HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA KELAS IV SDN PINANG RANTI 01

Authors

  • Sania Nurcahya PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Septi Fitri Meilana PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4580

Keywords:

Perhatian Orang Tua, Kemandirian Belajar

Abstract

Dalam lingkungan keluarga, terdapat orang tua yang berkewajiban memberi kasih sayang dan perhatian terhadap anak, serta memiliki tanggung jawab yang besar dalam perkembangan perilaku anak. Perhatian orang tua kepada anak tidak hanya mengantar dan menjemput sekolah anak begitu saja, tetapi juga membimbingnya dalam belajar, memberikan sarana belajar yang baik dan memperhatikan perkembangan belajar anak. Hal ini dapat menjadikan anak lebih mandiri dan bertanggung jawab terhadap kewajibannya. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui adanya hubungan antara perhatian orang tua dengan kemandirian belajar pada siswa kelas IV SDN Pinang Ranti 01 Pagi. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SDN Pinang Ranti 01 Pagi dengan jumlah 86 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner, sedangkan korelasi product moment digunakan untuk teknik analisis data dalam penelitian dan diperoleh nilai rhitung sebesar 0,486 dan rtabel dengan N = 86 sebesar 0,210. Sehingga, nilai rhitung memperoleh nilai lebih besar dari rtabel sebesar 0,486 > 0,210. Dengan demikian disimpulkan bahwa Ha dapat diterima, yang artinya terdapat hubungan antara perhatian orang tua dengan kemandirian belajar pada siswa kelas IV SDN Pinang Ranti 01 Pagi.   In the family, there are parents who have the obligation to give attention and affection to their children, and have a great responsibility for the development of children’s behavior. Parents’s attention to children doesn’t only drop off and pick up children’s school, but also guides them in learning, provides good learning facilities and pays attention to children’s learning development. This can make children more independent and responsible for their obligations. The purpose of this research was to establish the relationship between parent’s attention and learning independence in 4thgrade students of SDN Pinang Ranti 01 Pagi. Population and sample of this research were all fourth graders at SDN Pinang Ranti 01 Pagi, totaling 86 students. The data collection technique used a questionare, while the product moment correlation is used for data analysis technique in research, and obtained r count value 0,486 and r table with N = 86 is obtained by 0,210. Thus, the value of r count has a value greater than r table is obtained 0,486 > 0,210. So, the conclusion of this research thas Ha accepted, which means that there is a relationship between parent’s attention and independence learning in 4thgrade students of SDN Pinang Ranti 01 Pagi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aufar Zulfahmi, E., & Masturi, M. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Kaliwungu Kudus. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(Vol 5 Nomor 2 Desember 2020), 176–186. https://doi.org/10.23969/jp.v5i2.3058

Aultama, K. E. (2020). Pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran ips kelas vii. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(6), 1–8.

Endriani, A. (2016). Hubungan Perhatian Orang Tua Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Realita, 1(2), 104–116.

Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178.

Hikmah, D., Syaprudin, D., & Jannah, M. (2021). Hubungan Perhatian Orangtua terhadap Kemandirian Anak Usia Dini di RA. Jannatu ’Adn Purwakarta Tahun Pelajaran 2019-2020. 2(1), 20–33.

Kemalasari, L. D., & Ismanto, B. (2018). Pengaruh Motivasi dan Kedisiplinan terhadap Kemandirian Belajar Pelajaran Ekonomi dikalangan Siswa Sekolah Menengah Atas. Pendidikan, 2, 160–166.

Mulyadi, M., & Syahid, A. (2020). Faktor Pembentuk dari Kemandirian Belajar Siswa. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02), 197–214. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.246

Nuroniyah, S. (2018). Pengembangan instrumen pengukuran sikap tanggung jawab siswa madrasah aliyah. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 6(2), 134. https://doi.org/10.30738/wd.v6i2.3392

Tresnaningsih, F., Santi, D. P. D., & Suminarsih, E. (2019). Kemandirian Belajar Siswa Kelas Iii Sdn Karang Jalak I Dalam Pembelajaran Tematik. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 6(2), 51–59. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v6i2.2407

Yunus, M., & Machmury, A. (2019). ANALISIS KORELASI ANTARA KEBIASAAN MEMBACA DAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IX SMP KEMALA BAYANGKARI MAKASSAR. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU, 15(1), 14–20.

Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100

Downloads

Published

2021-12-27