PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI MAN 2 MAKASSAR

Authors

  • Fahri Lailu Universitas Muslim Indonesia
  • Akhmad Syahid Universitas Muslim Indonesia
  • M Akil Universitas Muslim Indonesia
  • Subaedah Universitas Muslim Indonesia
  • Ratika Nengsih Universitas Muslim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33229

Keywords:

Flipped Classroom, Hasil Belajar, Siswa

Abstract

Penelitian ini mengkaji penerapan model Flipped Classroom dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di kelas X.3 MAN 2 Kota Makassar. Flipped Classroom mengubah paradigma pembelajaran konvensional dengan memberikan materi di luar kelas, sehingga waktu di kelas lebih efektif untuk diskusi dan pendalaman konsep. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 40 siswa kelas X.3. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan persentase ketuntasan, nilai rata-rata, dan kategorisasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada siklus I, 65% dari 25 siswa mencapai ketuntasan dengan nilai rata-rata 84,37 (kategori baik). Siklus II menunjukkan peningkatan, dengan 87,5% dari 35 siswa mencapai ketuntasan dan nilai rata-rata 89,37 (kategori sangat baik). Kesimpulannya, penerapan model Flipped Classroom terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran SKI. Model ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk belajar mandiri dan aktif berpartisipasi dalam diskusi di kelas, sehingga pemahaman konsep menjadi lebih mendalam.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Usep Mudani Karim, and Abdul Azis. 2019. “Efektifitas Strategi Pembelajaran Analisis Nilai Terhadap Pengembangan Karakter Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(1):51–62. doi: https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.355.

Afid, Ahwa, Duwi Nuvitalia, and Donis Sanjay. 2024. “Hubungan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar.” Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan) 5(2):121–27. doi: http://journal.ainarapress.org/index.php/ainj/article/view/445.

Agustini, Mahdiana. 2021. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Flipped Classroom Melalui Aplikasi Google Classroom.” Indonesian Journal of Educational Development (IJED) 2(2):280–89. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.5244420.

Efendi, Nur, and Muh Ibnu Sholeh. 2023. “Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran.” Academicus: Journal of Teaching and Learning 2(2):68–85. doi: https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25.

Giawa, Putri Handayani. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi Kelas XI-IPA Di SMA Negeri 1 Ulususua.” TUNAS: Jurnal Pendidikan Biologi 5(1):70–84. doi: https://doi.org/10.57094/tunas.v5i1.1811.

Hakim, Samsul. 2023. “Kontribusi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Tsanawiyah Terhadap Pembentukan Moral Dan Intelektual Siswa.” JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala 8(1):171–81. doi: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v8i1.4859.

Irman, Dilla, Abdul Wahab, Sumardin Sumardin, Syarifa Raehana, and Nursetiawati Nursetiawati. 2025. “Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Di SMPN 36 Makassar.” Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan 17(1):331–40. doi: https://doi.org/10.47435/al-qalam.v17i1.3883.

Lubis, Dwi Muthia Ridha, Elawati Manik, and Nirwana Anas. 2021. “Strategi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Islamic Education 1(2):68–73. doi: https://doi.org/10.57251/ie.v1i2.72.

Nofriansyah, Kms, Zuhdiyah Zuhdiyah, and Achmad Syarifudin. 2022. “Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.” Muaddib: Islamic Education Journal 5(1):58–64. doi: https://doi.org/10.19109/muaddib.v5i1.15175.

Nurpratiwi, Suci, Muhamad Ridwan Effendi, and Amaliyah Amaliyah. 2021. “Improving Religious Literacy Through Islamic Religious Education Course Based On The Flipped Classroom.” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam 6(1):16–29. doi: https://doi.org/10.24269/ijpi.v6i1.3107.

Putra, Rizky Pratama. 2024. “Objek Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Analisis Taksonomi Bloom (Kognitif, Afektif, Psikomotorik).” Edu Global: Jurnal Pendidikan Islam 5(1):18–26. doi: https://doi.org/10.56874/eduglobal.v5i1.1590.

Saputra, Indrian, and Fitri Anita. 2025. “Innovation in Islamic Religious Education Learning in the Digital Era: Effective Design of the Flipped Learning Model.” Insight: Indonesian Journal of Social, Humanity, and Education 1(1):45–54. doi: https://doi.org/10.70742/insight.v1i1.229.

Sihotang, Agung, and Selamat Pohan. 2024. “Implementasi Taksonomi Bloom Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk Membentuk Perilaku Teladan Siswa.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 13(3):3353–64. doi: https://doi.org/10.58230/27454312.897.

Supriatna, Ucup. 2021. “Flipped Classroom: Metode Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Pada Masa Pandemi Covid-19.” Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya 7(3):57–62.

Yasin, Nur Ali. 2025. “Transformasi Pembelajaran Di Era Digital: Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Yang Inovatif.” Jurnal Kajian Dan Inovasi Ilmu (JKII) 1(1):18–26. doi: https://doi.org/10.64123/jkii.v1.i1.4.

Downloads

Published

2025-09-11