KORELASI BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 2 SDN BEJI IV

Authors

  • Mariyati Mariyati STKIP Modern Ngawi
  • Widya Trio Pangestu STKIP Modern Ngawi
  • Sofyan Susanto STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v7i1.5427

Keywords:

Bimbingan belajar, , Peningkatan, , Hasil Belajar

Abstract

Bimbingan belajar merupakan suatu kegiatan yang berada di luar jam pelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa dalam memberikan pembelajaran tambahan untuk meningkatkan ilmu pengetahuan maupun wawasan bagi siswa dalam proses bersosialisasi dan membantu siswa untuk lebih memahami tentang pembelajaran yang telah disampaikan di sekolah, dan diharapkan dengan adanya bimbingan belajar dapat berdampak baik bagi peningkatan hasil belajar yang diperoleh siswa ketika peroses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi bimbingan belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 2 SDN BEJI IV dengan objek penelitian dibatasi hanya terhadap bimbingan belajar sebagai variabel bebas dan peningkatan hasil belajar sebagai variabel terikat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif. Desain yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah Shot Case Study. sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 8 siswa sebelum diberikan perlakukan anak memiliki nilai ulangan dibawah KKM rata-rata nilai anak 58,7. Setelah diberi perlakukan bimbingan belajar selama beberapa waktu lalu diberikan tes dan hasil belajar yang didapat siberikan perlakuan hasil belajar mengalami peningkatan yang signifikan dengan rata-rata 80. Hasil uji hipotesis menunjukkan uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment nilai Sig.(2-tailed) adalah 0.001 yang berarti lebih kecil dari 0.05 sehingga dapat ditarik kesimpulan dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima dan keeratan korelasi 0.918 yang nyatakan bahwa korelasinya sangat kuat. Sehingga kesimpulan terdapat korelasi bimbingan belajar terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas 2 SDN BEJI IV.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Halidjah, S. (2021). Hubungan motivasi dan kemandirian dengan hasil belajar mahasiswa pgsd fkip untan. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 182–194.

Lestari, R. A., Hadisaputro, S., & Nuswowati, M. (2015). PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DENGAN PRODUK ARTIKEL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Chemistry In Education, 4(2252).

Pariasih, N. L. K. O. (2017). PELAKSANAAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEMINIMALISASI KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA 1 SEMESTER I SMA NEGERI 1 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2016/2017.

Parnata, I. W., Kristiantari, M. G. R., Kt, D. B., & Semara, N. (2014). SISWA KELAS V SD GUGUS V TAMPAKSIRING Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar , FIP Universitas Pendidikan Ganesha. 2(1).

Purwanti, I. Y. (n.d.). LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENGURANGI KESULITAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR Isti. 1–15.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Suwardi, D. R. (2012). Economic Education Analysis Journal. Economic Education Analysis Journal, 1(2).

Wana, P. R., Pangestu, W. T., & Agustina, D. A. (2017). MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN DIRECT INSTRUCTION PADA SISWA KELAS V SDN JIWAN 01 MADIUN Prima Rias Wana1 , Widya Trio Pangestu2 , Degi Alrinda Agustina3. Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 3, 83–87.

Widiastuti, D. E., Supriyanto, D. H., & Susanto, S. (2021). Pengaruh Media Pohon Aksara terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas IV SD. 5(2), 699–705.

Wiji, A. wiwin, & Partono, F. S. (2012). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS VIII SMP PGRI 16. Economic Education Analysis Journal, 1(2).

Yusmin, E. (2021). MATEMATIKA ( RANGKUMAN DENGAN PENDEKATAN META-. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2119–2136.

Yusup, F., Studi, P., Biologi, T., Islam, U., & Antasari, N. (2018). UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS. 7(1), 17–23.

Downloads

Published

2022-07-01

Most read articles by the same author(s)