PENGEMBANGAN 3D BOOK BERBASIS PQ4R MATERI SIKLUS AIR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN SELF EFFICACY SISWA KELAS V SDN SUTOJAYAN 3 KABUPATEN BLITAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v7i2.6568Keywords:
3D Book, PQ4R, Metakognisi, Self EfficacyAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk pengembangan berupa bahan ajar untuk kelas V yaitu 3D Book berbasis PQ4R Materi siklus Air untuk meningkatkan kemampuan metakognisi dan Self Efficacy siswa. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan (Research & Development) dengan model pengembangan ADDIE, Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Instrumen yang dipakai berupa tes dan angket. Uji kevalidan produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Uji kevalidan yang dilakukan oleh ahli menunjukkan hasil yang valid dengan persentase menunjukkan lebih dari 89%. Sedangkan peningkatan kemampuan metakognisi dan Self Efficacy terbukti meningkat dengan kategori sangat tinggi dengan hasil t hitung untuk kemampuan metakognisi sebesar 9,0 dan kemampuan Self Efficacy sebesar 7,3.Downloads
References
Amalia, E. (2017). Pengembangan Modul IPA Berbasis Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) pada Materi Trigonometri Kelas XI. Jurnal Pendidikan IPA, 3(1).
Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Pustaka Belajar.
Diana. (2018). Literasi Lingkungan dalam Kurikulum 2013 dan Pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education.
Ikashaum, F. (2020). Pengembangan Modul Berbasis Strategi PQ4R untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Self Efficacy Siswa. Journal of Mathematics Education, 1(1).
Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Akademia Permata.
Ningtyas, T. W. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book untuk Mata Pelajaran IPA Bab Siklus dan Peristiwa Alam sebagai Penguatan Kognitif Siswa. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 115–120.
Puspita. (2013). Strategi Membaca PQ4R. http://www.kajianpustaka.com/2013/01/strategi-membaca-pq4r.html
Rahmawati, N. (2013). Pengaruh Media Pop-Up Book terhadap Penguatan Kosakata Anak Usia 5-6 Tahun di TK Putera Harapan Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 3(1), 5–6.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenadamedia Group.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.