Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum berbantuan Media YouTube English Singsing terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Siswa SD
Keywords:
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM BERBANTUAN MEDIA YOUTUBE ENGLISH SINGSING TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA SDAbstract
Siswa yang belajar Bahasa Inggris di sekolah dasar memerlukan penguasaan kosakata untuk mengatasi perkembangan digital mereka, terutama dalam hal komunikasi di era globalisasi. Namun, pembelajaran seringkali kurang menarik dan kurang memotivasi, yang mengakibatkan siswa lemah dalam menguasai kosakata bahasa Inggris. Kendala lain terjadi karena beberapa sekolah belum memaksimalkan pengajaran Bahasa Inggris, yang masih dianggap sebagai mata pelajaran pilihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kuantum berbantuan media YouTube English Singsing pada peningkatan dan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa di SD. Pendekatan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini, metode quasi-eksperimen, nonequivalent control group design, kemudian data dikumpulkan melalui tes dan non-tes. Analisis data deskriptif dan inferensial dilakukan dengan menggunakan SPSS. Dalam analisis data inferensial yang dilakukan dengan uji regresi linear sederhana, ditemukan bahwa pengaruh model pembelajaran kuantum berbantuan media YouTube English Slinging sebesar 62,1%. Selain itu, uji t independent-samples T test menunjukkan nilai signifikasi 0,000 untuk skor N-Gain, yang menunjukkan bahwa siswa di kelas eksperimen telah mencapai peningkatan yang lebih besar daripada siswa di kelas kontrol. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa model pembelajaran Kuantumberbantuan media YouTube English Singsing terbukti efektif dan dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa SD.Downloads
References
AL-Ameri, A. M., & Rababah, L. (2020).
The Effect of Using YouTube on
Developing Elementary Students
Vocabulary. Education and
Linguistics Research, 6(1), 129.
https://doi.org/10.5296/elr.v6i1.1679
6
Altın, M., & Saracaoğlu, A. seda. (2019).
The Effect of Quantum learning
Model on Foreign Language
Speaking Skills, Speaking anxiety
and Self-efficacy of Secondary
School Students. Dil ve Dilbilimi
Çalışmaları Dergisi, 15(3), 1083–
1104.
https://doi.org/10.17263/jlls.631550
Andika, M., & Mardiana, N. (2023).
Edukasi Pentingnya Bahasa Inggris
di Era Globalisasi. BERNAS: Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat,
4(1), 246–251.
https://doi.org/10.31949/jb.v4i1.396
1
Asidiqi, D. F. (2022). Pengaruh Motivasi
Belajar dengan Menggunakan Model
Kuantum terhadap Hasil Belajar
Siswa Sekolah Dasar. Journal, 1(2),
158–166.
https://doi.org/10.46306/jpee.v1i2
Brewster, J., Ellis, G., & Girard, D. (2002).
The Primary English Teacher’s
Guide. Reading and writing.
Cahyaningrum, A. D., AD, Y., & Asyhari,
A. (2019). Pengaruh Model
Pembelajaran Quantum Teaching
Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar.
Indonesian Journal of Science and
Mathematics Education, 2(3), 372–
379.
https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4
363
DePorter, B., Reardon, M., & Singer-
Nourie, S. (2010). Quantum
Teaching: Mempraktikkan Quantum
Learning Di Ruang-Ruang Kelas.
Kaifa.
https://books.google.co.id/books?hl
=id&lr=&id=ZVPZfWWGin4C&oi=fn
d&pg=PA9&dq=quantum+teaching+
and+learning&ots=8pk5RIwwNh&si
g=L9XwAhMEAVG3uuamPtt6paEa
arc&redir_esc=y#v=onepage&q=pri
nsip&f=false
Fahmi, M. N., Putu Sudira, & Lucky Al
Hafzy. (2022). Quantum Teaching
Learning Model Assisted Interactive
Media: Does it affect Students’
Higher Order Thinking Skill?
