NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM TRADISI BAU NYALE SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS DI SEKOLAH DASARItu
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35261Keywords:
Bau nyale ips kearifan lokal sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis nilai-nilai kearifan lokal dalam tradisi Bau Nyale sebagai sumber belajar IPS di sekolah dasar. Penelitian pada artikel ini menggunakan metode penelitian literature review (studi literatur) dengan tahapan 1) memilih atau menentukan topik penelitian, 2) menentukan rumusan pertanyaan dalam penelitian, 3) menyusun tujuan dalam penelitian, 4) mencari dan menggali sumber informasi melalui mesin pencari, 5) menyeleksi sumber informasi dari hasil penelitian yang relevan sesuai dengan kata kunci, 6) merangkum hasil penelitian, dan 7) menyajikan hasil penelitian yang telah dirangkum. Hasil penelitian menjelaskan bahwa nilai-nilai kearifan lokal dalam tradisi Bau Nyale sebagai sumber belajar IPS di sekolah dasar yaitu 1) nilai historis yang dapat dikaitkan ke dalam ruang lingkup IPS di sekolah dasar yaitu “waktu, keberlanjutan, dan perubahan” dan ruang lingkup “manusia, tempat, dan lingkungan”. 2) nilai sosial yang dapat dikaitkan ke dalam ruang lingkup IPS di sekolah dasar yaitu manusia, tempat, dan lingkungan dan ruang lingkup “sistem sosial dan budaya”. 3) nilai pengorbanan yang dapat dikaitkan ke dalam ruang lingkup IPS di sekolah dasar yaitu “sistem sosial dan budaya”. 4) nilai ekonomi yang dapat dikaitkan ke dalam ruang lingkup IPS di sekolah dasar yaitu “perilaku ekonomi dan kesejahteraan”.
Downloads
References
Bachtiar, I., Japa, L., & Bahri, S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Guru Biologi Sma Negeri Tentang Biologi Cacing Nyale Di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat, 3(4), 311–316.
Fazalani, R. (2018). Tradisi Bau Nyale Terhadap Nilai Multikultural Pada Suku Sasak. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(2), 162–171.
Handayani, N., & Abdulkarim, A. (2024). Value Learning : Integrasi Modal Sosial Bermuatan Nilai Kearifan Lokal Tradisi Perang Topat Melalui Pembelajaran Ips. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1051–1062.
Hanik, U., & Kahmidah, N. (2022). Ekoteologi Masyarakat Lombok Dalam Tradisi Bau Nyale. Malang: Cv. Literasi Nusantara Abadi.
Husniati, Hadori, M., & Juandi, W. (2024). Identifikasi Nilai Konseling Dalam Budaya Bau Nyale Di Pulau Lombok. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 1–12.
Jati, I. M. (2022). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Nyadran Sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 2022(14), 246–258.
Nursaptini, N., Widodo, A., Novitasari, S., & Anar, A. P. (2020). Festival Bau Nyale sebagai Pengenalan dan Pelestarian Budaya. Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, 9(1), 85-96.
Purna, I. M. (2018). Bau Nyale : Tradisi Bernilai Multikulturalisme dan Pluralisme. Patanjala, 10(1), 99–114.
Rahmawati, R., Ramdani, T., & Juniarsih, N. (2022). Pengembangan Potensi Tradisi Bau Nyale sebagai Wisata Budaya di Lombok Ratih. Seminar Nasional Sosiologi, 3, 171–181.
Sari, B. N. (2024). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Suku Samawa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial di Sekolah Dasar Negeri 02 Meraran. (Skripsi, Universitas Mataram).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Ke-2). Alfabeta.
Susilaningtiyas, D. E., & Falaq, Y. (2021). Internalisasi Kearifan Lokal sebagai Etnopedagogi : Sumber Pengembangan Materi Pendidikan IPS Bagi Generasi Milenial. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 1(2), 45–52.
Tohri, A., Syamsiar, H., Rasyad, A., Hafiz, A., & Rizkah. (2022). Relevansi Metode Pembelajaran IPS Terpadu Berbasis Kearifan Lokal di Era Masyarakat Digital. Teknodik, 26(2), 115–128.
Wahidah, B. Y. K., & Ahmadi, A. (2022). Analisis Pengaruh Bau Nyale sebagai Salah Satu Ikon Pertamina Sirkuit Mandalika dalam Pelestarian Kearipan Lokal. Jurnal Linguistik, Sastra, Dan Pendidikan, 7(2), 132–137.
Wanti, B. P. (2023). Nilai Solidaritas Sosial pada PelaksanaanTradisi Bau Nyale. (Skripsi, Universitas Mataran).
Widodo, A. (2020). Nilai Budaya Ritual Perang Topat sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1–15.
Wijaya, A. A., Syarifuddin, & Dhita, A. N. (2021). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Rumah Adat Kajang Lako di Jambi. Criksetra: Jurnal Pendidikan Yusnaldi, 10(1)
Zed, M. (2020). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















