ANALISIS LARANGAN PENGGUNAAN GADGET BAGI SISWA : UPAYA GURU DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER SISWA DI SD IT

Authors

  • Mamkua Universitas Islam Negeri Sunan Kallijaga Yogyakarta
  • Ichsan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

Keywords:

Gadget, Karakter, SDIT

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menumbuhkan karakter siswa melalui peraturan sekolah di sekolah dasar Islam terpadu. Jenis penelitian ini merupakan oenelitian kualitatif deskriptif. Sumber data pada penelitian Ini dilakukan melalui wawancara dengan empat orang informan. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu sekolah dasar Islam terpadu di kota Palembang. Penelitian ini dilaksanakan pada November 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam pelaksanaannya SDIT dalam menumbuhkan karakter siswa dengan cara menerapkan peraturan dan himbauan kepada wali murid untuk tidak membelikan dan memberikan gadget kepada siswa. Hal ini bertujuan agar siswa fokus dalam belajar sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliati, S. (2020). Pendidikan Karakter Perspektif Abdullah Nashih Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam dan Relevansinya Menjawab Problematika Anak di Era Milenial. Child Education Journal, 2(1), 34–47.

Andriyani, Y., Arifin, M. H., & Wahyuningsih, Y. (2021). DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU SISWA SEKOLAH DASAR DI ERA GLOBALISASI. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(2), Article 2.

Annisa, F. (2019). PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN PADA SISWA SEKOLAH DASAR: Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 10(1), Article 1.

Astuti, N. R. W., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), Article 1.

Haris, A. H. (2017). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Al-Munawwarah : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), Article 1.

Hartini, S. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI ERA MODERN SINERGI ORANG TUA DAN GURU DI MTs NEGERI KABUPATEN KLATEN. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 2(1), Article 1.

Huda, A. K., Montessori, M., Miaz, Y., & Rifma, R. (2021). Pembinaan Karakter Disiplin Siswa Berbasis Nilai Religius Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), Article 5.

Khairuni, N. (2016). DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF SOSIAL MEDIA TERHADAP PENDIDIKAN AKHLAK ANAK (Studi Kasus di SMP Negeri 2 Kelas VIII Banda Aceh). JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), Article 1.

Kurniawati, D. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), Article 1.

Muhlisin, M., & Nurhidin, E. (2020). Konstruksi Kedisiplinan melalui Habituasi Kegiatan Keagamaan: Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(2), Article 2.

Pratiwi, S. I. (2020). PENGARUH EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP KARAKTER DISIPLIN SISWA SD. 2(1), 9.

Rohmah, U. (2018). Pengembangan Karakter Pada Anak Usia Dini (AUD). AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK, 4(1), 85–102.

Sajadi, D. (2019). PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), Article 2.

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, E. A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(4), Article 4.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Sultonurohmah, N. (2017). Strategi Penanaman Nilai Karakter Jujur dan Disiplin Siswa. AL IBTIDA’ : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), Article 2.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perkembangan Psikologi pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), Article 4.

Uge, S., Arisanti, W. O. L., & Hikmawati, H. (2022). UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), Article 2.

Yanas, M. A. (2022). Pembentukan Karakter Disiplin Santri Melalui Kegiatan Kultum. TARLIM : JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 5(1), Article 1.

Downloads

Published

2022-12-23