Indonesian Journal Of Educational
Research and Review, 5(3), 479–
490.
https://doi.org/10.23887/ijerr.v5i3.54
286
Gunarhadi, G., Kassim, M., & Shaari, A.
S. (2014). The Impact of Quantum
Teaching Strategy on Student
Academic Achievement and Self-
Esteem in Inclusive Schools.
Malaysian Journal of Learning and
Instruction, 11, 191.
https://doi.org/10.32890/mjli.11.201
4.7671
Lam Kieu, V., Truc Anh, D., Bao Tran, P.
D., Thanh Nga, V. T., & Phi Ho, P. V.
(2021). The Effectiveness of Using
Technology in Learning English.
AsiaCALL Online Journal, 2(12), 24–
40. https://asiacall.info/acojRiani, D., Afrianto, Y., Hasnin, H. R., &
Kurnia, A. D. (2023). Sosialisasi dan
Edukasi Pentingnya Belajar Bahasa
Inggris di Era Globalisasi untuk
Siswa MTS Fitra Mulia di Desa
Nambo. INTEGRITAS : Jurnal
Pengabdian, 7(1), 100–110.
https://doi.org/https://doi.org/10.368
41/integritas.v7i1.2630
Rikmasari, R., & Budianti, Y. (2019).
Penguasaan Kosakata Bahasa
Inggris Melalui Model Pembelajaran
Circuit Learning pada Siswa Kelas III
di SDN Jatimulya 03 Bekasi. JISD:
Jurnal Inovasi Sekolah Dasar, 6(2),
135.
https://doi.org/10.36706/JISD.V6I2.1
0339
Sari, N. N. K., Maulida, Z. P., &
Salmawati, A. (2024). Pentingnya
Bahasa Inggris Pada Era
Globalisasi. Karimah Tauhid, 3(3),
3685–3692.
Sayidin, S. K., Isnaini, I., Rohmah, T., &
Fitrianingsih, A. (n.d.). AN
ANALYSIS THE USE OF ENGLISH
SINGSING CHANNEL IN YOUTUBE
TO LEARNING ENGLISH
VOCABULARY TO YOUNG
LEARNERS At TK KARTIKA IV.
Sugiharti, R. E., & Riftina, Y. (2018).
Upaya Meningkatkan Penguasaan
Kosakata Bahasa Inggris melalui
Model Scramble pada Siswa Kelas 4
SDN Jatimulya 04 Tambun Selatan.
© 2018-Indonesian Journal of
Primary Education, 2(2), 14–22.
https://doi.org/https://doi.org/10.175
09/ijpe.v2i2.15096
Syahputra, H., Friansah, D., & Mandasari,
N. (2023). Penerapan Model
Pembelajaran Quantum Learning
pada Materi Organ Gerak Manusia
Siswa Kelas V SD Negeri 48 Kota
Lubuklinggau. LJSE Linggau Journal
Science Education, 3(1), 12–19.
https://doi.org/10.55526/ljese.v3i1.4
51
Thornbury, S. (2007). How to Teach
Vocabulary. Charlbury: Bluestone
Press.
Wahyu Kristiyanto, Gunarhadi, &
Indriayu, M. (2020). The Effect of the
Science Technology Society and the
Quantum Teaching Models on
Learning Outcomes of Students in
the Natural Science Course in
Relation with Their Critical Thinking
Skills. In International Online Journal
of Education and Teaching (IOJET)
(Vol. 7, Issue 1).
http://iojet.org/index.php/IOJET/artic
le/view/715
Widiyono, A. (2021). Penerapan Model
Pembelajaran Quantum teaching
Untuk Meningkatkan Hasil Belajar
IPA. DWIJA CENDEKIA: Jurnal
Riset Pedagogik, 5(2), 183.
https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.525
93
Zeybek, G. (2017). An Investigation on
Quantum Learning Model.
International Journal of Modern
Education Studies, 1(1), 16.
https://doi.org/10.51383/ijonmes.20
17.12
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.