PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PELAJARAN IPS KELAS III
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v6i2.4304Keywords:
Media Pembelajaran, Teka-teki Silang, Hasil Belajar KognitifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan penerapan media TTS mata pelajaran IPS; 2) mengetahui peran media TTS pada hasil belajar kognitif IPS siswa kelas III SDN Karangbanyu 03 Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2020/2021. Berdasarkan jenisnya, penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini melibatkan satu kelompok (satu kelas) saja sehingga digunakan one group pretest-posttest design. Responden pada penelitian ini berjumlah 20 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian adalah uji homogenitas, uji normalitas dan uji t Dua Sampel. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) Penerapan media TTS mata pelajaran IPS pada siswa kelas III SDN Karangbanyu 03 Kabupaten Ngawi Tahun Ajaran 2020/2021 dapat dijadikan sebagai solusi hasil belajar siswa yang kurang baik, perhatian siswa yang kurang ketika pembelajaran, serta menjadi alternatif media pembelajaran untuk menyajikan pelajaran IPS. Melalui media TTS pembelajaran IPS semakin menarik perhatian siswa, siswa lebih bersemangat dalam bertanya maupun menyampaikan pendapat sehingga mampu mendorong siswa mencapai hasil belajar yang lebih baik. (2) Penggunaan media TTS berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif mata pelajaran IPS. Nilai yang dicapai siswa meningkat dari pre test ke post test dengan memanfaatkan media pembelajaran TTS. Hal ini terbukti dari nilai thitung pada penelitian ini adalah sebesar 21,512 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. This study aims to 1) describe the application of TTS media for social studies subjects; 2) find out the role of TTS media on social studies cognitive learning outcomes for third grade students at SDN Karangbanyu 03 Ngawi Regency for the 2020/2021 Academic Year. Based on the type, this research is a quantitative research. This research design involves only one group (one class) so that the one group pretest-posttest design is used. Respondents in this study amounted to 20 students. The data analysis technique used in this research is homogeneity test, normality test and two sample t test. The results of the study found that (1) The application of TTS media for social studies subjects to third grade students at SDN Karangbanyu 03 Ngawi Regency for the Academic Year 2020/2021 can be used as a solution for poor student learning outcomes, lack of student attention when learning, and as an alternative learning media to present social studies lessons. Through TTS media, social studies learning increasingly attracts students' attention, students are more enthusiastic in asking questions and expressing opinions so that they are able to encourage students to achieve better learning outcomes. (2) The use of TTS media has a significant effect on cognitive learning outcomes for social studies subjects. The scores achieved by students increased from pre-test to post-test by utilizing TTS learning media. This is evident from the value of tcount in this study amounted to 21.512 with a significance value of 0.000 <0.05.Downloads
References
Erlisnawati, Munjiatun, Hamdayani, F. (2013). “Pengaruh Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 99 Pekanbaru”. Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 2 No. 1. Juli 2013
Fatihudin, D. (2012). Metode Penelitian Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi dari Teori ke Praktek. Cetakan ke II. Surabaya : PPs UMSurabaya
Kasino. Buwono, S. dan Firmansyah, A. (2021). “Penerapan Media Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMAN 1 Sungai Raya”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa. Vol. 10 No. 3.
Lakoro, S. Eraku, S. dan Yusuf, D. (2020). “Pengaruh Media Permainan Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Geografi Di SMA Negeri 1 Marisa”. Jambura Geo Education Journal. Vol. 1 No. 1, Maret 2020
Mursalin, W. Bardi, S. dan Abdi, A.W. (2016). “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Children Learning in Science Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Di SMP Negeri 1 Meureudu Kabupaten Pidie Jaya Tahun Ajaran 2015/2016”. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah. Vol. I, No. 2. November 2016
Mustofa, S.S. dan Abdullah, M.H. (2017). “Penggunaan Media Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SDN Songgokerto 01 Batu”. JPGSD. Vol. 05 No. 03 Tahun 2017
Pangestu, W.T. (2016). “Pengembangan Buku Ajar Berorientasi Pendidikan Karakter Pada Mata Kuliah Pembelajaran PKn SD di Program Studi S1 PGSD”. Premiere Educandum. Vol. 4 No. 1, Juni 2016
Prima Rias Wana. (2021). “Pengaruh Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Kelas V”. Jurnal Pendidikan Modern. Vol. 06 No. 02, Tahun 2021
Purwito, A.R.D. (2011). Metodologi Penelitian. Pendekatan Praktis Untuk Bidang Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial. Ngawi: LPM Universitas Soerjo Ngawi.
Rahayu, A.W. (2012). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Pertanyaan Rekayasa (Plantet Questions) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Muhammadiyah 1 Wonosobo”. Skripsi Dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Rahmad. (2016). “Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar”. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 2, No. 1, Oktober 2016
Setiawan, R.I. dan Zuhdi, U. (2019). “Pengaruh Media Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Siwalankerto Ii Surabaya”. JPGSD. Volume 7 No 1
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cetakan Ke-26. Bandung: Alfabeta