Strategi Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21 pada siswa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.34534Keywords:
innovative learning strategies, 21st century skills, basic education.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis strategi pembelajaran inovatif yang diterapkan di Sekolah Dasar dalam rangka meningkatkan keterampilan abad 21 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) dengan sumber literatur yang diperoleh dari berbagai basis data terindeks seperti Google Scholar, Science Direct, SpringerLink, dan Garuda, serta dibatasi pada artikel yang diterbitkan antara tahun 2015 hingga 2025 . Proses seleksi dilakukan berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditetapkan, dengan fokus pada strategi pembelajaran yang relevan dan implementatif pada jenjang pendidikan dasar. Hasil analisis menunjukkan bahwa beberapa strategi, pembelajaran inovatif yang dominan digunakan meliputi Project-Based Learning, Problem-Based Learning, Collaborative Learning, Inquiry-Based Learning, dan Blended Learning. Strategi-strategi tersebut terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi siswa. Selain itu, ditemukan bahwa keberhasilan implementasi strategi pembelajaran inovatif sangat dipengaruhi oleh peran guru, dukungan kurikulum, serta integrasi teknologi yang sesuai. Penelitian ini merekomendasikan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru serta pengembangan model pembelajaran yang adaptif terhadap konteks lokal untuk mendukung penguatan keterampilan abad 21 secara optimal di lingkungan Sekolah Dasar.
Downloads
References
Dr. Raharjo, S.Pd., M. S., Michael Johannes Hadiwijaya Louk, M.Or Dr. Sri Widyastri, M. P., & Dr. Sarifa Suhra, S.Ag., M.Pd.I Heri Cahyono, S.Pd.I., M.Pd.I Dr. Ela Laelasari, M. K. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN. In Etika Jurnalisme Pada Koran Kuning : Sebuah Studi Mengenai Koran Lampu Hijau (Vol. 16, Issue 2).
Fai, M. S., & Ardi, R. (2025). Penerapan Pembelajaran High Order Thinking Skill ( HOTS ) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 23 Kendari. 1(5), 111–131.
Dr. Raharjo, S.Pd., M. S., Michael Johannes Hadiwijaya Louk, M.Or Dr. Sri Widyastri, M. P., & Dr. Sarifa Suhra, S.Ag., M.Pd.I Heri Cahyono, S.Pd.I., M.Pd.I Dr. Ela Laelasari, M. K. (2023). STRATEGI PEMBELAJARAN. In Etika Jurnalisme Pada Koran Kuning : Sebuah Studi Mengenai Koran Lampu Hijau (Vol. 16, Issue 2).
Fai, M. S., & Ardi, R. (2025). Penerapan Pembelajaran High Order Thinking Skill ( HOTS ) Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V SDN 23 Kendari. 1(5), 111–131.
Fitriyana, N., Ningsih, K., & Panjaitan, R. G. P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Savi Berbantuan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(1), 13. https://doi.org/10.31571/edukasi.v18i1.1667
Kusumawati, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Model Pembelajaran Savi Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sdn Mangkujayan I Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 217. https://doi.org/10.29407/jpdn.v3i2.11789
Mariamah, M., Putrayasa, I. B. P. B., & Sudiana, N. (2022). Penerapan Pembelajaran Inovatif Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 733–739. https://doi.org/10.58258/jime.v8i1.2797
Moh Pudali Arodani, Misriyani, Fardan Firdausy, & Mas odi. (2025). Pendidikan Sekolah Dasar 2024; Menyiapkan Generasi Emas Dengan Keterampilan Abad 21. Jurnal Ilmiah Research Student, 2(1), 145–154. https://doi.org/10.61722/jirs.v2i1.3633
Nur Intan, Rusmin, L., & Uge, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(2), 100–106. https://doi.org/10.36709/jipsd.v5i2.14
Nursaya’bani, K. K., Iskandar, S., & Falasifah, F. (2025). Strategi Pengembangan Pembelajaran Abad Ke-21:Mengintegrasikan Kreativitas, Kolaborasi, dan Teknologi. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 8(1), 109–116.
Patras, Y. E., Yolanita, C., Wildan, D. A., & Fajrudin, L. (2024). Pembelajaran Berbasis STEM di Sekolah Dasar Guna Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Rangka Menyongsong Pencapaian Kompetensi Siswa Abad 21. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v12i2.87662
Realitawati, R., Ikrom, F. D., Herawan, E., & Kadarsah, D. (2024). Penerapan 4C Skills Dalam Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 10(1), 22. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v10i1.15533
Risma Handayani, N. P., & Surya Abadi, I. B. G. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Mimbar Ilmu, 25(1), 120. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24767
Said, S. (2023). Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), 194–202.
Sindi, S. L. B., Sofyan Iskandar, & Dede Trie Kurniawan. (2023). Optimalisasi Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Permainan dalam Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. Jurnal Lensa Pendas, 8(1), 9–16. https://doi.org/10.33222/jlp.v8i1.2504
Sutarto, S. (2023). Strategi guru untuk meningkatkan keterampilan 4c’s (kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis dan kreatif) dalam pembelajaran pendidikan agama islam. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 9(3), 1543. https://doi.org/10.29210/020232187
Syarifuddin, Anggun Purnama Sari, Asmelawati, M. Y. Z. (2025). INTEGRASI PENDEKATAN STEAM DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KOLABORASI SISWA SD. 11.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















