PERAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Uuz Zakiyah Devi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ichsan Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6828

Keywords:

pola asuh orang tua, minat belajar, sekolah dasar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peran pola asuh orang tua dapat meningkatkan minat belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitaif yaitu jenis penelitian deskriptif. Dimana peneliti bisa melakukan penelitian langsung turun ke lapangan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman dengan tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui pola asuh orang tua dapat membentuk, membimbing dan mengarahkan anak-anak mereka agar dapat menempatkan diri dengan baik di lingkungan sekitarnya, sehingga mereka bisa berkembang dengan semestinya dalam bergaul di tengah masyarakat. Dengan demikian pola asuh orang tua sangat berperan penting dalam meningkatkan minat belajar anaknya. Kata Kunci: pola asuh orang tua, minat belajar, sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadi, A. P. (2020). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 2(1d).

Adawiah, R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Anak. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan , 7, 33-48.

Akram, R. R. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Question Student Have Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Muhammdiyah Parepare. Al-Ibrah , X, 37-52 .

Aldiyanti, R. (2021, August). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan (Vol. 1).

Andhika, M. R. (2021). Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 1, 54 –66.

Andhriana, L. T., & Tanjung, B. J. (2021). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Almufi Jurnal Pendidikan, 1(3), 133-137.

Anisah, A. S. (2011). Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut , 05, 70-84.

Drew, C., & Edwars, K. A. S. D. (2006). Panduan Bagi Para Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: Kaifa.

Fadillah, A. (2016). Analisis minat belajar dan bakat terhadap hasil belajar matematika siswa. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113-122.

Ilyun Navida, dkk. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi , 14, 11 – 21.

Juniarti, N. K. R., Margunayasa, I. G., & Kusmariyatni, N. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua dan Konsep Diri dengan Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 17-25.

Lya, Y. R. U., Hanief, M., & Dewi, M. S. (2020). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Di Rumah Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sd Negeri 1 Sidorenggo Ampelgading. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, 5(11), 69-77.

Rangkuti, S. M., & Idrus, Y. (2021). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Menghias Busana Siswa Kelas XI Jurusan Tata Busana SMK Negeri 6 Padang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 386-394.

Raharjo, A. C. (2021). Pola Asuh Orang Tua Dan Kenakalan Remaja. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial , 4, 1-15 .

Downloads

Published

2022-12-26