PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SD KELAS V

Authors

  • Dela Anggra Yanti Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Haifaturrahmah Universitas Muhammadiyah Mataram
  • Ineng Irma Rezkillah Universitas Muhammadiyah Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i04.35083

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Berpikir Kritis, Sekolah Dasar, Systematic Literature Review

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR). Kajian dilakukan secara kualitatif melalui pengumpulan dan sintesis data dari artikel ilmiah bereputasi yang terindeks di Scopus, DOAJ, dan Google Scholar dengan rentang publikasi tahun 2020–2025. Kriteria inklusi difokuskan pada penelitian yang menelaah hubungan antara PjBL dan kemampuan berpikir kritis dalam konteks pendidikan dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PjBL secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui keterlibatan aktif, kolaborasi, serta pemecahan masalah dalam pembelajaran yang kontekstual dan bermakna. Namun, efektivitas PjBL sangat dipengaruhi oleh peran guru sebagai fasilitator, rancangan proyek yang autentik, serta kesesuaian instrumen penilaian dengan indikator berpikir kritis. Analisis juga menemukan beberapa kesenjangan penelitian, antara lain keterbatasan kajian pada tingkat sekolah dasar, durasi intervensi yang singkat, serta minimnya perhatian terhadap dimensi afektif dan psikomotor. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya disarankan untuk mengembangkan model PjBL terpadu yang menggabungkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor guna mendukung pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abd Rahim. (2023). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Kritis. JSE Journal Sains and Education, 1(3), 80–87. Retrieved from https://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jse/article/view/233%0Ahttps://journal.sabajayapublisher.com/index.php/jse/article/download/233/141

Adnyana, Komang Surya, Widiastuti, Ni Putu Kusuma, & Suastra, I. Wayan. (2022). Pengembangan Kurikulum Paradigma Baru Melalui Penguatan Berfikir Kritis pada Siswa SD di Kelas Tinggi. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 3(2), 302–307.

Afandi, Muhamad, Nuraini Khoirul Fatma, & Sari Yustiana. (2024). Model Pembelajaran PjBL terhadap Kemampuan Berpikir Kiritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 7(2), 426–437. https://doi.org/10.23887/jippg.v7i2.78951

Andari, S. D. N. (2023). PROJECT-BASED LEARNING IMAGE-ASSISTED IN ELEMENTARY SCHOOL. 2(1), 1–13.

Andini, Nur Halizsah, & Muhammad, Muhammad. (2025). Efektivitas Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 6(2), 189–200. https://doi.org/10.53299/diksi.v6i2.1612

Buchman, Joseph C. (2024). Enhancing Critical Thinking Abilities through Project-Based Learning: Effects and Implementation. Asia-Pacific Journal of Convergent Research Interchange, 10(9), 545–554. https://doi.org/10.47116/apjcri.2024.09.43

Damayanti, et all. (2023). Strategi Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl). Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 706–719. Retrieved from https://publisherqu.com/index.php/pediaqu

Dinda Antika Putri, Sumarno, Berta Apriza, & Asri widianingrum. (2025). Analysis of the Effectiveness of Implementing Project-Based Learning Models on Students’ Critical Thinking Skills in Elementary Schools: A Systematic Literature Review. Journal for Lesson and Learning Studies, 8(1), 129–142. https://doi.org/10.23887/jlls.v8i1.90392

Fadli, Muhammad Rijal. (2021). Hubungan Filsafat dengan Ilmu Pengetahuan dan Relevansinya Di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130. https://doi.org/10.22146/jf.42521

Fitriani, Amalia Dwi, & Nasikhin. (2025). Project-Based Learning and Unity of Science: Enhancing the Critical Thinking of State Islamic University Students. INTIHA: Islamic Education Journal, 2(3), 323–337. https://doi.org/10.58988/intiha.v2i3.348

Hikmah, Nur, Febriya, Dhea, Asrizal, Asrizal, & Mufit, Fatni. (2023). Impact of the Project-Based Learning Model on Students’ Critical and Creative Thinking Skills in Science and Physics Learning: A Meta-Analysis. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(10), 892–902. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i10.4384

Ikhlas, Nurul. (2025). Irfani Irfani. 21, 386–407.

Komara, Endang, Berliana, Berliana, Firman, Muhammad, & Gunawan, Uce. (2023). Implementation of Project-Based Learning Model to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Economic Education Analysis Journal, 12(3), 192–198. https://doi.org/10.15294/eeaj.v12i3.75919

Moh Darwis, Nur Azizah, Siti Rofiqoh, & Mas’odi. (2024). Peran Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.47134/pgsd.v2i2.1212

Monika, Putri Syntia, Suharno, Suharno, & Rahmasari, Lita. (2023). Effectiveness of Science Technology Engineering Mathematics Problem Based Learning (STEM PBL) and Science Technology Engineering Mathematics Project Based Learning (STEM PjBL) to Improve Critical Thinking Ability. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(11), 9593–9599. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.4910

Moustafa, Ashraf, & Al-Rashaida, Mohammad. (2024). Fostering Students’ Critical Thinking Through the Implementation of Project-Based Learning. 42–53. https://doi.org/10.4018/979-8-3693-0880-6.ch004

Muslimah, Aisyah Ani, & Agustina Tyas Asri Hardini. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPAS Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning. Janacitta, 6(2), 94–103. https://doi.org/10.35473/jnctt.v6i2.2593

Nabila, Deva, Baharudin, Baharudin, Firmansah, Deri, & Shabira, Qonita. (2025). Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pendidikan Dasar: Visualisasi Tren Penelitian dan Peluang Pengembangan melalui Tinjauan Bibliometrik. Action Research Journal Indonesia (ARJI), 7(1). https://doi.org/10.61227/arji.v7i1.296

Nastiti, Neni, Widiarti, Nuni, Subali, Bambang, Mujaki, Ahmad, Dasar, Magister Pendidikan, & Semarang, Universitas Negeri. (2025). Analisis Tren Integrasi Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) dan Project Based Learning ( PjBL ) dalam Pendidikan Dasar : Systematic Review 2021 – 2025 Pendidikan Kimia , Universitas Negeri Semarang , Indonesia Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam , Universita. 5(8), 2213–2227.

Nikolaos, Nikolaos, Arifianto, Yonatan Alex, & Triposa, Reni. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. ELEOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 3(2), 142–153. https://doi.org/10.53814/eleos.v3i2.73

Widiawati, Olivia, Suriansyah, Ahmad, & Cinantya, Celia. (2024). Model Pembelajaran Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. MARAS: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 2(4), 2062–2070. https://doi.org/10.60126/maras.v2i4.555

Wirahandayani, Andi, Yunus, Muhammad, & Hamid, Sundari. (2024). Model PembeLajaran Project Based Learning Terhadap Motivasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik UPT SPF SD Inpres Tamalanrea 2 Makassar. Bosowa Journal of Education, 5(1), 25–30. https://doi.org/10.35965/bje.v5i1.5288

Yulianti, Sri, & Herman, Tatang. (2023). STEM Integrated Project-Based Learning to Improve Mathematical Critical Thinking Skills. AIP Conference Proceedings, 2805(1), 1–17. https://doi.org/10.1063/5.0166490

Downloads

Published

2025-11-10

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>