PENGEMBANGAN MEDIA FICTION STORYBOOK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI FABEL KELAS 1

Authors

  • Yoana Ayu Agustina Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Mohamad Fatih Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Khoirul Wafa Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v9i3.15256

Keywords:

Media Fiction Storybook, Fabel, Penelitian Pengembangan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan media Fiction Storybook yang valid, praktis, dan efektif untuk dipergunakan pada proses pembelajaran Bahasa Indonesia materi fabel di kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini metode pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan dalam model ADDIE terdiri dari analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasilnya menunjukkan jika media Fiction Storybook yang dikembangkan “sangat baik” soleh ahli materi dan ahli media. Media Fiction Storybook juga dinyatakan praktis hal ini didasarkan pada penilaian guru dan dan respon positif siswa terhadap penggunaan media dalam pembelajaran. Selain itu, penggunaan metode bercerita terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi dongeng. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa setelah menggunakan media sebelum menggunakan media.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-09-01

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>