the

Quantum Teaching Models on

Learning Outcomes of Students in

the Natural Science Course in

Relation with Their Critical Thinking

Skills. In International Online Journal

of Education and Teaching (IOJET)

(Vol. 7, Issue 1).

http://iojet.org/index.php/IOJET/artic

le/view/715

Widiyono, A. (2021). Penerapan Model

Pembelajaran Quantum teaching

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar

IPA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal

Riset Pedagogik, 5(2), 183.

https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.525

93

Zeybek, G. (2017). An Investigation on

Quantum Learning Model.

International Journal of Modern

Education Studies, 1(1), 16.

https://doi.org/10.51383/ijonmes.20

17.12

Downloads

Published

2025-07-07